Apa Itu Understeer ? Penyebab & Cara Mengatasi

Advertisements

Apa Itu Understeer – Pada kesempatan hari ini kami ingin memberikan sebuah informasi yang berhubungan dengan cara mengemudi, dimana untuk informasi yang akan kami berikan hari ini adalah informasi mengenai understeer yang biasanya akan dialami oleh para pengemudi.

Untuk kalian yang mungkin sudah cukup mahir dalam mengemudi, maka kalian pasti sudah mengetahui apa itu understeer. Akan tetapi untuk kalian yang baru belajar atau baru bisa mengemudi, mungkin saja hal tersebut masih dirasa asing oleh kalian. Karena belum pernah mengalami atau mendengarnya.

Nah, untuk kalian yang sekiranya belum mengetahui ataupun belum pernah mengalami understeer, maka kami sarankan kepada kalian untuk melihat terlebih dahulu informasi yang pada kesempatan hari ini akan kami berikan. Barang kali saja informasi yang akan kami berikan hari ini dapat memberikan banyak manfaat.

Advertisements

Karena selain memberikan informasi mengenai apa itu understeer, kami juga turut memberikan beberapa informasi lainnya yang masih berhubungan dengan informasi tersebut. Sehingga kalian tidak hanya mengetahui penjelasan mengenai pengertian understeer saja.

Apa Itu Understeer
Sumber: automotivexist.blogspot.com
Advertisements

Apa Itu Understeer

Understeer adalah sebuah kondisi pada saat mobil kesulitan untuk berbelok, dimana posisi mobil masih tetap meluncur walaupun roda kemudi sudah diputar. Hal ini tidak berbeda jauh dengan kondisi mobil slip ataupun mobil sulit untuk dikendalikan pada saat digunakan.

Keadaan ini memang sebenarnya jarang terjadi, karena bebrapa faktor penyebab permasalahan tersebut bisa dibilang sangat jarang. Akan tetapi tidak ada salahnya apabila mewaspadai kondisi ini, karena kondisi seperti sebenarnya sangat membahayakan apabila tidak mengetahui cara mengatasinya.

Terlebih lagi apabila pada saat mengemudi pada kecepatan tinggi, maka hal tersebut bisa membuat kondisi mobil lebih sulit untuk dikendalikan. Terlebih lagi untuk pengemudi yang belum begitu mahir, sehingga tidak memungkinkan bisa menyebabkan kecelakaan yang fatal.

Penyebab Understeer

Tidak berbeda jauh dengan beberapa permasalahan yang muncul pada mobil, kondisi understeer juga bisa terjadi karena beberapa penyebab. Dimana beberapa penyebab yang bisa menimbulkan permasalahan understeer sendiri diantarnya adalah sebagai berikut.

1. Pengereman Keras

Penyebab pertama bisa terjadi karena pengereman terlalu keras. Pada saat melakukan pengereman terlalu keras, apabila tidak diimbangi dengan kondisi ban yang masih baik dan jalanan yang bagus, maka hal tersebut bisa menyebabkan understeer. Terlebih lagi jika dilakukan dalam kecepatan tinggi.

Selain dikarenakan pengereman keras, kondisi pengereman yang dilakukan secara mendadak juga dapat menyebabkan permasalahan tersebut. Apalagi ditambah dengan tekanan pengereman dilakukan secara keras. Karena hal ini juga terkadang terjadi pada sepeda motor.

2. Ban Mobil Aus

Penyebab selanjutnya adalah kondisi ban mobil aus. Seperti penjelasan kami sebelumnya, kondisi ban mobil aus akan menyebabkan permasalahan understeer, terlebih lagi jika ditambah dengan adanya kondisi pengereman keras. Tanpa adanya pengereman keras, kondisi ban aus sendiri juga terkadang sudah menimbulkan permasalahan tersebut.

3. Jalan Licin

Penyebab terakhir bisa dikarenakan oleh jalan yang licin. Meskipun kondisi ban masih bagus dan tidak melakukan pengereman keras, apabila kondisi jalan licin juga dapat memicu terjadinya permasalahan ini. Untuk itu, alangkah baiknya jika kalian dapat memahami kondisi jalanan yang sedang dilalui.

Selain beberapa penyebab diatas, masih ada beberapa kondisi lainnya yang dapat menyebabkan permasalahan tersebut terjadi. Hal tersebut biasanya dikarenakan oleh beberapa komponen yang berhubungan dengan kemudi ataupun komponen roda pada mobil.

Cara Mengatasi Understeer

Apabila kondisi tersebut sudah terlanjur terjadi, maka hal paling utama yang dapat dilakukan ialah mengurangi tekanan pedal gas secara perlahan untuk mengurangi kecepatan mobil. Hal tersebut bertujuan untuk meminimalisir kondisi steering lock dan agar mobil dapat dikendalikan kembali.

Namun jangan langsung melepaskan injakan pada pedal gas, karena hal tersebut justru membuat beban kendaraan berpindah secara drastis ke depan. Dan hal tersebut justru akan menambah parah kondisi tersebut, karena steering wheel akan lebih sulit untuk dikendalikan.

Sedangkan hal terbaik untuk menghindari hal tersebut adalah menjaga kecepatan pada saat menikung. Pastikan kalian perhatikan sudut tikungan yang akan dilalui, apabila tikungan yang akan dilalui terlalu patah. Maka ada baiknya jika mengurangi kecepatan mobil lebih awal.

Selain itu, beberapa komponen lainnya yang berhubungan dengan kemudi juga harus dirawat atau diperiksa secara rutin. Terutama untuk selalu memeriksa kondisi ban sebelum berkendara. Baik itu kondisi keausan ban ataupun tekanan angin dari ban mobil itu sendiri.

Akhir Kata

Dengan ini berakhir sudah untuk informasi yang sekiranya dapat Uji Kokoh berikan mengenai apa itu understeer, kami harapkan informasi yang baru saja kami berikan diatas tadi dapat memberikan banyak tambahan informasi bagi kalian semuanya yang memang belum mengetahui hal tersebut.

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *