Apa Itu Powder Coating Pada Motor dan Mobil

Advertisements

Apa Itu Powder Coating – Pada kesempatan hari ini kami ingin memberikan informasi mengenai pengertian apa itu powder coating, dimana istilah tersebut sering di dengar pada saat melakukan cat motor atau mobil. Karena memang hal tersebut merupakan bagian dari proses tersebut.

Untuk kalian yang sekiranya masih merasa asing dengan hal tersebut, maka tidak ada salahnya bagi kalian untuk melihat terlebih dahulu informasi yang pada kesempatan hari ini akan kami berikan. Siapa tahu saja informasi yang hari ini akan kami berikan dapat membantu kalian.

Karena selain memberikan informasi mengenai pengertian apa itu powder coating, kami juga turut memberikan beberapa informasi lainnya yang masih berhubungan dengan hal tersebut. Sehingga kalian tidak hanya mengetahui pengertian dari powder coating saja, melainkan juga akan mengetahui informasi lainnya.

Advertisements

Apabila diantara kalian sudah ingin mengetahui informasi yang pada kesempatan hari ini akan kami berikan secara lengkap, maka kami sarankan kepada kalian untuk langsung melihat informasi mengenai apa itu powder coating bersama informasi lainnya yang akan kami berikan dibawah ini.

Apa Itu Powder Coating
Sumber Gambar: finishingandcoating.com
Advertisements

Apa Itu Powder Coating

Powder coating atau dalam bahasa Indonesia pelapis bubuk adalah salah satu teknik pengecatan kering menggunakan lapisan film. Dalam bentuk lapisan film bubuk akan digunakan dalam lapisan tpis workpiece, setelah itu dilarutkan pada bentuk film dan dipanaskan untuk polimerisasi dan diawetkan secara coating.

Pada saat powder coating diaplikasikan, arahnya tidak lurus pada benda kerja atau yang diaplikasikan. Akan tetapi membentuk suatu wrap round effect. Sehingga hal tersebut dapat memberikan keuntungan, karena dapat menjangkau beberapa bagian yang tidak terlihat.

Keunggulan Powder Coating

Seperti yang sudah kami jelaskan sedikit diatas, powder coating dapat menjangkau beberapa bagian yang tidak terlihat. Sehingga hal tersebut bisa menjadi salah satu keuntungan menggunakan powder coating, namun masih ada beberapa keungglan pelapis bubuk lainnya yang diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Lebih Tahan Lama

Penggunaan pelapis bubuk memiliki kekuatan lebih baik dibandingkan dengan cat biasa, karena permukaan pelapis bubuk setelah kering akan sangat keras. Sehingga hal tersebut membuat warna lebih merekat dan tahan lama, meskipun tergores ataupun terbentur benda lain.

2. Efisien dan Hemat

Pelapis bubuk juga mampu menjangkau bagian benda yang tidak terlihat, karena pada saat disemprotkan, pelapis bubuk akan membentuk wrap round effect. Hal tersebut pastinya akan membuat proses pengerjaan menjadi lebih efisien dan tentunya akan lebih menghemat penggunaan pelapis bubuk.

3. Ramah Lingkungan

Keunggulan pelapis bubuk yang terakhir adalah ramah lingkungan. Hal tersebut dikarenakan tidak ada bahan kimia khusus yang digunakan untuk melarutkan pelapis bubuk. Ditambah lagi, hasil cat yang lebih kuat membuat tidak adanya cat yang terkelupas dan dapat menyebabkan sampah lingkungan.

Kekurangan Powder Coating

Meskipun ada beberapa keunggulan pelapis bubuk, namun masih tetap ada kekurangan yang dimiliki. Beberapa kekurangan powder coating itu sendiri diantaranya adalah pilihan warna sedikit dan proses pengerjaan tergolong cukup rumit dibandingkan dengan proses pengerjaan cat biasa.

1. Pilihan Warna Sedikit

Pilihan warna pelapis bubuk sebenarnya tergolong cukup banyak, namun hanya tersedia untuk warna-warna dasar, terutama untuk jenis warna doff. Sedangkan untuk warna metallic apalagi yang sudah dapat memberikan efek warna lain belum tersedia untuk jenis pelapis bubuk ini.

Sehingga pengaplikasian pelapis bubuk akan lebih cocok digunakan untuk pilihan warna dasar saja, namun untuk kalian yang ingin mendapatkan warna metallic atau bahkan yang dapat memberikan efek warna seperti gradasi. Maka ada baiknya jika kalian tidak menggunakan jenis pelapis bubuk ini.

2. Proses Rumit

Kekurangan terakhir adalah proses pengaplikasian powder coating tergolong sangat rumit, karena benda yang akan diaplikasikan harus benar-benar bersih dari segala macam kotoran. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, sehingga dalam proses pengerjaannya benda harus direndam menggunakan asam sulfat, kemudian dipanaskan dan seterusnya.

Setelah benda yang akan diaplikasikan sudah benar-benar bersih, maka baru masuk ke tahap pengecatan. Apabila sudah mencapai tahap ini, maka proses yang dilakukan tidak berbeda jauh dengan proses pengecatan menggunakan bahan cat pada umumnya. Dimana proses pengecatan dapat dilakukan menggunakan alat spray gun.

Proses Powder Coating

Seperti yang sudah sedikit kami jelaskan diatas, dimana proses powder coating tergolong rumit. Hal tersebut dikarenakan proses ini membutuhkan 3 tahapan, dimana ada tahapan awal, tahapan pengolahan utama dan tahapan akhir. Dan dari setiap tahapan tersebut harus dikerjakan dengan benar dan teliti.

1. Tahapan Awal

Pertama-tama benda yang akan diaplikasikan direndam terlebih dahulu pada cairan asam sulfat kurang lebih 10 sampai 15 menit pada suhu ruangan, dengan tujuan untuk membersihkan dan menghilangkan kotoran. Dimana proses ini lebih sering disebut dengan Degreasing.

Selanjutnya dilakukan proses Rinsing. Proses ini memiliki tujuan untuk menghilangkan sisa asam sulfat dan kotoran yang tertinggal pada benda. Setelah itu dilanjutkan dengan proses Desmuting, yaitu proses menghaluskan permukaan benda dan membersihkan kotoran menggunakan soda api dengan cara dimasukan ke dalam tangki dengan suhu 20 sampai 25 derajat selama 10 sampai 15 menit.

Apabila proses tersebut sudah selesai, maka tinggal dilanjutkan ke proses Rinsing atau pembersihan benda yang masih melekat dan membersihkan sisa kontaminasi atau sisa soda api yang masih melekat pada benda tersebut.

2. Proses Pengolahan Utama

Proses pertama yang dilakukan adalah chromating, hal ini dilakukan untuk memelihara dan memproduksi lapisan benda dengan menggunakan larutan alkalin atau asam dan heksavalensi chromium. Proses ini biasanya akan dilakukan selama 1 sampai 2 menit untuk mendapatkan hasil chromating yang sempmurna.

Setelah itu dilakukan proses Rinsing kurang lebih sebanyak dua kali, dengan tujuan untuk membersihkan kotoran dan kontaminasi yang tertinggal pada benda. Pada proses Rinsing yang kedua, tangki akan berisi air demineralisasi sebanyak dua kali. Dengan tujuan untuk memastikan tidak ada lagi kotoran yang tertinggal pada benda.

Proses terakhir adalah Drying, dimana benda akan dibersihkan menggunakan air demineralizer sebanyak dua kali dan dikeringan dalam oven dengan suhu mencapai 80 derajat celcius selama 25 menit. Hal tersebut bertujuan untuk menghilangkan air pada benda, karena air yang terdapat pada benda dapat menghasilkan gumpalan pada saat powder coating di aplikasikan.

3. Tahapan Akhir

Proses terakhir adalah coating atau pelapisan, proses ini sebaiknya dilakukan pada ruangan tertutup seperti pada saat melakukan pengecatan biasa. Dengan alat yang digunakan adalah spray gun, pastikan pada saat pengaplikasian dilakukan secara merata pada permukaan benda tersebut.

Setelah proses pelapisan atau coating selesai dilakukan, maka langkah terakhir yang dilakukan adalah proses pemanasan. Hal ini dilakukan menggunakan bantuan oven dengan suhu kurang lebih 180 sampai 220 derajat celcius dan memiliki waktu selama 35 sampai 45 menit. Dengan tujuan agar powder coating benar-benar kering dan merekat pada benda.

Harga Powder Coating

Apabila kalian merasa tertarik ingin menggunakan pelapis bubuk untuk diaplikasikan pada motor atau mobil milik kalian, maka kalian cukup mengeluarkan biaya Rp 50.000 sampai dengan Rp 100.000 untuk pembelian bubuk powder seberat 500 gram. Harga powder coating tersebut bervariasi tergantung dari warna.

Akan tetapi alat powder coating yang digunakan untuk mengaplikasi pelapis bubuk ini yang cukup mahal, dimana harga alat powder coating itu sendiri mencapai Rp 8.000.000 dengan kapasitas cat bubuk 45 liter dan hanya mampu bekerja dengan suhu sampai dengan 40 derajat celcius saja.

Akhir Kata

Mungkin cukup sekian dulu informasi yang sekiranya dapat Uji Kokoh berikan mengenai apa itu powder coating untuk hari ini, semoga saja informasi yang baru kami sampaikan diatas tadi dapat memberikan tambahan informasi bagi kalian seputar dunia otmotif khususnya seputar cat motor dan mobil.

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *