Apa Itu CBS : Fungsi, Cara Kerja, Kelebihan & Kekurangan

Advertisements

Apa Itu CBS – CBS adalah kepanjang dari Combine Braking System, yang jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia adalah sistem pengereman kombinasi. Dimana sistem pengereman ini memungkinkan pengereman dapat dilakukan untuk semua roda hanya menggunakan satu tuas.

Sistem pengereman ini umumnya digunakan pada sepeda motor, karena sistem pengereman sepeda motor yang dibuat secara terpisah. Apabila sistem pengereman mobil memang sudah dibuat secara combine, karena sistem rem mobil hanya cukup menekan satu tuas dan semua rem pada roda sudah bekerja.

Fitur rem CBS sendiri sebenarnya bukan fitur baru lagi, karena penggunaan fitur rem ini sudah ada sejak beberapa tahun lalu. Kemudian sistem rem ini juga biasanya ditawarkan terpisah dengan sistem rem ABS, seperti misalnya beberapa tipe motor yang menawarkan kedua fitur rem tersebut adalah Honda ADV CBS dan ABS.

Advertisements

Karena sistem rem Combine Braking System memiliki sistem kerja yang berbeda dengan sistem rem ABS (Anti-lock Braking System). Oleh karena itu, kedua sistem rem tambahan ini tidak dapat ditawarkan menjadi satu bagian, harus memilih salah satu sistem rem yang akan digunakan.

Apa Itu CBS
Sumber: federaloil.co.id
Advertisements

Fungsi CBS

Sesuai dengan singkatannya, fungsi CBS sendiri adalah untuk melakukan pengereman ganda antara roda depan dan belakang hanya dengan satu tuas. Dengan adanya sistem rem tambahan tersebut, maka para pengguna akan mendapatkan banyak kelebihan yang diantaranya adalah pengereman menjadi lebih praktis.

Dimana jarak pengereman rem depan lebih pendek, sedangkan untuk jarak pengereman rem belakang lebih panjang. Dengan pengkombinasian kedua rem tersebut, maka akan didapatkan sebuah sistem pengereman yang lebih optimal, tepat dan tentunya lebih aman.

Cara Kerja CBS

Cara Kerja CBS
Sumber: astra-honda.com

Combie Brake System ini sendiri terpasang pada tuas rem belakang atau tuas sebelah kiri. Pada saat tuas rem belakang ditarik, maka equalizer bekerja mendistribusikan tenaga tekanan menjadi dua. Satu menjuju ke rem belakang dan satu lagi menuju ke tuas ungkit.

Tuas ungkit sendiri nantinya akan menekan knocker yang akan diteruskan ke hidrolik untuk menekan rem depan. Pada saat sistem rem ini bekerja, maka kekuatan pengereman akan secara otomatis terbagi pada rem depan dan belakang dengan tenaga tekanan yang telah disesuaikan.

Kelebihan CBS

Apabila dilihat dari pengertian, fungsi dan juga cara kerjanya, maka sudah dapat terlihat beberapa kelebihan fitur CBS. Namun masih ada beberapa kelebihan lagi yang bisa didapatkan dari fitur rem ini. Beberapa kelebihan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Jarak Pengereman Pendek

Dengan adanya kombinasi rem ganda menjadi jarak pengereman menjadi lebih pendek, karena kekuatan rem menjadi lebih kuat. Sehingga jarak pengereman dapat dilakukan dengan lebih pendek dan pengereman juga dapat dilakukan lebih aman karena kekuatan pengereman sudah ditentukan.

2. Pengereman Lebih Praktis

Kelebihan selanjutnya adalah pengereman menjadi lebih praktis. Hal tersebut dikarenakan cukup dengan menekan satu tuas rem, namun rem yang berfungsi adalah dua, yaitu rem depan dan belakang. Sehingga cukup dengan menekan rem belakang, maka rem depan dan belakang sudah akan berfungsi.

Kekurangan CBS

Meskipun fitur Combi Brake System memiliki beberapa kelebihan, namun tetap saja ada beberapa kekurangan yang terdapat pada fitur rem tambahan ini. Adapun beberapa kekurangan fitur CBS itu sendiri diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Kampas Rem Depan Boros

Kekurangan pertama ialah kampas rem depan menjadi lebih boros, hal tersebut dikarena penggunaan rem depan akan menjadi lebih sering. Para pengguna pasti akan tetap menggunakan tuas rem depan dan belakang secara terpisah pada saat berkendara yang disesuaikan dengan kondisi saat berkendara.

Dengan penggunaan tuas rem yang secara terpisah tersebut, maka rem depan akan menjadi lebih sering digunakan. Karena pada saat menggunakan tuas rem depan, sudah pasti kampas rem depan akan bekerja. Sedangkan pada saat menggunakan tuas rem belakang, kampas rem depan juga akan ikut bekerja.

2. Piringan Cepat Terkikis

Selain kampas rem depan yang menjadi boros, hal lainnya yang akan menjadi lebih boros adalah piringan atau disk. Karena piringan rem juga sama halnya dengan kampas rem yang akan ikut bekerja pada saat tuas rem depan digunakan dan pada saat menggunakan tuas rem belakang piringan rem depan juga akan bekerja.

Dengan penggunaan rem depan yang lebih sering, maka bukan hanya kampas remnya saja yang menjadi boros, melainkan piringan atau cakram rem depan juga akan ikut menjadi lebih boros. Terkecuali para pengguna hanya menggunakan tuas rem belakang saja tanpa harus menggunakan tuas rem depan.

Akhir Kata

Sekiranya cukup sekian dulu informasi dari Uji Kokoh yang membahas tentang apa itu CBS dengan beberapa informasi lainnya, mudah-mudahan saja informasi yang baru kami sampaikan diatas tadi dapat memberikan tambahan informasi seputar dunia otomotif kalian semua.

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *