2 Biaya Tune Up Mobil di Bengkel Resmi 2021 : Waktu & Manfaat

Biaya Tune Up Mobil – Tune Up mobil ialah proses penyetelan ulang pada bagian mesin mobil, supaya performa mesin kembali ke performa awal. Hal utama yang dilakukan pada saat tune up ialah membersihkan seluruh bagian komponen, kemudian menyetel ulang komponen tersebut.

Apabila pada saat proses tune up mobil terlihat ada komponen rusak, maka komponen tersebut akan langsung diganti atau mungkin diperbaiki apabila komponen tersebut memang masih dapat diperbaiki. Jika komponen rusak tersebut tidak diketahui lebih awal, maka hal tersebut dapat menimbulkan kerusakan pada komponen lainnya.

Oleh karena itu, salah satu dari manfaat tune up mobil ialah menghindari pembengkakan biaya servis mobil. Pada saat kerusakan komponen tersebut sudah menjalar ke komponen lainnya, maka hal tersebut dapat menambah biaya service mobil menjadi lebih besar.

Jika anda masih belum mengetahui berapa biaya yang perlu dipersiapkan apabila mobil anda melakukan tune up. Maka tidak ada salahnya jika anda melihat informasi tentang biaya tune up mobil yang akan kami bahas pada kesempatan hari ini.

Manfaat Tune Up Mobil

Namun sebelum kami lanjutkan ke informasi biaya service mobil. Kami juga ingin memberikan sedikit informasi tentang manfaat tune up mobil, sebagai informasi tambahan bagi anda. Barang kali saja ada yang masih merasa malas untuk melakukan service mobil.

Siapa tahu saja setelah anda mengetahui manfaat tune up, jika anda awalnya mungkin merasa malas untuk service jadi rajin melakukan servis sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Jika anda ingin mengetahui secara lengkap infromasi tersebut, bisa langsung melihatnya dibawah ini.

1. Menjaga Kondisi Mesin Mobil

Menjaga Kondisi Mesin Mobil

Dengan melakukan tune up mobil secara rutin, maka hal tersebut dapat menjaga kondisi mesin mobil. Kondisi mesin mobil yang nyaman digunakan tentunya memiliki sedikit kerusakan dan untuk meminimalisir sedikitnya kerusakan tersebut ialah dengan cara tune up secara rutin.

Anda bisa coba membandingkan beberapa mobil yang jarang di tune up dengan mobil yang sering di tune up, kondisi kedua mobil tersebut pastinya akan terasa sangat berbeda. Oleh karena itu, melakukan tune up secara rutin dapat menjaga kondisi mesin mobil.

2. Performa Mesin Mobil Lebih Maksimal

Performa Mesin Mobil Lebih Maksimal

Dengan menjaga kondisi mesin mobil tetap bagus, maka hal tersebut menjadikan performa mobil menjadi lebih maksimal. Coba saja anda menggunakan mobil yang tidak pernah di tune up atau service, performa mesinnya pasti akan sangat jauh berbeda dengan mobil yang secara rutin melakukan tune up.

Selain performa mesin menjadi lebih maksimal, umur mesin juga akan jauh lebih panjang. Karena komponen-komponen mesin akan lebih terjaga apabila melakukan tune up secara rutin. Oleh karena itu, melakukan tune up secara rutin itu sangat dianjurkan.

3. Menghindari Pembengkakan Biaya Servis

Menghindari Pembengkakan Biaya Servis

Manfaat utama apabila melakukan tune up secara rutin ialah menghindari pembengkakan biaya service. Apabila mobil jarang di tune up atau service, maka akan ada komponen yang memiliki kerusakan parah. Hal tersebut nantinya dapat merusak beberapa komponen lainnya.

Apabila komponen lainnya sudah sampai rusak juga, maka hal tersebut akan menambah biaya service yang perlu dikeluarkan. Karena jika tune up dilakukan lebih awal atau sesuai jadwal, maka kerusakan komponen tersebut tidak akan menjalar.

Waktu Tune Up Mobil

Waktu Tune Up Mobil

Setelah mengetahui apa saja yang menjadi manfaat tune up mobil, maka anda juga perlu mengetahui kapan waktu tune up mobil? Dimana hal ini biasanya sudah disarankan oleh pihak bengkel resmi, sesuai dengan catatan riwayat service yang terdapat pada buku service.

Waktu tune up mobil biasanya 1.000 km pertama pada saat mobil baru digunakan, kemudian bertambah menjadi 10.000 km dan seterusnya sesuai dengan panduan yang terdapat pada buku service. Namun untuk mobil yang setiap hari dipakai untuk perjalanan jauh, maka bisa melakukan tune up lebih sering.

Karena waktu kerja mobil yang jarang digunakan dan sering digunakan pastinya akan lebih banyak waktu kerja yang mobilnya sering digunakan. Dengan waktu kerja yang jauh lebih banyak, pastinya hal tersebut membuat kondisi mesin lebih cepat rusak.

Oleh karena itu, untuk mobil yang sering digunakan apalagi sering digunakan untuk perjalanan jauh, alangkah baiknya melakukan tune up secara rutin. Akan tetapi hal tersebut akan berimbas pada biaya tune up mobil yang menjadi lebih banyak, karena lebih sering melakukan tune up.

Biaya Tune Up Mobil

Setelah anda mengetahui beberapa hal lainnya seputar tune up mobil, maka saatnya kembali ke pokok pembahasan yaitu biaya tune up mobil. Dimana kami akan memberikan dua informasi biaya, yaitu biaya yang dikeluarkan di bengkel resmi dan bengkel umum.

Karena ada beberapa orang yang mungkin lebih suka service atau tune up di bengkel resmi, namun ada juga yang lebih suka melakukannya di bengkel umum atau bengkel langganan karena penanganannya jauh lebih bagus dibandingkan bengkel resmi.

Biaya Tune Up Mobil di Bengkel Resmi

Biaya Tune Up Mobil di Bengkel Resmi

Biaya tune up di bengkel resmi biasanya akan jauh lebih mahal dibandingkan dengan biaya tune di bengkel umum, hal tersebut dikarenakan bengkel resmi jarang melakukan perbaikan kepada komponen. Bengkel resmi biasanya lebih sering melakukan penggantian komponen ketimbang menggantinya.

Biaya tune up di bengkel resmi umumnya dibandrol antara kisaran harga 300 ribu rupiah sampai dengan 5 juta rupiah. Biaya tersebut diambil berdasarkan data BIAYA SERVICE MOBIL TOYOTA yang telah kami bahas sebelumnya, hal tersebut juga tergantung dari tipe mobil dan kerusakan komponen.

Sedangkan bagi pengguna mobil Daihatsu, biaya tune up yang umumnya dipatok untuk bengkel resmi Daihatsu ialah antara 300 ribu sampai dengan 1 juta rupiah. Namun hal tersebut juga bisa mengalami kenaikan, karena kerusakan komponen yang sangat parah.

Biaya Tune Up Mobil di Bengkel Umum

Biaya Tune Up Mobil di Bengkel Umum

Sedangkan untuk biaya tune up mobil di bengkel umum ini sangat bervariasi, karena hal ini biasanya tergantung dari ke dekatan antara pemilik mobil dan bengkel. Jika pemilik bengkel tersebut merupakan teman anda, maka biaya yang dikeluarkan cenderung akan lebih sedikit.

Akan tetapi yang tidak dekat bahkan tidak mengenal pemilik bengkel, biasanya akan mendapatkan biaya tune up yang lebih mahal. Namun biaya tune up di bengkel umum masih tetap lebih murah dibandingkan dengan biaya tune up di bengkel resmi.

Kesimpulan

Pemilihan lokasi tune up baik di bengkel resmi atau umum itu tergantung dari selera dan kepercayaan masing-masing pemilik mobil, karena ada yang merasa lebih cocok tune up di bengkel resmi dan ada juga yang lebih merasa cocok tune up di bengkel umum.

Tidak ada perbedaan signifikan antara tune up di bengkel resmi atau umum, hal tersebut kembali lagi pada kepercayaan terhadap mekanik yang melakukan tune up mobil tersebut. Dengan ini selesai sudah informasi tentang biaya tune up mobil dari Ujikokoh.com, semoga saja informasi ini benar-benar bermanfaat untuk anda.

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *