Biaya Ganti Komstir Motor : Fungsi, Harga & Cara Ganti

Advertisements

Biaya Ganti Komstir Motor – Kembali lagi pada kesempatan hari ini kami ingin memberikan informasi seputar biaya ganti komponen motor, dimana informasi yang akan kami berikan pada kesempatan hari ini adalah biaya ganti komstir motor.

Barang kali saja ada diantara kalian yang ingin ganti komstir motor namun belum mengetahui berapa biaya servisnya atau harga dari komponen tersebut. Maka dari itu, tidak ada salahnya bagi kalian untuk melihat terlebih dahulu informasi yang akan kami berikan hari ini.

Citayam

Karena selain memberikan informasi mengenai biaya ganti komstir, kami juga turut memberikan beberapa informasi lainnya seputar komstir motor. Mulai dari fungsi dan cara ganti secara lengkap, sehingga kalian tidak hanya mengetahui biaya servisnya saja.

Advertisements

Nah, untuk kalian yang sekiranya sudah ingin mengetahui bagaimana informasi seputar biaya ganti komstir secara lengkap, maka langsung saja bagi kalian untuk melihat informasi selengkapnya yang akan kami sajikan dibawah ini.

Biaya Ganti Komstir Motor
Advertisements

Fungsi Komstir Motor

Sebelum kami bahas lebih lanjut mengenai biaya ganti komstir, alangkah baiknya jika kalian ketahui fungsi dari komstir terlebih dahulu. Dimana fungsi komstir motor ialah untuk memberikan kenyamanan dalam berkendara terutama dalam mengendalikan motor.

Karena komstir motor terpasang pada besi yang langsung terhubung ke stang motor dan posisinya tepat diatas segitiga motor. Sehingga saat Segitiga Motor Bengkok, tidak menutup kemungkinan jika komstir motor akan ikut rusak akibat hal tersebut.

Harga Komstir Motor

Sedangkan untuk harga komstir motor itu sendiri bervariasi, tergantung dari merk dan juga tipe motor. Adapun untuk harga komstir motor matic ada yang dibandrol dengan harga Rp 110 ribu sampai dengan Rp 255 ribu. Namun ada juga komstir yang dibandrol dengan harga murah mulai dari Rp 34 ribu.

Jadi alangkah baiknya jika kalian ingin membeli komstir harus lebih teliti, karena ada beberapa merk komstir yang ditawarkan dengan harga murah. Namun kualitas yang ditawarkan masih kurang maksimal. Sehingga kami sarankan untuk membeli komstir dengan merk pabrikan produksi motor yang digunakan saja.

Cara Ganti Komstir Motor

Untuk kalian yang sekiranya ingin mengganti komstir motor sendiri, maka tidak ada salahnya apabila kalian melihat bagaimana cara ganti komstir motor sendiri. Karena untuk cara ganti komstir motor sebenarnya tergolong cukup mudah. Untuk lebih jelasnya, bisa langsung melihat caranya dibawah ini.

  • Silahkan buka semua sparkboard dan body bagian depan.
  • Setelah itu lepaskan roda depan dan juga kaliper atau rem depan.
  • Selanjutnya tinggal membuka baut berukuran 14 yang posisinya ada dibawah untuk melepaskan stang motor.
  • Selanjutnya tinggal membuka pengunci atas menggunakan obeng minus sembari dipukul ke arah untuk membuka baut, yaitu ke arah kiri.
  • Apabila semua pengunci telah terbuka semua, silahkan lepaskan shock depan.
  • Langkah selanjutnya tinggal melepaskan bearing atau komstir dengan cara di congkel menggunakan obeng minus. Namun harus dilakukan secara hati-hati agar tidak merusak poros kemudi atau segitiga motor.
  • Setelah bearing atau komstir terlepas, silahkan pasang yang baru dan jangan lupa untuk memberikan pelumas agar kemudi atau stang tidak berat dan bearing cepat aus.
  • Langkah selanjutnya tinggal memasang kembali komponen lainnya yang dilepaskan, seperti shockbreaker dan seterusnya sampai pemasangan roda depan.
  • Setelah itu proses penggantian komstir motor telah selesai.

Biaya Ganti Komstir Motor

Apabila kalian merasa kesulitan untuk mengganti komstir motor sendiri, alangkah baiknya jika kalian lakukan penggantian komstir di bengkel saja. Namun untuk penggantian komstir motor di bengkel diperlukan biaya.

Dimana biaya ganti komstir motor di bengkel sendiri cukup bervariasi, mulai dari Rp 130 ribu sampai dengan Rp 190 ribu. Biaya tersebut biasanya sudah termasuk harga komstir dan ongkos pemasangan. Jadi kurang lebih kalian persiapkan uang Rp 200 ribu rupiah untuk biaya ganti komstir motor di bengkel.

Akhir Kata

Demikian itu informasi mengenai biaya ganti komstir motor yang sekiranya dapat Uji Kokoh berikan pada kesempatan hari ini, mudah-mudahan saja informasi yang baru kami sampaikan diatas tadi dapat memberikan banyak manfaat.

Sumber Gambar:

  • GridOto.com
Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.