10 Cara Membersihkan Jok Mobil Berjamur Dengan Cepat 2021

Cara Membersihkan Jok Mobil – Membersihkan komponen-komponen pada kendaraan sudah menjadi salah satu kewajiban para pengguna, selain dapat memberikan penampilan yang indah, kita membersihkannya secara rutin juga akan membantu komponen tersebut menjadi lebih tahan lama untuk digunakan. Karena komponen tersebut terawat dengan benar, kemudian juga akan memberikan kenyamanan bagi para penggunanya.

Salah satu komponen yang sebaiknya perlu diperhatikan juga oleh pengendara mobil ialah kursi atau jok mobil. Dimana jok mobil inilah yang akan memberikan kenyamanan kepada para penggunanya. Sehingga membersihkan jok mobil menjadi salah satu kegiatan yang perlu dilakukan agar yang menggunakan tetap merasa nyaman.

Salah satu hal yang dapat menyebabkan ruang kabin bau ialah jok mobil, apalagi untuk kursi mobil yang dilapisi dengan bahan-bahan kulit atau bahan lainnya yang dapat menyebabkan bau apabila tidak dibersihkan. Hal tersebut sama halnya dengan kegiatan merokok didalam mobil yang dapat menyebabkan bau, maka para pengguna harus MENGHILANGKAN BAU ROKOK DI MOBIL supaya pengguna lebih nyaman.

Selain dapat menyebabkan bau, jok mobil yang dalam jangka waktu cukup lama tidak pernah dibersihkan juga akan mengakibatkan timbul jamur. Dan akan sangat mengganggu sekali apabila jamur tersebut sampai terkena pada bagian tubuh anda. Oleh karena itu membersihkan jok mobil juga menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan oleh para pemilik mobil.

Cara Membersihkan Jok Mobil Yang Berjamur

Cara Membersihkan Jok Mobil Yang Berjamur

Membersihkan jok mobil secara umum itu sangat mudah, anda dapat menggunakan vaccum cleaner atau dapat mencucinya dengan air sabun lantas gosok-gosok jok menggunakan sikat yang berbulu halus. Akan tetapi cara tersebut merupakan cara yang umum dan digunakan untuk bahan yang umum seperti contohnya bahan fabric yang merupakan bahan bawaan dari pabrik.

Akan tetapi, untuk jok mobil yang sudah di kustom atau di modifikasi menggunakan bahan-bahan yang lainnya, maka cara membersihkan jok mobil tersebut pastinya perlu penanganan yang berbeda. Untuk itu anda harus memahami jenis-jenis bahan jok mobil supaya anda dapat membersihkannya dengan benar.

Kursi Mobil Kulit Sintetis

Cara Membersihkan Jok Mobil Kulit Sintetis

Bahan kulit sintetis menjadi salah satu jenis bahan yang cukup diminati orang-orang untuk melapisi jok mobil, karena jok berbahan kulit sintetis memiliki harga yang jauh lebih terjangkau, kemudian proses pemasangannya juga jauh lebih mudah dan yang paling terpenting ialah memiliki banyak tekstur dan warna yang dapat dipilih sesuai selera.

Selain memiliki keunggulan yang telah kami sebutkan diatas, bahan kulit sintetis juga sangat mudah perawatannya. Cara membersihkan jok mobil kulit sintetis cukup menggunakan kain halus yang telah dibasahi dengan air hangat. Kemudian untuk noda yang cukup sulit dihilangkan, bisa menggunakan sampo bayi untuk menghilangkan noda tersebut.

Kursi Mobil Bahan Kulit

Cara Membersihkan Jok Mobil Bahan Kulit

Bahan kulit merupakan bahan yang terbaik untuk digunakan sebagai lapisan jok mobil. Selain memiliki kualitas yang terbaik, bahan kulit juga dapat memberikan kesan yang elegan terhadap interior mobil. Akan tetapi cara merawat jok mobil bahan kulit tergolong sulit. Biasanya diperlukan cairan khusus yang disesuaikan dengan kulitnya. Bentuk yang umumnya dijual ialah bentuk pasta, karena jika berbahan cair dapat menyebabkan jamur dan cepat rusak.

Apabila anda ingin kualitas kulit jok mobil lebih terjaga, maka anda bisa menambahkan leather coating atau leather protection yang bisa anda beli dengan mudah saat ini. Sehingga kualitas dari bahan kulit yang digunakan akan jauh lebih terjaga dan tentunya terhindar dari jamur.

Jok Mobil Beludru

Cara Membersihkan Jok Mobil Beludru

Bahan jok beludru menjadi salah satu bahan jok yang cukup sulit untuk dibersihkan, karena memang karakteristik dari bahan ini sendiri. Apabila bahan ini sampai terkena noda cair seperti tinta atau minuman, maka perlu usaha yang lebih keras untuk membersihkannya.

Adapun untuk cara umum yang digunakan untuk membersihkan jok bahan beludru ialah menggunakan cairan pembersih yang disemprotkan, kemudian sikat menggunakan sikat berbulu halus dengan cara satu arah. Hal tersebut bertujuan agar bahan tersebut tidak rusak.

Setelah selesai membersihkannya dengan cairan pembersih, langkah berikutnya ialah keringkan dengan menggunakan lap kering kemudian jemur pada tempat yang panas supaya cepat kering. Untuk lebih mempermudah proses pembersihan, alangkah baiknya jika anda melepaskan kursi mobil terlebih dahulu.

Jok Mobil Bahan Fabric

Cara Membersihkan Jok Mobil Bahan Fabric

Jok mobil dengan bahan fabric atau kain masih menjadi pilihan utama yang digunakan oleh pabrikan-pabrikan otomotif, karena memang bahan ini masih tergolong cukup murah akan tetapi masih dapat memberikan kenyamanan pada saat digunakan. Sayangnya bahan ini juga sama seperti bahan beludru, dimana bahan fabric juga mudah untuk menyerap noda sehingga jok mobil dengan bahan fabric jauh lebih mudah terlihat kotor.

Adapun untuk cara membersihkan jok mobil bahan fabric ini sama dengan cara membersihkan bahan beludru, dimana menggunakan cairan pembersih kemudian dapat dilap atau disikat secara perlahan menggunakan sikat yang bulunya halus agar tidak merusak serat pada bahan tersebut. Dengan menggunakan cairan khusus yang digunakan untuk membersihkan bahan fabric, maka noda yang telah terserap oleh bahan tersebut dapat hilang.

Jok Mobil Bahan Tenun

Kursi Mobil Bahan Tenun

Jok mobil berbahan tenun merupakan salah satu bahan jok yang jarang digunakan, biasanya hanya orang-orang tertentu yang menggunakan bahan tersebut atau orang-orang yang ingin tampil beda dengan yang lainnya. Jika dilihat dari sisi kualitas, bahan tenun tidak berbeda jauh dengan bahan nilon.

Ditambah lagi dengan tekstur dan strukturnya juga hampir sama dengan bahan nilon. Sehingga untuk cara membersihkan atau merawat jok mobil dengan bahan tenun kurang lebih sama dengan cara merawat bahan nilon.

  1. Campurkan air bersama cairan pencuci piring menggunakan botol penyemprot.
  2. Semprotkan campuran cairan tersebut pada jok mobil dengan jarak 15 sampai 20 cm.
  3. Gosok secara perlahan menggunakan sikat yang bulunya halus, sembari dibilas pada saat menggosoknya.
  4. Pada bagian yang terdapat noda atau kotoran yang susah untuk dibersihkan, bisa dibersihkan menggunakan kain yang telah dibasahi dengan air hangat.
  5. Keringkan jok mobil dengan kain kering atau jemur dibawah sinar matahari.

Cara Membersihkan Jok Mobil Bahan Vinil

Cover Kursi Bahan Vinil

Bahan vinil merupakan salah satu bahan yang paling mudah untuk dibersihkan, dimana anda cukup menggunakan pembersih kaca untuk membersihkan noda atau kotoran yang terdapat pada jok mobil berbahan vinil. Selain bisa memakai cairan pembersih kaca, juga bisa memakai campuran baking soda dengan air sebagai pembersihnya.

Cara menggunakannya sama dengan cara disemprotkan ke bagian yang ingin dibersihkan kemudian lap menggunakan kain yang halus atau menggunakan sikat yang bulunya halus. Setelah itu keringkan dengan kain yang bersih dan masih kering.

Cara Membersihkan Jok Mobil Bahan Nilon

Kursi Mobil Bahan Nilon

Penggunaan bahan nilon untuk jok mobil menjadi salah satu alternatif bagi anda yang ingin mencari cover jok murah, karena memang jok mobil bahan nilon ini cukup terjangkau. Meskipun jok mobil bahan nilon memiliki harga yang cukup terjangkau, akan tetapi memiliki kualitas yang bagus. Sayangnya jok mobil bahan nilon ini akan lebih mudah kotor, karena pori-pori atau lubang pada bahan ini terlalu besar. Sehingga kotoran lebih mudah masuk.

Apalagi jika terkena noda cair, jok berbahan nilon akan lebih cepat meresap jika dibandingkan dengan bahan-bahan yang ada diatas. Adapun untuk mencegah sampai terjadinya hal tersebut, ada baiknya jika anda langsung mengeringkan noda cair yang terkena jok tadi dengan cara mengelapnya menggunakan kain yang kering, supaya tidak langsung meresap kedalam jok.

Adapun untuk cara membersihkan kotoran atau debu yang terdapat pada jok mobil bahan nilon, cukup menggunakan vaccum cleaner. Sedangkan untuk menghilangkan noda yang terdapat pada bahan nilon ini bisa menggunakan cairan pembersih yang umumnya digunakan untuk membersihkan bahan nilon.

Demikian untuk pembahasan yang sekiranya Ujikokoh.com dapat berikan pada kesempatan hari ini, semoga saja dari pembahasan yang kami berikan diatas tadi dapat memberikan banyak-banyak manfaat untuk anda-anda semuanya.

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *