5 Biaya Service Motor Yamaha Di Bengkel Resmi 2021 : Oli & Kampas

Biaya Service Motor Yamaha – Melakukan service atau perawatan secara rutin merupakan salah satu hal yang harus dilakukan bagi setiap pemilik kendaraan bermotor. Hal tersebut bertujuan agar kendaraan yang dimiliki tetap nyaman untuk digunakan sehingga tidak mengganggu aktivitas yang sedang anda lakukan.

Melakukan service motor dapat dilakukan di bengkel resmi ataupun bengkel biasa yang mungkin sudah menjadi langganan anda. Kalau dari segi kualitas, service motor dibengkel biasa juga tidak kalah bagusnya dengan bengkel resmi. Bahkan bisa lebih menghemat biaya apabila anda memiliki langganan bengkel biasa yang bagus.

Namun untuk anda yang kurang merasa yakin melakukan service di bengkel biasa, alangkah baiknya apabila anda membawa motor anda ke bengkel resmi sesuai dengan kendaraan bermotor yang dimiliki. Karena dibengkel resmi sudah pasti mengetahui cara menangani berbagai permasalahan pada kendaraan yang anda miliki.

Akan tetapi, melakukan service motor di bengkel resmi biasanya memakan biaya yang jauh lebih besar bila dibandingkan dengan servis di bengkel biasa. Karena melakukan service di bengkel resmi terdapat pajak yang harus ditanggung oleh konsumen. Sehingga biaya service di bengkel resmi menjadi lebih mahal.

Biaya Service Motor Yamaha Di Bengkel Resmi

Biaya Service Motor Yamaha Di Bengkel Resmi

Untuk anda yang sekiranya memiliki motor yamaha dan kebetulan anda ingin melakukan service motor yamaha anda di bengkel resmi, namun anda masih belum mengetahui berapa biaya service motor yamaha tersebut. Maka anda bisa melihat pembahasan yang akan kami berikan untuk hari ini.

Untuk biaya servis motor yang akan kami bahas hari ini dibagi menjadi dua, yaitu biaya servis motor ringan dan biaya servis motor berat. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, anda bisa langsung melihat pembahasannya dibawah ini.

Biaya Service Motor Ringan

Service motor ringan merupakan service rutin yang umumnya dilakukan, seperti membersihkan karburator atau injeksi, kemudian memberishkan filter atau saringan pada motor, selain itu biasanya juga menukar oli mesin atau menambahkan oli gardan untuk jenis motor matic. Dan masih ada beberapa hal lainnya yang dilakukan.

1. Karburator / Injeksi

Biaya Service Motor Yamaha Karburator

Hal pertama yang biasanya dilakukan dalam servis ringan adalah memberishkan karburator atau infus injeksi. Hal ini bertujuan agar aliran bahan bakar pada motor menjadi lebih lancar dan bersih, sehingga pembakaran yang dilakukan pada mesin lebih bagus dan mesin dapat menghasilkan performa yang lebih maksimal.

Untuk biaya membersihkan karburator umumnya dibandrol dengan harga Rp 20.000 sampai Rp 30.000, sedangkan untuk biaya infus injeksi biasanya dibandrol dengan harga Rp 50.000 sampai Rp 60.000.

2. Filter / Saringan

Biaya Service Motor Filter

Hal selanjutnya yang dilakukan dalam perawatan rutin ialah membersihkan saringan atau filter yang terpasang pada karburator. Dimana filter ini berfungsi untuk menyaring udara yang masuk kedalam karburator. Oleh karena itu, filter atau saringan harus dibersihkan secara rutin, karena sudah pasti filter ini banyak menyaring kotoran pada udara.

Adapun untuk biaya untuk membersihkan filter biasanya dibandrol dengan harga Rp 10.000 sampai Rp 15.000, tergantung dari jenis atau tipe kendaraan. Karena setiap tipe kendaraan memiliki tingkat kesulitan untuk membongkar filter yang berbeda-beda.

3. Oli Mesin

Mengganti Oli Mesin

Service ringan yang selanjutnya dilakukan adalah mengganti oli mesin, penggantian oli mesin menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan secara rutin agar kondisi mesin tetap terjaga. Adapun untuk biaya ganti oli itu besarnya sama dengan biaya membersihkan filter, yaitu Rp 10.000 sapai Rp 15.000.

Namun untuk harga OLI MESIN motor itu sendiri berbeda-beda, tergantung dari merek oli mesin yang digunakan. Apabila anda memilih oli mesin yang bagus, pastinya harga oli mesin tersebut akan mahal.

4. Kampas Rem

Mengganti Kampas Rem Motor

Hal terakhir yang biasanya dilakukan dalam service ringan adalah memeriksa kampas rem, meskipun umur kampas rem biasanya lama. Namun tidak ada salahnya untuk memeriksa kampas rem pada saat melakukan service. Apabila anda hanya melakukan pemeriksaan saja, maka tidak dikenakan biaya dalam tindakan tersebut.

Akan tetapi, untuk penggantian kampas rem baru lah dikenakan biaya pemasangan. Untuk biaya pemasangan kampas rem kurang lebih juga sama dengan biaya ganti oli dan membersihkan filter.

Biaya Service Berat

Biaya Service Berat

Selain service ringan, terdapat juga biaya untuk servis motor berat. Servis berat biasanya servis yang dilakukan pada bagian mesin yang perlu membongkar mesin untuk menggnati komponen – komponen yang ada didalam mesin. Adapun untuk biaya service motor yamaha berat ini biasanya tergantung dari kerusakan pada motor yamaha itu sendiri.

Sehingga biaya service untuk jenis servis ini tidak ada patokannya, karena permasalahan yang sama bisa jadi memiliki penanganan yang berbeda. Sehingga untuk biaya servicenya pun akan berbeda. Untuk anda yang ingin mengetahui biaya dari service berat, alangkah baiknya jika langsung mendatangi bengkel resmi Yamaha.

Demikian itu sedikit pembahasan tentang biaya service motor yamaha yang Ujikokoh.com dapat berikan kepada anda pada kesempatan sekarang ini, mudah-mudahan saja pembahasan tentang biaya dari servis motor yamaha yang baru kami sampaikan ini bisa memberikan banyak sekali manfaat untuk anda.

You May Also Like

About the Author: Suhendar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *