Apa Itu ADAS Wuling : Fungsi & Fitur

Advertisements

Apa Itu ADAS Wuling – Perkembangan teknologi di dunia otomotif saat ini sudah semakin berkembang, hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya fitur-fitur yang sudah mengandalkan teknologi canggih. Sehingga akan memberikan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan.

Selain itu, fitur-fitur dengan teknologi canggih tersebut juga dapat menjaga para pengguna dapat berkendara dengan lebih aman. Terutama saat pengguna sudah merasa lelah berkendara atau sedang dalam kondisi tidak fit untuk mengendarai mobil dengan jarak cukup jauh.

Salah satu produsen otomotif yang selalu mengembangkan teknologi canggihnya adalah Wuling, dimana produsen otomotif asal China ini telah mengembangkan teknologi ADAS pada mobil-mobil keluaran terbarunya, terutama untuk mobil Wuling Almaz.

Advertisements

Nah, untuk kalian yang sekiranya belum mengetahui apa itu ADAS Wuling, maka saat ini kalian sedang berada pada tempat yang tepat. Karena hari ini Uji Kokoh akan membahas tentang apa itu ADAS Wuling secara lengkap untuk kalian semua.

Apa Itu ADAS Wuling
Advertisements

Apa Itu ADAS Wuling

ADAS adalah kepanjangan dari Advance Driver Assistance System. ADAS ialah sebuah sistem yang berasal dari penggabungan standar interface terbaru dengan teknologi terkini yang dapat menjalankan berbagai macam algoritma untuk mendukung sistem multimedia yang sifatnya secara real time.

ADAS juga dapat terhubung dengan smartphone milik pengguna mobil, sehingga para pengguna akan terbantu dengan sejumlah informasi yang diberikan oleh sistem tersebut seputar kondisi mobil pada saat mengemudi. Sehingga pengguna akan lebih merasa aman saat berkendara.

Fungsi ADAS Wuling

Fungsi utama ADAS Wuling adalah untuk mengurangi terjadinya resiko kecelakaan dan mengurangi dampak yang serius dari kecelakaan tersebut. ADAS akan bekerja berdasarkan sensor dan juga kamera ada mobil yang sudah dilengkapi teknologi AI (Artificial Intelligence).

Sensor yang digunakan juga dilengkapi dengan bantuan perangkat lunak untuk dapat mengetahui gambar, lidar, radar serta sensor ultrasound. Dimana teknologi ini dapat merespon lebih cepat jika dibandingkan dengan respons yang diberikan oleh pengemudi mobile itu sendiri.

Fitur ADAS Wuling

Teknologi ADAS Wuling ini sendiri bekerja berdasarkan sejumlah fitur yang telah disematkan, dimana fitur tersebut diantaranya adalah Adaptive Cruise Control, Bend Cruise Assistance, Traffic Jam Assistance dan masih banyak lagi fitur ADAS Wuling yang lainnya.

Untuk kalian yang sekiranya ingin mengetahui fitur ADAS Wuling secara lengkap, maka bisa langsung melihatnya dibawah ini.

1. ACC (Adaptive Cruise Control)

Adaptive Cruise Control atau ACC adalah fitur yang akan mengatur kecepatan mobil secara otomatis dengan tujuan untuk menjaga jarak aman dengan kendaraan yang ada didepannya. Sehingga dapat memberikan jarak aman ketika terjadi sesuatu yang mendadak pada mobil didepannya.

2. BCA (Bend Cruise Assistance)

Bend Cruise Assistance atau BCA adalah fitur yang dapat mengurangi kecepatan mobil secara otomatis, terutama pada saat kondisi mobil akan melewati jalanan menikung. Sehingga mobil dapat melaju dengan kecepatan yang aman pada saat melewati jalanan menikung.

3. TJA (Traffic Jam Assistance)

Traffic Jam Assistance atau TJA adalah fitur yang akan membantu mobil memberikan jarak aman secara otomatis, terutama pada saat kondisi jalan padat atau macet. Sehingga hal tersebut dapat meningkatkan keselamatan pengguna pada saat berkendara.

4. ICA (Intelligent Cruise Assistance) & LDW (Lane Departure Warning)

Intelligent Cruise Assistance (ICA) dan Lane Departure Warning (LDW) adalah fitur yang akan memberikan peringatan secara otomatis pada saat mobil keluar dari jalur yang semestinya. Sehingga pengemudi dapat dengan sigap memperbaiki laju kendaraan.

5. LKA (Lane Keeping Assistance)

Lane Keeping Assistance atau LKA adalah fitur yang akan membenarkan arah kemudi secara otomatis, apabila mobil tidak berjalan pada jalur yang aman atau sesuai.

6. SDW (Safe Distance Warning)

Safe Distance Warning atau SDW adalah fitur yang dapat memberikan peringatan kepada pengemudi apabila mobil memiliki jarak terlalu dekat dengan mobil yang ada didepannya atau dibawah jarak aman berkendara. Fitur ini juga yang nantinya akan memicu fitur ACC.

7. FCW (Forward Collision Warning)

Forward Collision Warning atau FCW adalah fitur yang akan mendeteksi apabila terjadi potensi kecelakan atau benturan di depan. Fitur ini akan memberikan peringatan dalam bentuk suara dan secara visual melalui layar yang terdapat pada mobil.

Selain itu, fitur ini juga akan mengaktifkan fitur Automatic Emergency Braking, sehingga kondisi mobil akan sendiri mengerem untuk mengurangi kecepatan.

8. AEB (Automatic Emergency Braking)

Automatic Emergencey Braking atau AEB adalah fitur yang akan secara otomatis mengaktifkan rem apabila pengemudi tidak merespon adanya bahaya yang diberikan oleh fitur FCW diatas. Sehingga nantinya mobil akan secara otomatis berhenti apabila memang kondisinya darurat.

9. IHBA (Intelligent Hydraulic Braking Assistance)

Intelligent Hydraulic Braking Assitance atau IHBA adalah fitur yang akan bekerja secara otomatis untuk memberikan besarnya gaya tekanan rem sesuai dengan kondisi atau resiko di jalan. Selain itu, fitur ini juga akan bekerja apabila daya tekan rem yang dilakukan pengemudi kurang atau tidak mencukupi pada kondisi darurat.

10. CMS (Collisoin Mitigation System)

Collision Mitigation System atau CMS adalah fitur yang dapat mengurangi kecepatan kendaraan atau mobil secara otomatis untuk memperkecil resiko cedera ataupun kerusakan pada mobil yang diakibatkan oleh benturan yang sangat keras.

11. IHMA (Intelligent Head Beam Assistance)

Intelligent Head Beam Assistance atau IHMA adalah sebuah fitur yang akan bekerja secara otomatis mengatur tingkat cahaya lampu utama yang nantinya disesuaikan dengan kondisi pencahayaan di sekitar. Sehingga dapat memberikan pencahayaan yang sesuai dengan kebutuhan.

Akhir Kata

Demikian itu informasi tentang apa itu ADAS Wuling yang sekiranya dapat kami berikan untuk kalian semuanya pada kesempatan sekarang ini, mudah-mudahan saja informasi yang baru saja kami berikan diatas bisa menambah wawasan kalian seputar dunia otomotif.

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.