10 Cara Membersihkan Kaca Lampu Mobil Buram Terbaru 2021

Cara Membersihkan Kaca Lampu – Bagi anda yang sering berkendara dimalam hari menggunakan mobil, kondisi lampu utama pada mobil pastinya menjadi salah satu bagian yang sangat dibutuhkan. Karena jika headlamp mobil tidak bekerja secara maksimal, hal tersebut tentunya akan mengganggu pengemudi saat berkendara.

Apabila anda berkendara dijalanan dengan lampu penerangan yang baik hal tersebut tentunya tidak terlalu bermasalah, akan tetapi jika anda berkendara pada tempat yang sangat gelap karena tidak ada lampu penerangan. Maka sumber penerangan yang paling utama dan sangat dibutuhkan ialah lampu mobil itu sendiri.

Untuk anda yang saat ini memiliki mobil keluaran terbaru, pastinya kondisi kaca lampu mobil yang anda miliki pastinya masih sangat bagus dan dapat menghasilkan pencahayaan yang baik. Akan tetapi untuk anda yang memiliki mobil keluaran lama, tentunya kondisi lampu mobil sudah tidak begitu baik. Bahkan ada beberapa jenis mobil yang mungkin hanya menghasilkan sedikit cahaya saja.

Salah satu penyebab cahaya lampu mobil yang dihasilkan tidak maksimal ialah pada bagian kaca mobil sudah terlalu kotor, sehingga cahaya lampu yang dihasilkan oleh bohlam itu sendiri terhalang oleh kotoran tersebut. Dan hal itu pastinya akan sangat menggangu para pengemudi karena pencahayaan yang dihasilkan kurang sempurna.

Cara Membersihkan Kaca Lampu Mobil

Cara Membersihkan Kaca Lampu Mobil

Bagi anda yang sekiranya memiliki kasus seperti itu, maka anda jangan langsung mengganti kaca lampu mobil yang anda miliki. Karena masih ada cara membersihkan kaca lampu mobil yang dapat menjadikan cahaya yang dihasilkan oleh bohlam itu menjadi maksimal kembali.

Dan untuk yang mengikuti cara membersihkan kaca lampu mobil yang akan kami hadirkan untuk hari ini juga akan lebih menghemat biaya sama halnya dengan CARA MERAWAT AKI MOBIL, karena tidak memerlukan biaya yang terlalu besar.

Menggunakan Cairan Sabun Untuk Mencuci Mobil

Cara Membersihkan Kaca Lampu Dengan Shampoo

Cara pertama yang dapat dilakukan ialah dengan cara membersihkannya dengan cairan sabun yang sering digunakan untuk mencuci mobil. Apabila kondisi kaca lampu mobil yang anda miliki tingkat kekotorannya tidak terlalu parah, maka anda dapat membersihkannya hanya dengan menggunakan air sabun.

Akan tetapi jika tingkat kekotoran pada kaca lampu yang anda miliki sudah cukup tinggi, maka anda bisa menggunakan cara selanjutnya.

Menggunakan Cairan Khusus Pembersih Kaca

Membersihkan Kaca Lampu Mobil Dengan Cairan Pembersih 1

Apabila langkah pertama masih dirasa kurang untuk membersihkan kaca lampu mobil yang anda miliki, maka anda dapat menggunakan cairan khusus yang memang digunakan untuk membersihkan kaca lampu mobil. Dengan ramuan khusus yang dirancang untuk membersihkan kaca pada bahan mika akan jauh lebih ampuh untuk membersihkan kotoran.

Membersihkan Kaca Lampu Menggunakan Pasta Gigi

Membersihkan Kaca Lampu Menggunakan Pasta Gigi

Bahan selanjutnya yang dapat digunakan untuk membersihkan kaca lampu mobil ialah pasta gigi, selainberfungsi untuk membersihkan gigi, pasta gigi juga dapat digunakan untuk membersihkan berbagai macam benda. Salah satunya ialah kaca lampu mobil.

Anda cukup mengoleskan sedikit pasta gigi pada bagian kaca lampu, kemudian gosok kaca lampu menggunakan sikat secara perlahan. Lalu bersihkan dengan air sampai benar-benar bersih.

Membersihkan Kaca Lampu Menggunakan Autan

Membersihkan Kaca Lampu Menggunakan Autan

Cara membersihkan kaca lampu yang berikutnya mungkin sedikit aneh atau tidak masuk akal, dimana bahan yang digunakan adalah obat nyamuk autan. Selain digunakan untuk mengusir nyaman pada manusia, autan juga dapat digunakan untuk membersihkan kaca lampu.

Untuk cara menggunakannya sama persis seperti cara menggunakan pasta gigi tadi, cukup dengan menuangkan sedikit larutan autan pada kaca lampu, kemudian gosok kaca lampu dengan kain halus sampai bersih. Setelah itu bilas menggunakan air.

Menggunakan Wax Lampu Mobil Untuk Memoles

Menggunakan Wax Lampu Mobil Untuk Memoles

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan untuk membersihkan kaca lampu mobil ialah menggunakan wax. Wax ini sendiri sebenarnya hampir sama dengan kompon yang digunakan untuk memoles body mobil dan cara penggunaannya juga sama persis, kita tinggal mengosok saja menggunakan wax tersebut pada bagian kaca lampu mobil.

Membersihkan Menggunakan Amplas

Membersihkan Menggunakan Amplas

Apabila kotoran yang melekat pada kaca lampu sudah sangat susah untuk dibersihkan, maka cara terakhir yang dapat dilakukan ialah dengan cara mengamplasnya. Anda dapat menggunakan amplas 8000 untuk membersihkan kotoran pada kaca lampu mobil.

Sebelum anda mengamplas kaca lampu mobil, pastinya anda menutup sisi-sisi lampu dengan selotip penutup agar cat body tidak ikut teramplas. Akan tetapi untuk anda yang posisi lampunya terlepas atau tidak terpasang, anda bisa langsung mengamplasnya. Amplas kaca lampu mobil secara perlahan agar tidak tergores.

Apabila terdapat goresan pada bagian kaca lampu mobil, maka goresan tersebut dapat dibersihkan menggunakan cairan alkohol. Caranya ialah dengan menuang sedikit alkohol pada kain, kemudian gosok pada bagian goresan secara perlahan.

Cara Merawat Kaca Lampu Mobil Agar Tidak Buram

Selain mengikuti cara membersihkan kaca lampu pada mobil para pengguna juga harus merawat kaca lampu mobil agar tidak kusam dan penahayaan yang dihasilkan akan tetap bagus. Adapun untuk cara merawat kaca lampu mobil agar tidak kusam adalah sebagai berikut:

1. Periksa Karet Penutup Bohlam Lampu

Periksa Karet Penutup Bohlam Lampu

Selalu perhatikan karet penutup bohlam, dimana karet penutup bohlam ini yang akan melindungi kaca lampu dari berbagai macam kotoran yang akan masuk. Seiring dengan berjalannya waktu, maka karet penutup bohlam ini dapat robek atau getas, maka dari itu kita harus memeriksa secara rutin.

Agar pada saat karet tersebut robek tidak terlalu lama yang mengakibatkan banyaknya kotoran yang masuk kedalam kaca lampu dan dapat menyebabkan kaca lampu menjadi buram.

2. Periksa Seal Penutup Mika

Periksa Seal Penutup Mika

Sama halnya dengan karet penutup bohlam, seal penutup mika juga salah satu bagian yang melindungi kotoran masuk kedalam kaca lampu. Karena bahan seal ini dari karet, maka akan ada umur dari karet tersebut. Sehingga kita juga perlu memastikan bahwa karet penutup mika yang berada pada bagian luar ini masih dalam kondisi yang bagus.

3. Membersihkan Kap Mobil Secara Rutin

Membersihkan Kap Mobil Secara Rutin

Langkah berikutnya yang dapat dilakukan untuk merawat kaca lampu mobil ialah dengan cara membersihkan bagian kap mobil secara rutin. Karena posisi headlamp yang berada pada bagian kap mobil, maka tidak menutup kemungkinan kotoran yang ada pada kap mobil akan masuk kedalam kaca mobil.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk selalu membersihkan kap mobil secara rutin agar kaa lampu mobil tidak mudah kusam.

4. Mencuci Kaca Lampu Mobil Setelah Terkena Air Hujan

Mencuci Kaca Lampu Mobil Setelah Terkena Air Hujan

Yang terakhir sebaiknya selalu mencuci kaca lampu mobil setelah mobil terkena air hujan. Hal ini mengingat air hujan biasnaya membawah banyak kotoran, belum lagi kondisi jalan yang mungkin dapat membuat kaca lampu mobil menjadi lebih kotor. Maka dari itu, sangat disarankan untuk selalu mencuci kaca lampu mobil setelah terkena air hujan.

Dengan ini selesai sudah pembahasan tentang cara membersihkan kaca lampu mobil yang dapat Ujikokoh.com berikan. Untuk anda yang sedang mencari informasi lainnya seputar tips merawat mobil aka tidak ada salahnya bagi anda untuk kembali melihat pembahasan lainnya yang sudah pernah kami berikan.

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *