Apa Itu Front Wheel Drive : Kelebihan dan Kekurangan

Advertisements

Apa Itu Front Wheel Drive – Pada kesempatan hari ini kami ingin memberikan informasi mengenai pengertian apa itu Front Wheel Drive, dimana istilah tersebut lebih sering digunakan pada kendaraan roda empat atau mobil. Karena memang pada sepeda motor tidak ada istilah tersebut.

Untuk kalian yang sekiranya ingin membeli mobil dan masih merasa bingung dengan tipe mobil FWD atau RWD, maka tidak ada salahnya bagi kalian untuk melihat terlebih dahulu informasi yang pada kesempatan hari ini akan kami berikan. Siapa tahu saja informasi tersebut dapat membantu.

Karena selain memberikan informasi mengenai pengertian apa itu Front Wheel Drive, kami juga turut memberikan beberapa informasi lainnya yang masih berhubungan dengan hal tersebut. Sehingga kalian tidak hanya mengetahui apa itu FWD saja, melainkan juga mengetahui beberapa informasi lainnya.

Advertisements

Untuk kalian yang sekiranya sudah ingin mengetahui informasi yang pada kesempatan hari ini akan kami berikan secara lengkap, maka kami sarankan kepada kalian untuk langsung melihat informasinya dibawah ini. Supaya kalian bisa langsung mengetahui apa itu Front Wheel Drive.

Apa Itu Front Wheel Drive
Sumber Gambar: gomechanic.in
Advertisements

Apa Itu Front Wheel Drive

Front Wheel Drive atau lebih sering disebut dengan singkatan FWD merupakan salah satu bentuk layout transmisi mesin pembakaran dalam yang digunakan untuk kendaraan bermotor, dimana mesin hanya menggerakan roda depan saja. Sehingga roda yang berputar dari putaran mesin hanya roda depan.

Sistem penggerak roda depan ini mulai digunakan antara tahun 1920 dan 1930, dimana sistem penggerak roda depan ini berhasil digunakan pada mobil balap Alvis 12/50 yang dirancang oleh George Thomas Smith-Clarke bersama dengan William M. Dunn dari Inggris untuk Alvis Cars.

Meskipun demikian, sistem penggerak mobil roda depan masih belum cukup populer diluar arena balap, karena belum ada satupun perusahaan otomotif besar yang mencoba untuk memproduksi sistem penggerak roda tersebut. Namun hal tersebut baru mulai dilakukan oleh perusahaan otomotif pada tahun 1945 an.

Cara Kerja Front Wheel Drive

Mobil dengan sistem FWD biasanya memiliki posisi mesin melintang, kemudian akan terhubung dengan poros roda ke transmisi melalui transaxle memakai differential. Setelah itu, CV joint (Constant Velocity Joint) memiliki tugas untuk meneruskan putaran dari differential ke roda secara fleksibel dengan berbagai radius sudut putaran.

Secara sederhana, mesin mobil akan langsung terhubung ke roda depan melalui transmisi. Sehingga pada tipe mobil FWD tidak membutuhkan gardan untuk menyalurkan putaran dari mesin ke roda seperti jenis mobil RWD (Rear Wheel Drive), sehingga komponen mobil FWD jauh lebih sederhana.

Kelebihan Front Wheel Drive

Dari penjelasan sistem kerja FWD diatas, dapat diambil sedikit kesimpulan apabila terdapat banyak kelebihan sistem penggerak ini. Dimana beberapa kelebihannya adalah komponen FWD jauh lebih sederhana dibandingkan dengan RWD, namun masih ada beberapa kelebihan lainnya yang diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Harga Mobil Terjangkau

Mobil dengan sistem penggerak roda depan biasanya jauh lebih murah atau terjangkau dibandingkan dengan harga mobil penggerak roda belakang, hal tersebut dikarenakan komponen sistem FWD jauh lebih sederhana. Sehingga tidak membutuhkan biaya produksi lebih banyak, dan hal tersebut berpengaruh pada harga mobil yang lebih murah.

2. Mesin Lebih Bertenaga

Kelebihan mobil FWD selanjutnya adalah mesin lebih bertenaga. Hal tersebut dikarenakan hasil putaran mesin yang diteruskan ke roda dapat diberikan lebih cepat, karena jarak penggerak roda depan lebih dekat dengan mesin. Sehingga tenaga yang dihasilkan akan jauh lebih maksimal.

3. Ruang Kabin Luas

Kelebihan terakhir adalah ruang kabin mobil FWD lebih luas. Karena komponen dibwah kabin untuk tipe mobil ini jauh lebih sedikit, sehingga ukuran ruang kabin lebih dapat dimaksimalkan. Oleh karena itu, ukuran kabin mobil FWD jauh lebih besar dibandingkan dengan mobil RWD.

Kekurangan Front Wheel Drive

Meskipun terdapat beberapa kelebihan Front Wheel Drive yang telah kami sampaikan diatas, namun tetap ada beberapa kekurangan pada sistem penggerak roda tersebut. Beberapa kekurangan mobil dengan sistem penggerak roda depan itu sendiri diantranya adalah sebagai berikut.

1. Handling Tidak Stabil

Mobil dengan sistem penggerak roda depan cenderung memiliki handling kurang stabil, terlebih lagi pada saat digunakan pada kecepatan tinggi. Hal tersebut dikarenakan sistem kemudi dan penggerak menjadi satu, sehingga pada saat putaran mesin tinggi roda akan sedikit sulit untuk dikendalikan.

2. Mudah Mengalami Kerusakan

Sedangkan untuk kekurangan Front Wheel Drive ialah mudah mengalami kerusakan, namun hal tersebut apabila mobil mengalami benturan. Karena benturan pada mobil umumnya terjadi pada bagian depan, sehingga pada saat mobil mengalami benturan pada bagian depan, sudah secara otomatis sistem penggerak juga akan ikut terdampak dari benturan tersebut.

Akan tetapi pada saat mobil tidak mengalami benturan, ataupun mengalami benturan tidak pada bagian depan. Maka Front Wheel Drive tidak akan mudah mengalami kerusakan, karena masa pakai FWD dan RWD kurang lebih sama. Tergantung dari bagaimana pengguna melakukan perawatan pada sistem penggerak tersebut.

Akhir Kata

Sekiranya cukup sekian dulu informasi yang pada kesempatan hari ini dapat Uji Kokoh berikan mengenai apa itu Front Wheel Drive, mudah-mudahan saja informasi yang baru kami sampaikan diatas tadi dapat memberikan tambahan informasi bagi kalian semua yang memang sedang membutuhkan.

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *