Apa Itu Oversteer ? Penyebab & Cara Mengatasi

Advertisements

Apa Itu Oversteer – Kembali lagi pada kesempatan hari ini kami ingin memberikan informasi mengenai beberapa kendala pada saat mengemudikan mobil, dimana sebelumnya juga kami memberikan informasi mengenai kendala pada saat mengemudi, yaitu understeer.

Sedangkan untuk informasi yang saat ini akan kami berikan adalah oversteer. Barang kali saja ada diantara kalian yang masih belum mengetahui apa itu oversteer, maka dari itu tidak ada salahnya bagi kalian untuk melihat terlebih dahulu informasi yang hari ini akan kami berikan.

Siapa tahu saja informasi yang akan kami berikan pada kesempatan hari ini dapat memberikan tambahan informasi bagi kalian, karena informasi yang akan kami berikan hari ini tidak hanya membahas mengenai pengertian permasalahan tersebut saja. Melainkan juga membahas informasi lainnya yang masih berhubungan dengan permasalahan tersebut.

Advertisements

Oleh karena itu, kami sarankan kepada kalian yang belum begitu memahami permasalahan dalam mengemudi ini bisa melihat dahulu informasi yang akan kami berikan. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa langsung melihat informasi tersebut secara lengkap dibawah ini.

Apa Itu Oversteer
Sumber: automotivexist.blogspot.com
Advertisements

Apa Itu Oversteer

Oversteer merupakan kondisi pada saat ban belakang mobil mengalami kehilangan traksi dan dapat menyebabkan bagian ujung belakang tergelincir karena tidak terkendali atau lebih sering disebut dengan ngepot. Kondisi seperti ini biasanya terjadi pada saat di tikungan tajam.

Oversteer sendiri sering terjadi untuk tipe mobil RWD (penggerak roda belakang), karena tipe mobil RWD yang lebih memiliki kemungkinan mengalami terjadinya kelebihan tenaga pada bagian roda belakang. Sehingga dapat menyebabkan terjadinya oversteer pada saat mengemudi.

Penyebab Oversteer

Permasalahan ini sendiri bisa terjadi karena ada penyebabnya, dimana penyebab oversteer sendiri sebenarnya tidak terlalu berbeda jauh dengan understeer. Hanya saja untuk kondisi yang dialami dari kedua permasalahan tersebut berbeda, dimana understeer kondisi dimana mobil tidak mau menikung, sedangkan oversteer kondisi mobil terlalu menikung.

1. Ban Mobil Aus

Penyebab pertama yang dapat menyebabkan hal ini adalah ban mobil aus. Namun hal ini hanya berlaku untuk ban bagian belakang saja, karena jika ban depan juga mengalami keausan, maka hal yang terjadi adalah understeer. Alias mobil tidak dapat berbelok atau tetap meluncur pada saat di tikungan.

Pada saat ban belakang mengalami keausan, maka ban dapat kehilangan traksi. Sehingga bagian belakang tidak dapat ikut berbelok. Kondisi ban belakang yang kehilangan traksi akan menghasilkan terlemparnya bagian belakang seperti akan mendahului bagian depan mobil.

2. Kelebihan Tenaga

Penyebab kedua adalah kelebihan tenaga pada ban belakang. Kelebihan tenaga yang diberikan ke ban bagian belakang dapat menyebabkan hilangnya kendali atau dapat terjadi kondisi ngepot, yang diakibatkan bagian belakang bergerak secara liar ke arah luar mobil.

Cara Mengatasi Oversteer

Sedangkan untuk kalian yang sudah terlanjur mengalami kondisi understeer, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah mengurangi injakan pada pedal gas secara perlahan. Kemudian putar kemudi lawan arah dari belokan yang terjadi pada mobil, atau paling tidak luruskan kemudi.

Setelah kondisi kembali agak normal, baru putar kemudi sesuai dengan tikungan yang sedang dilewati sembari menambah tekanan pada pedal gas sedikit demi sedikit. Hal tersebut biasanya hanya dapat dilakukan sepersekian detik, karena kondisi seperti ini biasanya terjadi sangat cepat.

Untuk itu, banyak kecelakaan yang terjadi karena permasalahan tersebut, yang diakibatkan pengemudi belum dapat memahami permasalahan atau kondisi yang sedang dialami oleh mobil. Untuk itu, mobil keluaran terbaru saat ini banyak menambahkan fitur-fitur sensor untuk membantu dalam mengemudi.

Akhir Kata

Demikian itu informasi yang sekiranya dapat Uji Kokoh berikan pada kesempatan hari ini mengenai apa itu oversteer, mudah-mudahan saja informasi yang baru kami sampaikan diatas tadi dapat memberikan tambahan informasi bagi kalian semuanya yang memang belum mengetahui.

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *