Cara Kirim Motor Gratis KAI 2022 : Syarat & Tujuan Kereta

Advertisements

Cara Kirim Motor Gratis KAI – KAI (PT. Kereta Api Indonesia) merupakan salah satu perusahaan jasa angkutan menggunakan kereta api dibawah BUMN, adapun jasa angkut yang dapat dilakukan KAI sendiri merupakan jasa angkut penumpang dan juga barang.

Tahun ini KAI juga kembali menyediakan program Mudik Gratis, bagi orang-orang yang ingin mudik ke kampung halaman pada saat hari raya Idul Fitri. Dimana program tersebut bisa digunakan untuk penumpang atau barang, salah satu jenis barang yang dapat di kirim dengan KAI adalah motor.

Jadi untuk kalian yang sekiranya memiliki motor namun enggan untuk mudik menggunakan motor, maka kalian bisa mengikuti program mudik gratis KAI. Kemudian bisa kirim motor menggunakan kereta api, sehingga kalian tidak perlu menggunakan sepeda motor.

Advertisements

Namun untuk kalian yang belum mengetahui bagaimana cara kirim motor gratis KAI, maka saat ini kalian sedang berada pada tempat yang tepat. Karena pada kesempatan ini Uji Kokoh akan membahas hal tersebut bersamaan dengan beberapa informasi lainnya seputar hal tersebut.

Cara Kirim Motor Gratis KAI
Advertisements

Syarat Kirim Motor Gratis KAI

Sebelum kami lanjutkan ke informasi cara kirim motor gratis KAI, alangkah baiknya jika kalian mengetahui juga apa saja syarat yang diperlukan agar dapat melakukan pengiriman motor secara gratis menggunakan kereta api.

Adapun syarat kirim motor menggunakan kereta api secara gratis adalah sebagai berikut:

  1. Peserta sudah mengikuti program mudik gratis kemenhub dan memiliki tiket baik itu kereta api, bus atau travel.
  2. Memiliki dokumen kendaraan lengkap (SNTK & SIM)
  3. Kondisi motor memenuhi kriteria motor yang dapat di kirim
  4. Peserta melakukan registrasi ulang pada saat melakukan penyerahan motor pada H-1 sebelum keberangkatan pada jam operasional pukul 08.00 sampai 16.00.
  5. Apabila peserta tidak melakukan pendaftaran ulang (menyerahkan motor), maka pendaftaran kirim motor gratis akan dibatalkan secara otomatis.

Kriteria Motor Yang Dapat Dikirim

Setelah mengetahui syarat umum daftar pengiriman motor gratis menggunakan KAI, maka perlu kalian ketahui juga kriteria motor yang dapat dikirimkan menggunakan jasa pengiriman KAI. Adapun kriteria motor tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Tidak dilengkapi dengan kaca spion (kaca spion harus dilepas).
  • Tangki bahan bakar wajib dikosongkan (tidak ada BBM).
  • Tidak diperbolehkan manambahkan aksesoris motor.
  • Tersedia standar tengah pada sepeda motor.
  • Tersedia pegangan belakang motor (behel).
  • Kondisi stang motor tidak dalam terkunci.

Waktu Pendaftaran dan Pengiriman Motor

Adapun tanggal pendaftaran kirim motor gratis KAI dapat dilaukan mulai tanggal 20 April sampai dengan tanggal 8 Mei 2022 yang disesuaikan dengan kuota pengiriman. Sedangkan waktu pengiriman dilakukan menjadi dua periode, yaitu untuk periode arus mudik dan arus balik.

Periode arus mudik dilakukan mulai dari tanggal 16 sampai dengan 30 April 2022, sedangkan periode arus balik dilakukan mulai dari tanggal 5 Mei sampai dengan 9 Mei 2022. Jadi untuk kalian yang ingin kirim atau mudik gratis dengan kereta api harus mencatat jadwal mudik tersebut.

Cara Kirim Motor Gratis KAI

Lantas bagaimana cara kirim motor gratis KAI? Kalian hanya perlu melakukan pendaftaran secara online melalui KAI Logistik, setelah itu silahkan isikan data diri seperti nama lengkap, nomor hp, nomor KTP, nomor SIM, jenis kendaraan yang digunakan untuk mudik, tanggal keberangkatan sampai dengan detail motor.

Setelah itu silahkan upload juga tiket mudik gratis yang telah didapatkan sebelumnya bersamaan dengan upload STNK motor. Apabila sudah berhasil daftar, maka akan mendapatkan pemberitahuan lebih lanjut melalui SMS. Silahkan ikuti petunjuk pada pemberitahuan tersebut sampai selesai.

Sedangkan untuk kalian yang sudah melaukan pendaftaran dan ingin melakukan pemeriksaan data pendaftaran, maka bisa Klik Disini.

Jalur Tujuan Kirim Motor Gratis KAI

Adapun untuk tujuan pengiriman motor dilakukan melalui dua jalur, yaitu jalus utara dan jalur selatan. Jadi sebelum memutuskan untuk kirim motor gratis menggunakan kereta api, alangkah baiknya jika kalian periksa terlebih dahulu jalur tujuan pengiriman atau jalur yang dilewati oleh kereta api tersebut.

Jalur Kereta Api Lintas Utara

  • Satsiun Jakarta Gudang
  • Stasiun Cirebon Prujakan
  • Stasiun Tegal
  • Stasiun Pekalongan
  • Stasiun Semarang Tawang (PP)

Jalur Kereta Api Lintas Selatan

  • Stasiun Jakarta Gudang
  • Stasiun Cirebon Prujakan
  • Stasiun Purwokerto
  • Stasiun Kroya (Cilacap)
  • Stasiun Kutoarjo
  • Stasiun Lempuyangan (Yogyakarta)
  • Stasiun Klaten
  • Stasiun Pruwosati (PP)

Akhir Kata

Perlu diketahui, 1 (satu) nomor NIK KTP hanya dapat digunakan untuk satu kali arus mudik dan arus balik dan pendaftaran tersebut hanya berlaku untuk satu kendaraan. Sehingga kalian tidak dapat melakukan pengiriman motor lebih dari satu apabila ingin menggunakan pengiriman gratis KAI.

Demikian itu informasi tentang cara kirim motor gratis KAI yang sekiranya dapat kami berikan untuk kalian semuanya, mudah-mudahan saja informasi yang baru saja kami berikan diatas bisa memberikan tambahan pengetahuan untuk kalian semuanya.

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.