Apa Itu Trabasan Motor Trail? Berikut Penjelasan Lengkapnya!

Advertisements

Apa Itu Trabasan – Bagi penggemar otomotif tentunya sudah mengetahui adanya istilah tentang Trabasan. Dimana istilah ini sangat melekat di dunia otomotif motor maupun mobil. Namun istilah tersebut sangat identik dengan motor, khususnya motor Trail.

Banyak sekali komunitas atau grup pemotor yang melakukan kegiatan Trabas. Baik di hutan bebas maupun di hutan yang dibuatkan jalur untuk Trabas. Namun sebenarnya apa itu Trabasan? Serta motor apa saja yang biasa digunakan untuk Trabas?

Selain motor Trail asli, banyak juga yang menggunakan motor modifikasi yang digunakan untuk Trabas. Misalnya motor bebek yang di sulap atau di modifikasi menjadi Trail. Pengertian mengenai apa itu Trabasan bisa kalian dapatkan melalui artikel ini.

Advertisements

Pasalnya pada artikel ini, Ujikokoh.com akan menyajikan tentang apa itu Trabasan beserta jenis motor dan hal yang perlu disiapkan ketika akan Trabasan. Untuk menuju ke pembahasan tersebut, silahkan simak ulasan mengenai arti dari istilah Trabas berikut ini.

Apa Itu Trabasan
Advertisements

Apa Itu Trabasan?

Trabas atau Trabasan adalah sebuah istilah untuk menjelaskan sebuah kegiatan berkendara di medan yang tidak semestinya, mempunyai rintangan dan tingkat kesulitan berkendara yang tinggi. Misalnya di arena Trabas, di hutan bebas, maupun di hutan yang dibuat menjadi jalur untuk berkendara. Aktivitas Trabas tentunya tidak ketinggalan dengan motor Trail maupun mobil Offroad.

Sehingga dapat diartikan bahwa Trabas pada dunia otomotif adalah berkendara di medan apapun atau terjang saja walaupun jalur yang dilewati sulit atau memiliki banyak rintangan. Aktivitas ini sangat membutuhkan konsentrasi tinggi. Pasalnya dalam melakukan Trabas, pengendara akan mengalami adrenalin yang tinggi.

Ada beberapa ciri-ciri jalur Trabasan, misalnya seperti jalan berlumpur, berair, licin, kotor dan banyak rintangan (seperti tanjakan, turunan, batuan dan lain sebagainya). Dengan adanya medan tersebut tentunya membuat pengendara menjadi semakin semangat untuk bisa melewati jalan atau medan tersebut.

Nah setelah ketahui pengertian tentang aktivitas Trabas, sekarang seperti apa jenis motor yang digunakan untuk Trabas? Silahkan simak ulasannya berikut ini.

Jenis Kendaraan Trabasan

Ada beberapa ciri-ciri atau jenis motor yang digunakan untuk Trabas. Dimana motor atau mobil ini merupakan bawaan pabrik maupun modifikasi dari kreatifitas pemiliknya. Kriteria kendaraan yang digunakan untuk Trabas diantaranya sebagai berikut:

1. Motor Trail

Jenis kendaraan pertama yang digunakan untuk aktivitas Trabas-an yakni motor Trail. Motor Trail ini bisa motor Trail asli pabrikan maupun motor biasa yang di modifikasi menjadi Trail.

Yang terpenting motor tersebut sudah memiliki kriteria Ban Pacul atau Tahu, tenaga atau Torsi mesin yang besar, suspensi yang tinggi maupun spesifikasi lainnya. Sehingga dengan spesifikasi motor tersebut nantinya bisa dengan mudah melewati jalur yang berlumpur, licin, kotor dan banyak rintangan (seperti tanjakan, turunan, batuan dan lain sebagainya).

2. Mobil Offroad

Jenis kendaraan kedua yang digunakan untuk Trabasan yaitu mobil Offroad. Berbeda dengan motor Trail, mobil Offroad kebanyakan mobil yang di modifikasi agar bisa melewati jalur yang sulit seperti berlumpur, licin, kotor dan banyak rintangan (seperti tanjakan, turunan, batuan dan lain sebagainya). Sehingga dengan modifikasi mobil menjadi Offroad, nantinya bisa digunakan untuk melakukan Trabas di hutan maupun di jalur yang telah dibuat.

Nah setelah ketahui beberapa jenis kendaraan untuk Trabas, sekarang apa saja yang perlu disiapkan atau perlu diperhatikan ketika akan Trabas-an? Silahkan simak ulasannya berikut ini.

Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Trabasan

Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Trabas

Persiapan yang penting ketika akan melakukan Trabas-an yakni tentang fisik, kendaraan, bahan bakar dan beberapa persiapan lainnya. Beberapa hal yang perlu dipersiapkan ketika akan melakukan Trabas-an diantaranya sebagai berikut:

  • Kondisi fisik yang sehat atau prima
  • Kendaraan yang sehat, memiliki tenaga besar dan prima
  • Menyiapkan bahan bakar yang cukup, bahkan bisa sampai dengan membawa bahan bakar cadangan jika jalur Trabas panjang atau jauh
  • Membawa alat atau kunci-kunci maupun tali derek
  • Menggunakan pakaian atau Wearpack, helm Full Face, sarung tangan, sepatu Trabas, pelindung lutut dan siku maupun menggunakan pelindung mata seperti kaca mata helm Trail

Hal tersebut tentunya perlu disiapkan secara matang. Pasalnya melakukan Trabas-an merupakan aktivitas atau kegiatan yang berbahaya bagi pemula maupun yang sudah pro sekalipun.

Akhir Kata

Itulah informasi mengenai apa itu Trabasan beserta jenis kendaraan yang digunakan untuk Trabasan dan beberapa tips atau hal yang perlu disiapkan ketika Trabasan. Bagaimana, apakah kalian tertarik untuk melakukan atau ikut Trabas-an di hutan bebas?

Sekian artikel kali ini tentang apa itu Trabas-an. Terima kasih sudah bersedia mengunjungi Ujikokoh.com dan semoga artikel di atas tentang apa itu Trabas-an bisa menambah wawasan buat kalian semuanya.

Sumber gambar: Tim Ujikokoh.com

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Yanuar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *