12 Cara Membersihkan Evaporator AC Mobil Dengan Mudah

Cara Membersihkan Evaporator AC – AC (Air Conditioner) adalah salah satu komponen pendukung pada kendaraan yang akan memberikan kenyamanan kepada para penggunanya. Terutama pada kondisi cuaca panas dan pada saat kondisi hujan, komponen ini akan sangat membantu bagi para pengguna.

Bahkan, pada beberpa tipe mobil terdapat tipe AC yang telah dilengkapi juga dengan adanya Heater (Pemanas), sehingga para pengguna juga dapat tetap merasa nyaman saat berkendara pada cuaca yang dingin. Namun agar kondisi AC tetap bagus, anda juga harus mengetahui CARA MERAWAT AC dengan benar.

Salah satu cara mudah merawat AC ialah dengan menjaga setiap komponen – komponen pada AC supaya tetap dalam kondisi baik. Salah satu komponen AC yang memiliki peranan penting ialah Evaporator. Karena evaporator ini lah yang akan merubah suhu udara agar menjadi dingin, sehingga para pengguna tetap merasa nyaman saat berkendara.

Cara merawat evaporator AC tergolong cukup mudah, cukup rajin membersihkan evaporator secara rutin, aka kondisi evaporator akan tetap terjaga dengan baik. Hal tersebut juga akan membuat kondisi AC menjadi tetap dingin, karena tidak ada kotoran yang menghalangi proses udara masuk kedalam AC.

Cara Membersihkan Evaporator AC Mobil

Cara Membersihkan Evaporator AC Mobil

Untuk membersihkan evaporator AC mobil sebenarnya cukup mudah, akan tetapi untuk anda yang sekiranya tidak memiliki waktu untuk membersihkan evaporator. Maka anda dapat membawanya ke bengkel AC yang sudah menjadi langganan anda agar hasil pembersihannya bagus.

Namun untuk anda yang ingin membersihkan evaporator ac mobil sendiri dan anda belum mengetahui bagaimana cara membersihkannya, maka anda bisa langsung saja mengikuti langkah-langkah membersihkan eveporator ac mobil berikut ini.

Mematikan Mesin Mobil

Mematikan Mesin Mobil Sebelum Membersihkan Evaporator AC

Pastikan sebelum anda mulai membersihkan evaporatorAC, kondisi mesin mobil sudah dalam keadaan mati dalam jangka waktu yang cukup lama. Hal tersebut bertujuan supaya kondisi evaporator itu sendiri sudah tidak dalam keadaan panas. Sehingga anda akan lebih mudah untuk membersihkan evaporator jika kondisinya sudah dingin.

Mengetahui Posisi Evaporator AC Mobil

Mengetahui Posisi Evaporator AC Mobil

Posisi evaporator di setiap kendaran ada yang berbeda, secara umum posisi evaporator berada di bagian belakang dashboard. Namun ada juga yang posisinya tidak disitu, sehingga anda harus mencari terlebih dahulu posisi evaporator pada mobil tersebut.

Jika anda tidak dapat menemukan juga posisi evaporator, maka anda bisa membaca buku panduan mobil yang anda miliki untuk dapat menemukan posisi evaporator AC.

Membuka Evaporator AC Mobil

Membuka Evaporator AC Mobil

Setelah anda menemukan dimana posisi evaporator, maka anda bisa langsung membuka evaporator AC mobil secara perlahan. Jika anda belum mengetahui cara membuka evaporator AC, anda dapat juga melihatnya pada buku panduan.

Setelah terbuka, periksa kondisi filter apakah sudah banyak kotoran yang terdapat dalam filter atau tidak. Jika kondisi kotoran pada filter sudah sangat banyak, alangkha baiknya jika anda mengganti filter tersebut.

Apabila kondisi kotoran yang terdapat pada filter masih belum cukup banyak, maka anda bisa membersihkannya dengan brush atau sikat untuk membersihkan kotoran pada filter tersebut.

Siapkan Spray Pembersih

Siapkan Spray Pembersih

Cara berikutnya adalah spray atau semprot evaporator dengan spray yang telah dipersiapkan, sebelum menyemprot alangkah baiknya jika di kocok terlebih dahulu. Kemudian usahakan posisi spray dekat dengan blower AC mobil supaya lebih tepat sasaran saat menyemprot.

Buka Ventilasi AC dan Kaca Jendela

Buka Ventilasi AC dan Kaca Jendela

Setelah itu buka ventilasi pada AC mobil dan buka juga kaca jendela mobil supaya terdapat sirkulasi udara yang masuk kedalam mobil. Pastikan kondisi tempat tidak berdebu pada saat membuka ventilasi AC, agar debu atau kotoran tidak ikut masuk kedalam AC yang dapat menyebabkan kotor kembali.

Nyalakan Mesin Mobil

Nyalakan Mesin Mobil

Langkah berikutnya adalah menyalakan mesin mobil. Setelah mesin mobil dinyalakan, setelah itu nyalakan AC mobil dan autr suhu pada posisi suhu yang paling tinggi dan putar blower pada putaran yang paling kencang.

Hal ini bertujuan untuk memeriksa apakah angin yang dihasilkan sudah kuat atau belum, apabila kondisi angin yang dihasilkan mash belum cukup kuat, maka masih terdapat sedikit kotoran pada bagian filter atau bisa juga kondisi kipas blower yang sudah tidak bagus.

Semprot Cairan Pembersih Pada Evaporator

Semprot Cairan Pembersih Secara Merata

Apabila pada cara diatas tidak mengalami masalah, maka anda bisa langsung menyemprotkan cairan pembersih pada bagian bawah blower. Semprotkan cairan tersebut sampai his supaya filter AC menjadi bersih.

Pada saat cairan pembersih disemprotkan, maka bentuk awalnya adalah foam (busa). Tunggu sampai semua foam menjadi air dan keluar dari ventilator AC mobil bersama dengan kotoran yang ada didalam.

Diamkan Mesin Mobil

Diamkan Mesin Mobil

Sembari menunggu foam cairan pembersih menjadi air, anda bisa mendiamkan terlebih dahulu mesin mobil tetap menyala kurang lebih selama 10 sampai 15 menit. Sembari memastikan tidak ada lagi air yang keluar dari bagian ventilator.

Bersihkan Air Dari Lubang Ventilator

Jika semua air dari lubang ventilator sudah benar-benar keluar, anda tinggal membersihkan air kotoran dari ventilator tersebut dengan cara membuangnya ke selokan ataupun menyemprotnya ke bagian yang lebih rendah.

AC Akan Kembali Dingin

AC Kembali Menjadi Dingin

Cara terakhir, persiksa kondisi AC mobil apakah sudah menjadi dingin atau belum, dengan cara masuk kedalam mobil dan menutup semua pintu mobil dan juga kaca jendela mobil. Apabila udara yang dihasilkan masih dirasa kurang dingin, maka anda bisa mengulangi kembali cara-cara diatas sampai kondisi AC mobil dingin.

Akan tetapi, jika anda sudah melakukan cara-cara diatas beberapa kali namun kondisi AC mobil masih tetap tidak dingin, maka ada beberapa kemungkinan lainnya yang terjadi pada AC mobil milik anda. Dimana beberapa kemungkinan tersebut tidak terletak pada bagian evaporator AC.

Itulah sedikit pembahasan tentang cara membersihkan evaporator AC mobil yang Ujikokoh.com dapat sampaikan untuk anda-anda sekalian, semoga saja sedikit pembahasan tentang cara membersihkan yang baru kami berikan diatas dapat memberikan banyak manfaat.

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *