Biaya Servis Helm KYT, INK : Ganti Busa & Repaint

Advertisements

Biaya Servis Helm – Helm merupakan salah satu bentuk pelindung kepala yang terbuat dari bahan metal atau bahan keras lainnya seperti misalnya serta resin, kevlar ataupun plastik. Fungsi helm secara umum melindungi kepala pengendara apabila terjadi sebuah benturan yang sangat keras.

Karena fungsi helm sangat krusial untuk melindungi kepala dari cedera pada saat terjadi benturan, maka dari itu diperlukan sebuah helm SNI (Standar Nasional Indonesia) atau helm yang sudah memenuhi standar kualifikasi untuk layak digunakan bagi pengendara.

Kenyamanan pada saat menggunakan helm bisa mengganggu pengendara itu sendiri, terlebih lagi untuk helm yang sudah lama atau bahkan memiliki kerusakan. Hal tersebut mungkin bisa mengganggu para pengendara dan dapat mengakibatkan suatu hal yang tidak diinginkan.

Advertisements

Maka dari itu, bagi kalian yang helmnya sudah tidak nyaman digunakan atau bahkan rusak. Alangkah baiknya jika kalian memperbaiki helm tersebut agar nyaman kembali digunakan. Salah satu cara memperbaiki helm bisa menggunakan jasa servis helm terdekat.

Biaya Servis Helm
Advertisements

Model Helm Motor

Sebelum kami lanjutkan ke informasi biaya service helm, alangkah baiknya jika kalian mengetahui terlebih dahulu beberapa jenis atau model helm. Karena biaya servis helm sendiri ditentukan berdasarkan dari jenis helm itu sendiri. Selain itu, merk helm juga akan berpengaruh terhadap biaya service.

Secara umum terdapat 5 (lima) jenis helm, yaitu helm full face, half face, open face, modular/flip up dan helm cross/off road. Dari kelima jenis helm tersebut, jenis helm yang memiliki biaya servis paling banyak adalah jenis helm full face dan helm cross/off road.

Karena bentuk helm yang full menutupi semua wajah, sehingga dibutuhkan lebih banyak material. Ditambah lagi, busa helm yang dibutuhkan juga lebih banyak. Oleh karena itu, biaya servis helm full face lebih mahal dibandingkan dengan biaya service helm half face atau open face.

Biaya Servis Helm

Lantas berapa harga atau biaya service helm itu? Besarnya biaya yang diperlukan tergantung dari jenis servis, dimana terdapat 3 (tiga) jenis servis yang dapat dilakukan, yaitu ganti kaca, ganti busa dan cat ulang helm. Besarnya biaya servis yang dikeluarkan juga tergantung dari jenis dan merk helm itu sendiri.

Biaya Ganti Kaca Helm

Biaya ganti kaca helm sendiri tergantung dari jenis helm itu sendiri, kemudian berdasarkan dari jenis kaca yang akan digunakan. Apakah itu kaca bening, kaca hitam, kaca pelangi atau visor. Dari setiap jenis kaca helm itu sendiri memiliki harga yang berbeda-beda.

Jadi kisaran harga atau biaya untuk ganti kaca helm itu mulai dari Rp 20.000 sampai dengan Rp 60.000 sesuai dengan jenis helm, kaca dan merk helm itu sendiri.

Biaya Ganti Busa Helm

Sedangkan untuk biaya ganti busa helm juga memiliki beberapa varian, yaitu biaya untuk ganti busa satuan atau full set. Biaya ganti busa satuan biasanya lebih murah, karena penggantian busa dilakuakn perbagian, misalnya busa bagian pipi saja atau busa bagian bagian leher saja.

Jadi untuk kisaran harga atau biaya ganti busa helm bisa mencapai Rp 30.000 sampai dengan Rp 90.000 tergantung dari ukuran helm, merk dan juga paket busa yang ingin kalian gunakan.

Biaya Cat Ulang Helm

Biaya servis helm terakhir adalah biaya cat ulang. Untuk biaya cat ulang atau repaint helm juga bervariasi berdasarkan dari jenis helm (helm full face atau half face) dan juga jenis cat (polos atau motif) yang ingin digunakan. Adapun besarnya biaya cat ulang helm full face kurang lebih Rp 550.000 dan half face Rp 450.000.

Harga tersebut merupakan untuk jenis cat polos atau tanpa motif. Sedangkan untuk kalian yang ingin melakukan cat ulang helm dengan motif bisa dikenakan biaya mulai dari Rp 1,8 juta sampai dengan Rp 2,5 juta, tergantung dari motif apa yang ingin di cat pada helm.

Akhir Kata

Demikian itu informasi tentang biaya servis helm yang sekiranya dapat Uji Kokoh berikan pada kesempatan hari ini, mudah-mudahan saja informasi yang baru saja kami berikan diatas bisa memberikan tambahan informasi untuk kalian semuanya. Terutama untuk kalian-kalian yang belum mengetahui informasi tersebut.

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.