Biaya Servis CVT Motor 2023 : Honda, Yamaha & Suzuki

Advertisements

Biaya Servis CVT Motor CVT (Continuously Variable Transmission) merupakan salah satu jenis transmisi yang berfungsi untuk meneruskan putaran dari mesin pada bagian roda kendaraan, sehingga kendaraan tersebut dapat bergerak pada saat tuas gas ditarik.

Cara kerja CVT sendiri bekerja secara otomatis, berbeda dengan sistem transmisi manual yang perpindahan gigi nya harus dilakukan secara manual. Ditambah lagi, untuk tipe sport biasanya dirancang dengan kopling atau clutch terpisah, sehingga perlu menekan kopling terlebih dahulu sebelum melakukan perpindahan gigi.

Dilihat dari cara penggunaannya, sistem transmisi CVT pada motor atau mobil memang lebih mudah untuk digunakan. Karena para pengguna cukup menarik atau menekan tuas gas saja, selebihnya untuk perpindahan gear atau gigi pada transmisi akan bekerja secara otomatis sesuai dengan kebutuhan.

Advertisements

Namun biaya servis CVT sendiri tergolong cukup mahal, apabila memang terjadi kerusakan parah pada CVT. Nah, untuk kalian yang sekiranya ingin melakukan servis CVT motor, namun belum mengetahui berapa biaya yang perlu dikeluarkan. Maka kalian bisa melihat informasi yang akan kami berikan hari ini.

Biaya Servis CVT Motor
Sumber Gambar: gridoto.com
Advertisements

Fungsi Servis CVT Motor

Sebelum kami bahas lebih lanjut mengenai biaya servis, alangkah baiknya jika kalian ketahui terlebih dahulu fungsi servis CVT motor. Dimana salah satu fungsi utama merawat CVT motor adalah agar performa dari CVT itu sendiri tetap terjaga. Karena tidak jarang CVT yang kurang dirawat, memiliki usia pakai lebih sebentar.

Sehingga kami sarankan untuk melakukan servis CVT secara berkala, agar usia pakai CVT lebih lama. Selain itu, melakukan servis secara berkala juga mengurangi resiko terjadinya kerusakan yang parah. Karena seperti yang telah kami jelaskan diatas, CVT yang sudah rusak parah akan membutuhkan biaya servis yang mahal.

Biaya Servis CVT Motor

Adapun untuk biaya service CVT sendiri sebenarnya sangat murah, yaitu tidak lebih dari Rp 50.000 untuk semua tipe motor, baik itu motor matic Honda, Yamaha atau Suzuki. Akan tetapi biaya servis tersebut hanya berlaku untuk servis berkala, yaitu untuk membersihkan CVT saja, belum termasuk untuk harga sparepart CVT.

Sedangkan untuk harga sparepart itu sendiri tergantung dari sparepart yang akan diganti, sehingga besar kecilnya biaya servis yang dikeluarkan tergantung dari sparepart yang akan diganti. Sebagai contoh untuk harga sparepart Honda Beat yang diantaranya adalah sebagai berikut.

SparepartHarga
CVT BeltRp 73.000 – Rp 86.000
RollerRp 47.000 – Rp 53.000

Waktu Servis CVT Motor

Sedangkan untuk waktu servis CVT motor sendiri berdasarkan dari buku panduan ataupun rekomendasi bengkel resmi adalah setiap motor tersebut telah menempuh jarak 6.000 – 10.000 km atau dalam kisaran waktu 3 sampai 5 bulan, namun hal tersebut tergantung dari kondisi pemakaian.

Apabila pemakaian motor terlalu berlebihan, maka hal tersebut dapat membuat kerja CVT menjadi berat. Dan hal tersebut pastinya membutuhkan servis lebih cepat dari yang sudah ditentukan, atau pada saat CVT motor sudah terasa tidak nyaman untuk digunakan saat berkendara.

Pada saat kondisi tersebut, alangkah baiknya jika kalian segera melakukan servis CVT. Dengan tujuan untuk mengetahui penyebab CVT tidak nyaman digunakan, barang kali saja ada beberapa masalah pada komponen CVT dan apabila dibiarkan berlarut-larut, maka hal tersebut dapat merusak CVT itu sendiri.

Akhir Kata

Mungkin cukup sekian dulu informasi mengenai biaya servis CVT motor yang pada kesempatan hari ini dapat Uji Kokoh berikan untuk kalian, mudah-mudahan saja informasi yang baru kami sampaikan diatas tadi dapat memberikan tambahan informasi bagi kalian semuanya.

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *