10 Cara Cek Pajak Online Jateng 2021 dan Cara Bayar Lengkap

Cek Pajak Online Jateng – Perkembangan dunia digital saat ini terbilang sudah sangat pesat, hampir semua hal dapat dilakukan secara online. Mulai dari berbelanja dan membayar berbagai macam tagihan termasuk membayar pajak secara online saat ini sudah dapat dilakukan.

Hal tersebut pastinya akan lebih mempermudah setiap orang, terutama bagi orang-orang yang memiliki kesibukan super tinggi yang menyebabkan orang tersebut harus melakukan semua kegiatan secara multitasking. Agar semua pekerjaan dapat dikerjakan tepat waktu dan memiliki hasil yang maksimal.

Untuk anda yang sekiranya tidak memiliki waktu untuk membayar pajak secara langsung, maka saat ini anda dapat melakukan pembayaran pajak secara oinline. Selain dapat melakukan pembayaran secara online, anda juga dapat melakukan cek pajak kendaraan secara online melalui sejumlah situs atau aplikasi yang sudah tersedia.

Untuk memeriksa atau cek pajak online disetiap daerah itu memiliki tempat yang berbeda-beda, seperti salah contohnya cara cek pajak DKI Jakarta dapat dilakukan melalui situs Cek RANMOR DKI Jakarta. Sehingga para pengguna harus memperhatikan tempat untuk memeriksa pajak secara teliti.

Apabila tempat untuk cek pajak online yang anda gunakan tidak sesuai dengan tempat anda membeli kendaraan, maka data kendaraan bermotor yang anda miliki kemungkinan besar tidak akan muncul.

Cara Cek Pajak Online Jateng dan Cara Bayar

Cara Cek Pajak Online Jateng dan Cara Bayar

Bagi anda yang bertempat tinggal di wilayah Jateng (Jawa Tengah) dan kebetulan anda ingin memeriksa pajak kendaraan bermotor yang anda miliki secara online, maka saat ini sudah terdapat banyak pilihan cara cek pajak online jateng yang dapat anda gunakan.

Untuk anda yang sudah ingin mengetahui cara cek pajak online jateng secara lengkap, maka anda bisa langsung melihat beberapa pilihan cara cek pajak kendaraan bermotor secara online yang dapat anda gunakan sebagai berikut.

Cara Cek Pajak Jateng via SMS

Cara Cek Pajak Jateng via SMS

Cara memeriksa pajak kendaraan bermotor yang pertama dapat dilakukan via SMS dengan biaya per SMS adalah Rp 1.000. Adapun untuk cara ceknya cukup dengan mengetik “JATENG(spasi)Nomor Polisi Kendaraan (Plat Nomor)” kemudian kirim SMS ke 9600.

Setelah anda mengirimkan SMS, anda akan mendapatkan SMS balasan berupa detail informasi pajak dari kendaraan bermotor dengan Nomor Polisi yang telah anda masukan. Sehingga anda juga dapat memeriksa biaya pajak kendaraan bermotor milik siapa saja.

Cara Cek Pajak via Website

Cara Cek Pajak Jateng via Website

Cara cek pajak online yang selanjutnya dapat anda lakukan melalui website resmi dari Pemprov Jawa Tengah yang dapat anda akses di http://dppad.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan/

Pada situs tersebut anda dapat memeriksa detail pajak kendaraan bermotor dengan cara memasukan Nomor Polisi Kendaraan sama seperti saat memeriksa melalui SMS. Setelah anda memasukan Nomor Polisi Kendaraan, nanti anda dapat melihat detail informasi pajak kendaraan tersebut secara lengkap.

Cara Cek Pajak via Aplikasi

Untuk cara selanjutnya, anda dapat menggunakan aplikasi bernama SAKPOLE e-SAMSAT JATENG. Aplikasi SAKPOLE (Sistem Administrasi Kendaraan Pajak Online) merupakan layanan jaringan elektronik yang dibuat oleh tim pembina Samsat Provinsi Jawa Tengah yang didasarkan oleh peraturan serta UU mengenai pelayanan SAMSAT secara online.

Adapun untuk langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk cek pajak online adalah sebagai berikut:

Unduh Aplikasi Sakpole

Unduh Aplikasi Sakpole

Bagi anda yang belum memiliki aplikasi SAKPOLE, maka anda dapat mengunduh aplikasi tersebut di Playstore terlebih dahulu. Anda dapat mencari aplikasi tersebut pada kolom pencarian dengan mengetik “SAKPOLE”. Setelah anda menemukan aplikasi tersebut, silahkan anda unduh aplikasi tersebut dan instal aplikasi tersebut sampai selesai.

Pilih Menu Pendataran

Pilih Menu Pendataran

Setelah proses penggunduhan dan penginstalan selesai, selanjutnya buka aplikasi tersebut. Didalam aplikasi tersebut anda bisa melakukan berbagai macam kegiatan, seperti memeriksa pajak kendaraan, melakukan pembayaran pajak dan sebagainya.

Untuk cek pajak kendaraan secara online, anda bisa memilih menu “Pendaftaran” kemudian masukan Nomor Polisi Kendaraan yang ingin anda periksa.

Pilih Menu Informasi Pajak Kendaraan

Pilih Menu Informasi Pajak Kendaraan

Setelah anda memasukan Nomor Polisi Kendaraan, kemudian anda pilih menu “Informasi Pajak Kendaraan”. Agar anda dapat melihat semua detail pajak dari kendaraan bermotor yang Nomor Polisinya telah anda masukan secara lengkap.

Pada rincian pajak kendaraan juga akan terdapat informasi seputar kendaraan bermotor tersebut mulai dari NIK yang terdaftar, jenis kendaraan, merk kendaraan, tahun perakitan, warna dasar kendaraan dan seterusnya secara lengkap.

Cara Bayar Pajak Online

Cara Bayar Pajak Online

Setelah anda mengetahui besarnya jumlah pajak kendaraan yang harus dibayarkan, maka anda dapat melakukan pembayaran secara online. Adapun untuk CARA BAYAR PAJAK ONLINE ini dapat dilakukan juga secara langsung pada aplikasi SAKPOLE, karena memang sudah terdapat menu pembayaran pada aplikasi tersebut.

Namun anda juga dapat melakukan cara pembayaran ditempat lainnya seperti melakukan pembayaran melalui Mobile Banking, melalui situs-situs E-Commerce yang telah menyediakan jasa pembayaran pajak atau dapat dibayarkan melalui minimarket seperti Indomaret dan Alfamart.

Itulah pembahasan tentang cara cek pajak online Jateng yang pada kesempatan ini dapat Ujikokoh.com berikan kepada anda, kami berharap pembahasan yang baru kami sampaikan hari ini dapat memberikan banyak-banyak manfaat untuk anda-anda sekalian semuanya.

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *