3 Cara Kerja Auto Brake Hold Pada Mobil Matic : Fungsi & Pengertian

Advertisements

Cara Kerja Auto Brake Hold – Perkembangan dunia otomitif memang sangat pesat, hal tersebut bisa dilihat dengan banyaknya fitur-fitur canggih yang mulai disematkan pada kendaraan. Terlebih lagi untuk kendaraan roda empat yang banyak mengalami perkembangan.

Mobil keluaran saat ini sudah dilengkapi dengan berbagai macam fitur canggih, mulai dari headunit layar sentuh, kamera parkir, auto brake hold dan masih banyak lagi. Sehingga para pengguna Mobil Matic keluaran terbaru saat ini sudah sangat dimanjakan.

Nah, pada kesempatan ini, Uji Kokoh ingin memberikan informasi tentang cara kerja auto brake hold. Bagi kalian yang mungkin belum pernah melihat secara langsung mobil-mobil keluaran terbaru saat ini, mungkin masih merasa asing dengan fitur brake hold.

Advertisements

Oleh karena itu, kami ingin membantu kalian dengan memberikan informasi seputar auto brake hold secara lengkap. Mulai dari pengertian apa itu auto brake hold, fungsi sampai dengan cara kerja fitur auto brake hold pada mobil matic.

Cara Kerja Auto Brake Hold
Advertisements

Apa Itu Auto Brake Hold

Pengertian brake hold adalah fitur yang digunakan untuk menahan rem secara otomatis. Jadi bisa dikatakan fitur auto brake hold merupakan pengganti fitur rem tangan yang disajikan secara lebih sederhana hanya dengan menekan sebuah tombol tanpa harus menggunakan tuas.

Karena jika diperhatikan lebih seksama, untuk mobil matic keluaran terbaru saat ini sudah tidak dilengkapi oleh rem tangan. Pada bagian tengah antara pengemudi dan penumpang bagian depan sudah tidak lagi tersedia tuas rem tangan. Oleh karena itu, dibuatlah fitur auto brake hold.

Fungsi Auto Brake Hold

Dari pengertian auto brake hold sendiri sudah dapat terlihat fungsi utama dari fitur tersebut, dimana fungsi fitur tersebut ialah untuk menahan atau mengunci posisi brake atau rem. Jadi pada saat posisi mobil berhenti, baik pada saat menanjak ataupun parkir, kalian bisa mengaktifkan fitur tersebut.

Selain itu, fitur brake hold juga berfungsi untuk mengurangi gesekan yang terjadi pada transmisi otomatis. Jadi pada saat posisi transmisi otomatis berada pada posisi “D” akan tetap aman. Sehingga tanpa memposisikan transmisi pada posisi “N” pada saat berhenti, kondisi transmisi masih tetap aman.

Cara Kerja Auto Brake Hold

Setelah kalian mengetahui beberapa hal tentang fitur auto brake hold, maka saatnya kalian mengetahui bagaimana cara kerja auto brake hold secara lengkap. Karena meskipun fitur brake hold secara umum sama dengan fitur rem tangan, namun memiliki cara kerja yang berbeda.

1. Injak Pedal Rem

Sebelum kalian menggunakan fitur auto brake hold, pastikan posisi mobil sudah benar-benar berhenti. Sehingga silahkan bagi kalian untuk menginjak rem terlebih dahulu sampai posisi mobil benar-benar dalam keadaan berhenti dengan baik.

2. Tekan Tombol Brake Hold

Setelah posisi mobil berhenti dengan baik, tetap injak terlebih dahulu pedal rem pada mobil sembari menekan tombol brake hold.

3. Indikator Brake Hold Menyala

Apabila indikator brake hold pada dashboard sudah menyala, artinya fitur brake hold sudah berfungsi dan silahkan lepaskan pedal rem.

Dan pada saat akan mematikan auto brake hold, lakukan juga cara seperti pada saat mengaktifkan auto brake hold. Jadi sebelum menonaktifkan fitur brake hold, silahkan injak pedal rem terlebih dahulu. Baru menekan tombol brake hold.

Akhir Kata

Sekiranya cukup sekian dulu informasi tentang cara kerja auto brake hold yang sekiranya dapat kami berikan pada kesempatan hari ini, mudah-mudahan saja informasi tentang fitur mobil terbaru tersebut bisa memberikan tambahan ilmu pengetahuan untuk kalian semuanya.

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.