4 Biaya Service Radiator Mobil dan Cara Merawat Secara Benar

Biaya Service Radiator Mobil – Radiator adalah alat yang digunakan untuk menukar energi panas dari satu medium ke medium yang lainnya dengan tujuan untuk mendinginkan. Radiator umumnya dipakai untuk kendaraan bermotor, baik itu roda dua ataupun roda empat.

Akan tetapi, tidak jarang juga dipakai pada sebuah mesin yang membutuhkan pendingin ekstra. Seperti misalnya sebuah mesin produksi yang bekerja secara berat atau bekerja pada waktu yang lama. Sehingga membutuhkan sebuah alat untuk mendinginkan mesin tersebut.

Letak dari radiator pada kendaraan biasanya berada didepan mesin atau berada pada posisi yang memberikan keuntungan pada sistem pendingin. Hal tersebut bertujuan supaya mesin bisa mendapatkan pendinginan yang lebih maksimal sesuai yang dibutuhkan oleh mesin.

Radiator sendiri terbagi menjadi beberapa bagian, dimana komponen-komponen radiator itu sendiri diantaranya adalah upper tank (tangki air bagian atas), lower tank (tangki air bagian bawah) dan yang terakhir adalah radiator core yang terdapat pada bagian tengah.

Biaya Service Radiator Mobil dan Cara Merawat

Biaya Service Radiator Mobil dan Cara Merawat

Pada kesempatan ini, Ujikokoh.com akan memberikan pembahasan tentang biaya service radiator mobil bersamaan dengan cara merawat radiator mobil. Bagi anda yang sekiranya sedang mengalami permasalahan radiator pada mobil, maka tidak ada salahnya melihat pembahasan yang akan kami berikan sekarang ini.

Dengan anda melihat pembahasan yang akan kami berikan hari ini, anda akan mengetahui berapa harga servis radiator mobil dan bagaimana cara merawat radiator mobil agar tetap awet atau tahan lama.

Biaya Service Radiator Mobil

Untuk biaya servis radiator mobil yang akan kami berikan hari ini merupakan biaya yang ada di bengkel radiator mobil biasa atau bukan di bengkel resmi dari mobil tersebut. Namun untuk biaya servis radiator mobil di bengkel terdekat dengan BIAYA SERVICE MOBIL di bengkel resmi umumnya memiliki selisih harga yang sedikit.

Adapun untuk rincian biaya service radiator mobil yang akan kami berikan sekarang ini bisa langsung anda lihat secara lengkap dibawah ini.

1. Biaya Cek Radiator

Biaya Cek Radiator

Hal pertama yang dilakukan sebelum melakukan service radiator mobil adalah melakukan pengecekan terhadap radiator mobil, dimana pada tahap pertama ini biasanya bengkel sudah memasang tarif untuk langkah pengecekan radiator mobil. Adapun untuk biaya cek radiator mobil kurang lebih adalah Rp 100 ribu sampai Rp 150 ribu.

Apabila pada tahapan ini radiator mobil tidak mengalami masalah, maka langkah-langkah selanjutnya tidak dibutuhkan. Maka ongkos yang perlu anda keluarkan hanya itu saja. Akan tetapi, jika dalam tahap pengecekan terdapat kerusakan. Maka perlu dilanjutkan ke tindakan yang selanjutnya.

2. Harga Menguras Radiator

Harga Menguras Radiator

Apabila pada tahapan pengecekan radiator mobil yang anda miliki tidak ada masalah, namun anda ingin mengganti air radiator pada mobil anda. Maka tindakan tersebut juga terdapat biaya servisnya yang perlu dikeluarkan. Dimana biaya service mengurasi air radiator berkisar antara Rp 20 ribu sampai Rp 50 ribu.

Biaya service tersebut belum termasuk dengan air khusus radiator mobil. Sehingga untuk anda yang ingin menggunakan air khusus radiator mobil, maka anda harus mengeluarkan kembali biaya tamahan untuk membeli air radiator tersebut.

3. Biaya Melepas Radiator

Biaya Melepas Radiator

Hal selanjutnya yang dilakukan untuk tahapan servis radiator mobil adalah melepas radiator mobil, pada langkah ini biasanya bengkel sudah memasang tarif. Adapun perkiraan harga melepas dan memasang radiator mobil berksiar antara Rp 200 ribu hingga Rp 250 ribu.

Langkah ini biasanya dilakukan apabila radiator mobil mengalami kerusakan, apabila tidak terjadi kerusakan pada radiator. Maka langkah ini biasanya tidak akan dilakukan oleh pihak bengkel. Karena apabila yang dilakukan hanya pengecekan atau menguras air radiator, langkah ini memang tidak diperlukan.

4. Harga Servis Radiator

Harga Servis Radiator

Sedangkan untuk biaya service radiator mobil sendiri itu tergantung dari kerusakan yang dialami oleh radiator. Namun dilihat dari beberapa kerusakan yang umumnya terjadi pada radiator mobil, biasanya bengkel akan mematok harga mulai dari Rp 150 ribu sampai dengan Rp 350 ribu.

Namun untuk biaya service yang dikenakan pada bengkel-bengkel resmi biasanya berkisar dari Rp 250 ribu sampai Rp 500 ribu, hal tersebut tergantung berdasarkan dari tipe mobil dan juga tingkat kerusakan radiator mobil itu sendiri.

Cara Merawat Radiator Mobil

Cara Merawat Radiator Mobil

Kerusakan pada radiator mobil sebenarnya dapat anda antisipasi dengan cara merawat radiator mobil secara benar dan berkala, karena semua benda apabila dirawat dengan benar akan memiliki umur penggunaan yang lebih lama dibandingkan dengan benda-benda yang kurang terawat.

Termasuk juga pada radiator mobil. Apabila tidak merawat radiator mobil dengan baik dan benar maka radiator akan cepat rusak. Adapun beberapa hal yang dapat dilakukan untuk merawat radiator mobil diantaranya adalah gunakan air coolant

Air coolant adalah cairan khusus yang memang digunakan untuk radiator dan cairan ini juga memiliki tingkat didih yang jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan air biasa. Selain itu, penggunaan air biasa juga bisa menyebabkan korosi lebih cepat pada radiator, karena kandungan zat besi pada air biasa yang sangat tinggi.

FAQ

Kapan harus servis radiator mobil?

Waktu ideal untuk servis radiator mobil adalah setiap 6 bulan dan paling lama setiap 1 tahun.

Berapa lama air radiator mobil diganti?

Penggantian air radiator dapat dilakukan apabila mobil telah menempuh jarak 20.000 sampai 40.000 km.

Rasanya cukup sekian dulu informasi tentang biaya service radiator mobil yang baru saja kami berikan bersama informasi tentang cara merawat radiator mobil, mudah-mudahan saja informasi yang kami berikan diatas dapat memberikan banyak manfaat untuk anda.

You May Also Like

About the Author: Suhendar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *