20 Cara Melacak Plat Sepeda Motor Dengan SMS dan e-Samsat

Cara Melacak Plat Sepeda Motor – TNKB atau Tanda Nomor Kendaraan atau yang kita kenal dengan Plat Nomor Polisi merupakan DNA yang dikeluarkan oleh Samsat sebagai bukti sah kepemilikan kendaraan bermotor. Plat nomor setiap kendaraan dibuat berbeda-beda berdasarkan wilayahnya. Bahkan tak hanya di Indonesia di negara manapun juga memiliki plat nomor yang berbeda-beda.

Setiap kendaraan wajib memiliki plat nomor. Hal ini dikarenakan apabila terjadi pencurian sepeda motor, pihak kepolisian akan mudah melacak keberadaan motor tersebut melalui plat nomor. Dengan begitu, dapat kita lihat bahwa plat nomor memiliki peran yang penting bagi kendaraan itu sendiri. Dengan melakukan pelacakan melalui plat motor, kepolisian akan mendapatkan informasi lengkap terkait kendaraan yang hilang.

Namun yang menjadi pertanyaan, bagaimana caranya polisi melacak plat nomor, hingga mereka dengan mudahnya menemukan kendaraan yang hilang. Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, sebaiknya anda simak ulasan mendalam yang akan ujikokoh sajikan berikut ini. Dimana di kesempatan yang sangat baik ini ujikokoh akan menyajikan informasi tentang cara melacak plat sepeda motor.

Untuk caranya sendiri, sebenarnya sangat mudah dan bahkan anda tidak perlu repot-repot pergi ke kantor Samsat apabila ingin melacak plat motor. Berbagai penyebab kenapa anda harus melacak plat motor, diantaranya seperti motor anda hilang karena dicuri atau menjadi korban tabrak lari. Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan dengan mudah tanpa harus pergi ke kantor Samsat, yaitu sebagai berikut ini.

Cara Melacak Plat Sepeda Motor Dengan SMS dan e-Samsat

Cara Melacak Plat Sepeda Motor Dengan SMS dan e Samsat

Cara melacak plat sepeda motor yang dapat anda lakukan yaitu dengan menggunakan layanan SMS dan layanan website e-Samsat. Dengan menggunakan layanan ini, maka anda akan mendapatkan informasi kendaraan dengan sangat lengkap, sehingga kendaraan yang hilang dapat ditemukan dan pelaku tabrak lari akan dengan mudah diketahui. Adapun cara melacak plat nomor menggunakan layanan SMS dan e-Samsat sebagai berikut.

Melacak Plat Motor Melalui Layanan SMS

Melacak Plat Motor Melalui Layanan SMS

Pihak Samsat telah memberikan kemudahan anda untuk mengetahui informasi tentang kepemilikan kendaraan bermotor. Caranya yaitu dengan menggunakan layanan SMS. Dengan menggunakan SMS kita dapat dengan mudah mendapatkan detail informasi sepeda motor, mulai dari merek, warna, nomor plat, nomor rangka dan mesin serta informasi lainnya yang berkaitan dengan sepeda motor.

Namun perlu anda ketahui, bahwa untuk melacak plat nomor, tidak semua wilayah di Indonesia tidak mendukung layanan ini. Baru beberapa wilayah di Indonesia yang sudah mendukung layanan ini. Cara melacak plat nomor menggunakan SMS terbilang mudah, anda hanya perlu mengirim pesan SMS dengan format sebagai berikut.

DKI Jakarta
Format SMS : METRO <spasi> Nopol
Kirim Ke : 1717
Contoh: METRO B4321PUT

Provinsi Jawa Tengah
Format SMS : JATENG <spasi> Nopol
Kirim Ke : 9600
Contoh: JATENG AD4321KD

Provinsi Jawa Timur
Format SMS : JATIM <spasi> Nopol
Kirim Ke : 7070
Contoh : JATIM L1234DS

Provinsi Jawa Barat
Format SMS : poldajbr <spasi> Nopol
Kirim Ke : 3977
Contoh: poldajbr D1234JK

Melacak Plat Motor Melalui Situs e-Samsat

Melacak Plat Motor Melalui Situs e Samsat

Untuk cara yang kedua anda dapat melacak plat motor dengan mengunjungi situs resmi Samsat setiap daerah. Sama seperti layanan SMS, layanan e-Samsat ini baru berlaku untuk beberapa wilayah di Indonesia saja. Dimana untuk situs e-Samsat disesuaikan berdasarkan wilayahnya. Dengan cara ini anda akan dengan mudah mendapatkan informasi lengkap dan akurat terkait plat nomor kendaraan yang dilacak. Adapun beberapa situs yang dapat anda gunakan untuk melacak plat nomor.

  • Aceh : http://esamsat.acehprov.go.id/
  • Banten : http://ditlantas.banten.polri.go.id/e-samsat-nasional/
  • Jakarta : https://samsat-pkb.jakarta.go.id/INFO_KBM
  • Jawa Barat: https://bapenda.jabarprov.go.id/sipolin-samsat-jabar/
  • Jawa Tengah : http://dppad.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan/
  • Jawa Timur : https://esamsat.jatimprov.go.id/
  • Yogyakarta : http://infonjkbdiy.com/

Melacak Plat Nomor Menggunakan Aplikasi

Cek Plat Nomor Menggunakan Aplikasi

Selain itu anda juga dapat melacak menggunakan aplikasi. Setiap daerah memiliki aplikasi dengan nama yang berbeda-beda. Cara melacak plat nomor menggunakan aplikasi juga sangat mudah. Anda hanya perlu mengunduh aplikasinya di Google Playstore sesuai wilayah masing-masing. Adapun aplikasi yang dapat digunakan untuk melacak plat nomor, seperti berikut ini.

  • Wilayah Aceh : Peluit Ditlantas Polda Aceh
  • Wilayah Jakarta : Cek Ranmor & Pajak DKI Jakarta
  • Wilayah Jawa Barat : Sambara
  • Wilayah Jawa Tengah : Sakpole e-Samsat Jateng
  • Wilayah Jawa Timur : E-Smart Samsat Jatim
  • Wilayah Kalteng : RC Polda Kalimantan Tengah
  • Wilayah Kalut : eSamsat Kalimantan Utar
  • Wilayah Lampung : Info Pajak Kendaraan Bermotor Bapenda Lampung
  • Wilayah NTB : Samsat Delivery
  • Wilayah Pontianak : Samsat Pontianak
  • Wilayah Riau : ESamasat Kepri
  • Wilayah Sumsel : e-Dempo Samsat Online Sumsel
  • Wilayah Sulsel : eSamsat Sulsel
  • Wilayah Sulut : Info Pajak Kendaraan Sulut
  • Wilayah Yogyakarta : Pajak Kendaraan Jogjakarta

Itulah beberapa cara melacak plat sepeda motor yang dapat ujikokoh.com sajikan untuk anda. Silahkan ikuti langkah-langkah cara di atas untuk menemukan pelaku kejahatan atau motor hilang. Cara melacak motor hilang juga dapat dilakukan dengan mengetahui plat nomor kendaraan. Mungkin hanya itu saja yang dapat ujikokoh sajikan, semoga informasi di atas bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: Suhendar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *