Apa Itu Indent Motor? Ini Kelebihan & Kekurangannya!

Advertisements

Apa Itu Indent Motor – Pembelian unit motor baru tentunya perlu adanya Dealer maupun Leasing yang menangani. Pasalnya pabrik motor tidak langsung menjual unit kendaraan langsung kepada pengguna atau pengendara. Namun perlu adanya pihak Dealer maupun perusahaan pembiayaan kendaraan bermotor.

Ada beberapa istilah yang digunakan dalam proses pembelian kendaraan bermotor. Salah satunya yaitu istilah tentang Indent. Namun sebenarnya apa itu Indent motor? Apa kelebihan dan kekurangan dari proses Indent?

Ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum kalian memilih untuk Indent sebuah kendaraan pada suatu Dealer. Penjelasan mengenai apa itu Indent motor bisa kalian dapatkan informasinya melalui artikel ini. Sehingga setidaknya kalian sudah ketahui pengertian, kelebihan maupun kekurangan tentang proses Indent kendaraan roda dua.

Advertisements

Nah pada artikel kali ini, admin Ujikokoh.com akan menyajikan ulasan tentang apa itu Indent motor beserta penjelasan mengenai berapa lama proses Indent motor. Untuk mengetahui pengertian dari Indent, silahkan simak ulasannya berikut ini.

Apa Itu Indent Motor
Advertisements

Apa Itu Indent Motor?

Yang dimaksud dengan Indent kendaraan roda dua adalah sebuah proses pemesanan atau pembelian sebuah kendaraan. Dimana biasanya para calon pembeli atau konsumen akan memberikan tanda jadi atau DP pembelian sebelum motor dikirimkan ke rumah.

Proses Indent ini membutuhkan waktu yang lebih lama dengan proses pembelian kendaraan yang sudah Ready. Sehingga Indent bisa dikatakan sebagai Pre Order pada sebuah proses transaksi jual beli. Dimana pembeli perlu memesan produk yang diinginkan, dan penjual akan segera mengupayakan pengadaan barang sesuai dengan permintaan pembeli.

Nah setelah ketahui pengertian tentang Indent, sekarang berapa lama proses Indent? Silahkan simak ulasannya berikut ini.

Berapa Proses Lama Indent Motor?

Berbicara mengenai waktu atau berapa lama proses Indent kendaraan roda dua, hal tersebut akan bergantung terhadap stok, jumlah produksi maupun dari pihak Dealer yang menangani pembelian kendaraan.

Proses Indent biasanya membutuhkan waktu antara 1 minggu sampai 2 bulan lamanya. Walaupun begitu, tidak jarang para pembeli yang memilih Indent sebuah produk perlu bersabar lebih dari 2 bulan. Bahkan jika produk yang di Indent merupakan produk limited atau terbatas, maka bisa saja menunggu sampai dengan 6 bulan.

Nah setelah ketahui berapa lama proses Indent, sekarang apa saja yang membuat Indent kendaraan menjadi lama? Silahkan simak ulasannya berikut ini.

Penyebab Indent Motor di Dealer Lama

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, bahwa beberapa penyebab Indent kendaraan roda dua menjadi lama yaitu bisa dikarenakan stok, jumlah produksi maupun karena di Dealer yang menangani. Penyebab Indent kendaraan di Dealer lama diantaranya sebagai berikut:

1. Komponen Terbatas

Penyebab Inden motor di Dealer lama yang pertama yaitu mengenai komponen yang didapatkan pabrik terbatas. Hal tersebut seperti masalah yang sering dialami oleh pabrikan dalam mendapatkan Chip Semikonduktor.

Dimana Chip Semikonduktor adalah sebuah material penting yang dibutuhkan dalam proses perakitan motor. Sehingga dengan adanya masalah ini, akan membuat proses produksi terhambat, dan calon pembeli perlu menunggu atau melakukan Indent.

2. Kapasitas Produksi

Penyebab Indent motor di Dealer lama yang kedua yaitu mengenai kapasitas produksi. Dimana hal ini bisa terjadi ketika kapasitas produksi sebuah pabrik perakitan tidak mampu untuk memenuhi pesanan para pembeli. Sehingga para pembeli perlu melakukan Indent sampai dengan pabrik mampu memenuhi pesanan para pembeli.

3. Pembagian Unit di Dealer

Dengan adanya dua masalah diatas, sehingga bisa menyebabkan pembagian unit di Dealer menjadi semakin berkurang. Alhasil bagi para calon pembeli perlu melakukan Indent ketika produk yang dipesan sudah tidak terdapat lagi stok di gudang Dealer.

4. Produk Impor atau CBU

Penyebab Indent kendaraan di Dealer lama selanjutnya yakni tentang produk Impor atau CBU. Dimana proses pembelian motor impor dari luar negeri tentunya perlu adanya Inden. Pasalnya tidak semua jenis motor impor bisa dibeli secara langsung atau adanya Dealer yang memiliki stok motor impor banyak.

Nah setelah ketahui beberapa masalah yang membuat Indent kendaraan di Dealer lama, sekarang bagaimana cara cek Indent sudah sampai mana prosesnya? Silahkan simak ulasannya berikut ini.

Cara Cek Indent Motor

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengecek atau tracking proses Indent kendaraan yaitu menggunakan aplikasi Wanda. Aplikasi ini bisa luncurkan oleh Honda bagi para calon pembeli yang sudah melakukan Indent. Cara cek Inden motor honda adalah sebagai berikut:

  • Pertama silahkan download dan install aplikasi Wanda di Smartphone kalian.
  • Kedua silahkan buka Aplikasi Wanda setelah berhasil terpasang di HP.
  • Ketiga silahkan masuk ke menu Aktivitas pada aplikasi Wanda.
  • Keempat silahkan masuk ke halaman Tracking.
  • Selanjutnya silahkan pilih opsi Tracking Indent.
  • Setelah itu, silahkan masukkan nomor Indent kalian.
  • Kemudian untuk mengetahui proses Indent sudah sampai mana, silahkan ketuk Tracking Indent.

Nah setelah ketahui cara cek proses Inden motor di atas, sekarang apa saja kelebihan dan kekurangan Inden? Silahkan simak ulasannya berikut ini.

Kelebihan dan Kekurangan Indent Motor

Ada beberapa poin mengenai kelebihan dan kekurangan Indent. Untuk ketahui keuntungan dan kerugian melakukan Indent, silahkan simak ulasannya berikut ini.

Kelebihan Inden Motor

  • Pembeli bisa memilih tipe motor sesuai dengan yang diinginkan saat tidak tersedia stok.
  • Pembeli bisa memilih warna motor sesuai dengan yang diinginkan ketika sedang tidak tersedia stok.
  • Pembeli bisa memesan motor baru sebelum banyak dipasarkan.

Kekurangan Inden Motor

  • Proses Indent membutuhkan waktu lebih lama sampai dengan kendaraan diantara kerumah.
  • Pembeli perlu membayarkan DP (Down Payment) atau tanda jadi terlebih dahulu ketika melakukan Indent.

Akhir Kata

Itulah informasi tentang apa itu Indent motor beserta penjelasan kenapa proses Indent motor di Dealer lama. Bagaimana, apakah kalian tertarik untuk melakukan Indent setelah ketahui pengertian beserta kelebihan dan kekurangan Indent?

Sekian artikel kali ini tentang apa itu Inden motor dan cara mengecek Inden motor. Terima kasih sudah bersedia mengunjungi Ujikokoh.com dan semoga artikel di atas tentang apa itu Inden motor dapat menambah wawasan buat kalian semuanya.

Sumber gambar: Tim Ujikokoh.com

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Yanuar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *