5 Jenis Oli Kental Untuk Motor Tua Yang Bagus dan Terbaik 2021

Oli Kental Untuk Motor Tua – Oli mesin memiliki fungsi untuk melumasi komponen-komponen yang ada didalam mesin agar tidak menghasilkan panas yang berlebihan akibat gesekan antara satu komponen dengan komponen yang lainnya dengan waktu yang cukup lama dan tempo yang sangat cepat.

Apabila mesin bekerja tanpa adanya oli, maka mesin tersebut akan menghasilkan mesin panas yang sangat tinggi. Kondisi mesin yang terlalu panas tentunya tidak baik untuk mesin itu sendiri, karena akan berpengaruh terhadap kerusakan pada komponen lainnya yang tidak tahan dengan kondisi panas.

Pemilihan oli mesin juga menjadi salah satu hal yang penting, karena pemilihan oli harus berdasarkan kegunaan dan mesin apa yang digunakan. Seperti contohnya OLI UNTUK MOTOR KOPLING umumnya menggunakan jenis oli yang lebih kental, karena kinerja motor kopling jauh lebih berat jika dibandingkan dengan kerja motor matic.

Sehingga menggunakan oli untuk motor matic tidak akan pas digunakan untuk motor kopling. Apabila dipaksakan, maka umur oli akan jauh lebih cepat dan juga mesin motor bisa menjadi lebih cepat panas. Oleh sebab itu, pemilihan oli sesuai dengan jenis mesin menjadi salah satu hal yang sangat penting.

Jenis Oli Kental Untuk Motor Tua Yang Bagus

Jenis Oli Kental Untuk Motor Tua Yang Bagus

Hari ini, Ujikokoh.com ingin membahas jenis oli kental untuk motor tua. Ada yang berpendapat apabila motor tua harus menggunakan jenis oli kental. Penggunan jenis oli kental untuk motor tua sebenarnya tidak terlalu benar, hal tersebut beracuan karena zaman dahulu teknologi oli masih belum bagus. Sehingga harus menggunakan jenis oli yang tingkat kekentalannya tinggi.

Akan tetapi dengan berkembangnya zaman dan juga teknologi pada oli mesin, membuat jenis oli yang tidak terlalu kental juga masih bagus digunakan untuk berbagai macam tipe motor tua seperti misalnya motor Honda CB 100. Sehingga penggunaan oli kental untuk jenis-jenis motor tua itu hanyalah mitos atau tidak benar.

Namun untuk anda yang merasa tetap ingin menggunakan jenis oli kental untuk beberapa motor tua yang anda miliki, maka kami akan memberikan beberapa rekomendasi oli kental yang bisa anda pilih atau digunakan untuk motor tua yang anda miliki.

1. Evalube 4T Runner 20W-40

Oli Kental Evalube 4T Runner 20W 40 Untuk Motor Tua

Oli Evalube 4T Runner merupakan jenis oli dengan tingkat kekentalan ganda yang dapat digunakan untuk motor 4 tak. Oli Evalube ini terbuat dari base oil yang kualitasnya tinggi dan memiliki campuran dengan beberapa bahan aditif detegent, anti gesek, anti oksidan, anti karat dan anti busa.

Oli yang satu ini juga dapat meminimalisir keausan pada komponen-komponen yang ada didalam mesin akibat selalu bergersekan, sehingga umur pakai dari mesin menjadi lebih tahan lama. Dan oli ini juga mampu menjaga suhu mesin tetap stabil karena teknologi multi grade yang dimiliki.

Untuk masalah harga, oli evalube 4T memiliki harga yang sangat terjangkau. Dimana harga oli evalube 4T ini hanya dibandrol dengan harga Rp 22 ribu saja.

2. Castrol Go 4T 20W-40

Oli Kental Castrol Go 4T 20W 40 Untuk Motor Tua

Oli berikutnya adalah oli Castrol Go, dimana oli motor yang satu ini dibuat dengan sejumlah formula perlindungan endapan. Sehingga akan melindungi penumpukan endapan karbon agar pada saat menghidupkan mesin menjadi lebih cepat dan handal.

Dibuat dengan basis oli mineral yang memiliki mutu tinggi membuat oli ini cocok digunakan untuk jenis motor 4 tak dan memiliki sejumlah teknologi seperti Trizone Technology yang akan melindungi mesin dari keausan dan juga menjaga suhu tetap stabil.

Sedangkan harga oli castrol go ini juga masih cukup terjangkau, dimana harga oli motor yang satu berkisar antara Rp 27 ribu sampai Rp 38 ribu dengan kapasitas oli 1 liter.

3. AHM Oli MPX 3 20W-40

AHM Oli MPX 3 20W 40

AHM Oil MPX 3 merupakan pilihan oli selanjutnya yang dapat digunakan untuk motor tua, oli yang merupakan produksi dari Astra Honda Motor ini dibuat dengan tingkat kekentalan 20W-40 yang sudah dilengkapi dengan Engine Protection Technology yang dapat menjaga setiap bagian mesin motor.

AHM Oil MPX 3 ini sangat cocok digunakan untuk jenis motor tua dan juga motor sport, karena tingkat kekentalan oli yang tinggi sehingga sangat cocok digunakan untuk jenis motor yang memiliki kerja berat. Namun cocok juga digunakan untuk jenis motor bebek.

Harga AHM Oil MPX 3 lebih tinggi dari dua harga oli diatas, dimana untuk kapasitas oli 800 ml dibandrol dengan harga Rp 37 ribu dan 1 liter dibandrol dengan harga Rp 41.500.

4. Yamalube Silver Oil 20W-40

Yamalube Silver Oil 20W 40

Yamalube Silver Motor Oil adalah jenis oli yang diproduksi oleh Yamaha dan memang diperuntunkan untuk tipe-tipe motor yamaha tipe moped (underbone), dimana tipe motor ini membutuhkan perlindungan dan perawatan yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan tipe motor lainnya.

Beberapa keunggulan Yamalube Silver Oil diantaranya ialah mampu melindungi mesin dari korosi dan karat, mampu menjaga dan membersihkan endapan-endapan yang ada didalam mesin, memiliki stabilitas daya oksidasi yang cukup tinggi sehingga mampu menjaga tingkat kekentalan oli.

Untuk masalah harga, oli Yamalube Silver memiliki harga yang tergolong cukup mahal seperti harga oli yang dikeluarkan oleh Honda, yaitu Rp 38 ribu untuk kapasitas oli 800 ml.

5. Federal UltraTec 20W-50

Federal UltraTec 20W 50

Oli Federal UltraTec dibuat khusus untuk jenis motor bebek dan juga motor sport dengan kapasitas mesin yang tinggi dan sesuai untuk jenis motor karburator ataupun injeksi. Dimana oli mesin yang satu ini juga mampu melindungi gesekan pada mesin, sehingga suhu mesin tetap stabil.

Untuk masalah harga, oli federal ultratec memiliki harga yang cukup terjangkau. Dimana harga untuk kapasitas oli 800 ml hanya dibandrol dengan harga Rp 27 ribu, sedangkan kapasitas oli 1 liter hanya dibandrol dengan harga Rp 31 ribu saja.

Demikian itu informasi tentang jenis oli kental untuk motor tua yang sekiranya kami dapat berikan kepada anda, mudah-mudahan saja informasi yang baru saja kami berikan diatas dapat memberikan banyak manfaat dan tambahan ilmu bagi anda seputar oli mesin motor.

You May Also Like

About the Author: Suhendar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *