Biaya Cek Fisik Motor dan Mobil 2022 : Pengertian & Fungsi

Advertisements

Biaya Cek Fisik Motor – Pajak kendaraan ialah salah satu pembayaran yang diwajibkan kepada setiap pemilik kendaraan. Pembayaran pajak kendaraan sendiri terbagi menjadi dua, yaitu pajak tahunan dan pajak 5 tahunan.

Pajak tahunan ialah pajak yang wajib dibayarkan setiap 1 (satu) tahun sekali, sedangkan untuk pajak 5 (lima) tahunan ialah pajak yang wajib dibayarkan setiap 5 (lima) tahun sekali. Pada pajak 5 tahunan biasanya kendaraan akan mendapatkan STNK dan plat nomor baru.

Syarat biaya pajak tahunan dan pajak 5 (lima) tahunan sendiri sedikit berbeda, dimana syarat dan biaya pajak 5 (lima) tahunan sedikit lebih besar. Karena ada beberapa biaya tambahan seperti biaya penerbitan STNK dan TNKB dan juga cek fisik.

Advertisements

Maka dari itu, pada kesempatan ini kami ingin membahas tentang biaya cek fisik motor dan mobil, barang kali saja ada diantara kalian yang belum mengetahui berapa besarnya biaya cek fisik yang perlu dikeluarkan pada saat Bayar Pajak

Biaya Cek Fisik Motor dan Mobil
Advertisements

Apa Itu Cek Fisik

Cek fisik motor dan mobil ialah proses mencocokan Nomor Mesin dan juga Nomor Rangka pada kendaraan motor atau mobil dengan nomor yang berada pada surat kendaraan (STNK). Cek fisik juga menjadi salah syarat untuk pajak kendaraan 5 (lima) tahunan seperti yang sudah kami jelaskan diatas.

Jadi untuk kalian yang sekiranya akan melakukan pembayaran pajak kendaraan 5 (lima) tahunan, maka diwajibkan untuk melakukan cek fisik terlebih dahulu sebelum melakukan pembayaran pajak. Oleh karena itu, proses cek fisik biasanya dilakukan pada awal pada saat akan pembayaran pajak.

Fungsi Cek Fisik

Seperti yang sudah dijelaskan pada pengertian cek fisik yaitu untuk mencocokan nomor mesin dan rangka pada kendaraan dengan nomor yang berada pada STNK. Hal tersebut memiliki tujuan untuk memastikan jika kendaraan tersebut masih memiliki surat yang sah.

Apabila nomor mesin dan rangka pada kendaraan berbeda dengan nomor yang berada pada STNK, maka dapat dipastikan jika surat kendaraan tersebut bukan merupakan surat dari kendaraan tersebut. Dapat dipastikan jika kendaraan tersebut juga tidak dilengkapi dengan surat-surat.

Biaya Cek Fisik Motor

Lantas berapa besarnya biaya cek fisik motor? besarnya biaya cek fisik motor kurang lebih adalah Rp 10.000 sampai dengan Rp 20.000 dan biaya tersebut biasanya sudah dimasukan ke dalam biaya pajak. Sehingga kalian cukup membayar biaya pajak saja pada saat bayar pajak 5 (lima) tahunan.

Biaya Cek Fisik Mobil

Sedangkan untuk besarnya biaya cek fisik mobil sedikit lebih mahal dari biaya gesek nomor mesin motor, yaitu mencapai Rp 30.000 dan biaya tersebut juga sama dibayarkan pada saat membayar pajak. Jadi kalian tidak perlu membayar cek fisik mobil atau motor secara terpisah.

Cara Cek Fisik Motor dan Mobil

Untuk proses cek fisik sendiri dapat dilakukan pada awal sebelum kalian membayar pajak. Sebelum kalian daftar ke counter pembayaran pajak, maka kalian dapat menuju ke area cek fisik atau gesek nomor mesin yang biasanya sudah tersedia di kantor Samsat.

Setelah proses cek fisik selesai baru kalian daftar ke counter pembayaran pajak dan melakukan pembayaran pajak kendaraan, setelah itu kalian tinggal menunggu proses cetak STNK baru dan Plat Nomor baru. Dan proses pembayaran pajak 5 (lima) tahunan pun selesai.

Akhir Kata

Demikian itu informasi mengenai biaya cek fisik motor dan mobil yang sekiranya dapat Uji Kokoh berikan pada kesempatan hari ini, mudah-mudahan saja informasi yang baru saja kami berikan diatas bisa memberikan banyak manfaat untuk kalian semua.

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *