Berapa Lama Cas Aki Motor 12 Volt dan Biaya

Advertisements

Berapa Lama Cas Aki Motor – Aki motor merupakan sumber listrik pada motor itu sendiri, dimana sumber listrik ini yang nantinya digunakan untuk mengaktifkan atau menggerakan komponen-komponen lainnya pada motor yang membutuhkan sumber daya listrik, seperti misalnya motor starter.

Salah satu ciri-ciri aki motor soak adalah komponen yang membutuhkan sumber daya listrik tidak berfungsi sebagaimana mesintya, seperti misalnya motor starter tidak dapat bekerja, klakson tidak berbunyi, cahaya lampu utama mulai redup dan masih ada lagi yang lainnya.

Dan salah satu cara untuk mengatasi aki soak ialah dengan cara melakukan pengisian atau cas. Karena sistem kerja baterai atau aki ini tidak berbeda jauh dengan sistem kerja baterai pada umumnya, dimana listrik didalam baterai tersebut dapat diisi ulang atau dilakukan pengisian.

Advertisements

Oleh karena itu, pada kesempatan hari ini kami ingin memberikan informasi mengenai berapa lama cas aki motor? Karena diantara kalian mungkin ada yang ingin melakukan pengisian daya listrik aki motor namun takut waktu pengisian terlalu lama, sehingga tidak ada waktu untuk melakukan hal tersebut.

Berapa Lama Cas Aki Motor
Sumber: carmudi.co.id
Advertisements

Fungsi Cas Aki Motor

Seperti yang sudah sedikit kami jelaskan diatas, melakukan cas atau pengisian aki merupakan salah satu fungsi untuk cara mengatasi aki soak. Karena fungsi cas aki sendiri ialah untuk mengisi kembali daya listrik yang telah habis pada aki. Sehingga setelah dilakukan pengisian daya listrik, aki akan kembali normal.

Secara umum, aki motor akan selalu terisi secara otomatis apabila sedang digunakan. Karena terdapat komponen yang memang memiliki fungsi untuk melakukan pengisian daya listrik aki motor, yaitu rotor magnet. Akan tetapi jika komponen tersebut rusak, maka pengisian daya tidak dapat dilakukan.

Hal tersebutlah yang dapat menjadi salah satu penyebab aki motor tekor, karena komponen untuk melakukan pengisian daya listrik tidak bekerja sebagaimana mestinya. Selain itu, penggunaan aksesoris tambahan yang membutuhkan listrik juga dapat menjadi penyebab aki motor tekor juga.

Berapa Biaya Cas Aki Motor

Biaya cas aki motor sendiri tidak memiliki patokan, karena setiap tempat akan memberikan biaya cas berbeda-beda. Namun pada umumnya, biaya cas aki motor ialah antara Rp 15.000 sampai Rp 35.000. Dan biasanya akan lebih mahal apabila waktu pengecasan dilakukan lebih cepat.

Karena tidak sedikit tempat pengisian aki yang memasang tarif berdasarkan dari tegangan listrik yang digunakan, pada umumnya pengisian aki dilakukan dengan daya 3 ampere. Namun dapat juga dilakukan dengan daya mencapai 5 ampere tergantung dari kapasitas aki dan peningkatan daya pengisian biasanya akan dipatok dengan harga berbeda.

Berapa Lama Cas Aki Motor

Setelah mengetahui beberapa hal tentang pengisian aki motor, lantas berapa lama waktu cas aki motor? Lama pengisian aki motor itu tergantung dari daya charge atau pengisi daya yang digunakan. Seperti telah kami bahas sedikit diatas, daya pengisian aki bisa menggunakan 3 ampere, 5 ampere dan seterusnya.

Dari daya tegangan charger tersebutlah dapat dibuat menjadi beberapa mode, yaitu mode cepat dan mode lambat. Untuk mode cepat yaitu menggunakan tegangan 3 ampere bisa memakan waktu kurang lebih adalah 30 menit sampai dengan 3 jam lama pengisian.

Sedangkan untuk mode lambat menggunakan tegangan 0,3 ampere bisa memakan waktu kurang lebih 10 jam sampai dengan 12 jam. Dengan hasil pengisian kedua mode tersebut pastinya berbeda, mode pengisian lambat biasanya lebih banyak digunakan karena dapat membuat aki menjadi lebih awet dibandingkan dengan menggunakan mode cepat.

Akhir Kata

Sekiranya cukup sekian dulu informasi dari Uji Kokoh yang membahas tentang berapa lama cas aki motor, semoga saja informasi yang baru kami sampaikan diatas tadi dapat memberikan tambahan informasi untuk kalian semuanya, terutama untuk yang membutuhkan.

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *