9 Cara Melacak Motor Hilang Yang Wajib Anda Ketahui

Cara Melacak Motor Hilang – Sekarang ini banyak sering terjadi curanmor atau pencurian sepeda motor. Kejadian hilangnya sepeda motor dapat menimpa siapa saja. Maka dari itu, diharapkan bagi anda yang memiliki sepeda motor diharapkan untuk selalu waspada dan berhati hati.

Banyaknya kejahatan yang mengintai kita dimana saja, mengharuskan kita untuk lebih berhati-hati agar kejahatan tidak kita alami. Kasus pencurian sepeda motor, sering kita dengan. Banyaknya kasus pencurian sepeda motor membuat kita menjadi khawatir apabila berkendara.

Apalagi sekarang ini modus pencuri motor semakin pintar. Banyak dari mereka sudah memanfaatkan teknologi untuk mensukseskan aksi pencuriannya. Maka dari itu hal ini benar-benar harus diwaspadai. Namun bila hal tersebut terjadi pada kita, apa yang akan anda lakukan ?

Tentunya yang paling utama yaitu melaporkannya kepada polisi. Namun, pernahkah anda berfikir bagaimana cara melacak motor hilang yang sering dilakukan oleh polisi. Penasaran dengan caranya, silahkan simak ulasan mendalam menurut ujikokoh berikut ini.

Cara Melacak Motor Hilang Yang Wajib Anda Ketahui

Cara Melacak Motor Hilang Yang Wajib Anda Ketahui

Perlu anda ketahui, bahwa polisi memiliki caranya sendiri untuk menangkap pencuri motor. Nah, ada banyak cara melacak nomor hilang yang dapat anda lakukan, apabila hal tersebut menimpa anda. Lantas bagaimana caranya melacak motor hilang ? nah, berikut ini ujikokoh akan informasikan cara melacak motor hilang seperti yang dilakukan polisi. Untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan di bawah ini.

Caranya Melacak Motor Yang Hilang

1. Melapor ke Polisi

Melapor ke Polisi

Untuk cara yang pertama ini menjadi cara yang paling utama. Dengan bantuan dari polisi, anda akan dengan mudah melacak kendaraan anda yang hilang karena dicuri. Hal yang harus dilakukan yaitu anda harus membuat laporan kehilangan dengan menyiapkan berkas-berkas yang diperlukan. Nah, nantinya setelah melapor, pihak kepolisian lah yang akan melakukan pelacakan kendaraan motor anda. Cara Polisi melacak pencuri motor yaitu dengan melihat rekaman kamera lalu lintas.

2. Mengirim Berita Kehilangan

Mengirim Berita Kehilangan

Cara selanjutnya, yaitu dengan menyebarkan berita kehilangan seluas mungkin. Anda dapat mengirim berita kehilangan melalui aplikasi seperti Facebook, Whatsapp, Instagram dan lain sebagainya. Selain itu, anda juga dapat meminta pertolongan kepada pengguna akun media sosial lainnya untuk menyebarkan berita yang anda kirimkan. Sehingga dengan cara ini kondisi dan lokasi kendaraan anda dapat segera ditemukan.

3. Melacak Plat Nomor

Melacak Plat Nomor

Selanjutnya, yaitu dengan cara melacak plat nomor. Cara melacak plat nomor dapat dilakukan melalui SMS atau melalui situs Samsat. Cara ini merupakan cara yang biasa dilakukan oleh Polisi untuk melacak keberadaan motor anda. Dengan mengetahui plat nomor kendaraan yang hilang, maka pelacakan akan dengan mudah dilakukan. Dengan melacak plat nomor kita bisa mendapatkan informasi mulai dari merek, warna, jenis dan tahun kendaraan motor yang hilang.

4. Mengantisipasi Dengan Memasang GPS

Mengantisipasi Dengan Memasang GPS

Nah, untuk cara yang satu ini akan membantu anda mencegah terjadinya pencurian sepeda motor. Apabila anda sudah memasang GPS di motor anda. Maka proses pelacakan akan dengan mudah dilakukan dan kendaraan juga akan dengan cepat ditemukan. Untuk melakukan cara ini anda dapat membeli perangkat GPS motor, harganya juga cukup bervariasi.

5. Memanfaatkan Aplikasi Smartphone

Memanfaatkan Aplikasi Smartphone

Cara melacak motor hilang selanjutnya yaitu dengan memanfaatkan aplikasi pelacak motor hilang. Anda bisa mendapatkan aplikasi pelacak di Google Playstore ataupun Appstore. Cara menggunakan aplikasi untuk melacak motor yang hilang juga sangat mudah. Nantinya aplikasi akan melakukan pelacakan berdasarkan spesifikasi motor, nomor plat, serta nomor mesin dan kerangka untuk dicocokan dengan database dari catatan kepolisian.

6. Menggunakan Website Pelacak

Menggunakan Website Pelacak

SElain menggunakan aplikasi, melacak motor hilang juga dapat dilakukan melalui website. Sekarang ini Samsat telah menghadirkan berbagai situs website yang digunakan untuk melacak motor hilang. Situs website setiap daerah berbeda-beda. Dengan cara ini anda akan mendapatkan detail informasi yang akurat untuk menemukan kendaraan yang hilang.

Cara Menghindari Pencurian Motor

Cara Menghindari Pencurian Motor

Nah, untuk mencegah terjadinya pencurian motor agar tidak terjadi kepada kita. Berikut beberapa cara yang harus anda lakukan untuk menghindari pencurian motor. adapun caranya sebagai berikut.

  • Kunci Setang Kearah Kanan.

Dengan mengunci setang ke arah kanan bertujuan agar ruang gerak untuk membobol kunci T akan lebih sempit, sehingga pencuri membutuhkan waktu yang lebih lama di bandingkan mengunci setang ke arah kiri.

  • Pasang Alarm atau GPS

Hampir setiap merek sepeda motor sudah dilengkapi dengan alarm. Alarm berfungsi sebagai peringatan saat motor akan di bobol. Sedangkan untuk GPS, anda bisa dapatkan di pasaran. Dengan GPS, apabila motor anda hilang, maka anda akan dengan mudah melacaknya.

  • Gunakan Pengaman Tambahan

Anda dapat menggunakan pengaman tambahan bentuk apapun sesuai selera. Cara yang paling mudah yaitu dengan menggunakan pengunci cakram atau pelek roda. Aksesoris pengaman ini tersedia di toko-toko suku cadang dengan harga yang bervariasi.

Itulah beberapa cara melacak motor hilang yang dapat ujikokoh.com informasikan untuk anda. Meskipun banyak cara melacak sepeda motor, namun mencegah lebih baik dari pada mengobati. Dengan kata lain, lebih baik tetap waspada dan selalu berhati-hati saat berkendara di tempat yang rawan kejahatan. Sebagai informasi tambahan, agar motor lebih bersih dan kinclong, silahkan cek artikel ujikokoh sebelumnya tentang cara mengkilapkan motor. Mungkin hanya itu saja yang dapat kami informasikan, semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: Suhendar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *