6 Cara Membersihkan Rantai Motor Agar Bersih Seperti Baru

Cara Membersihkan Rantai Motor – Sebagai pemilik kendaraan bermotor khususnya roda dua, merawat sepeda motor agar tetap bersih tentunya sudah menjadi keharusan. Hal ini dikarenakan kondisi motor yang baik dengan perawatan yang rutin membuat sepeda motor yang kita miliki akan lebih awet sehingga tidak mudah rusak atau mogok.

Sepeda motor terdiri dari berbagai komponen, salah satu komponen yang sudah tak asing lagi bagi kita yaitu Rantai. Pada kendaraan bermotor, energi panas yang dihasilkan akan dirubah menjadi energi gerak putar oleh poros engkol dan diteruskan ke sistem pemindahan tenaga yang nantinya digunakan untuk menggerakkan roda belakang kendaraan.

Rantai merupakan bagian dari sistem pemindahan tenaga pada sepeda motor. Dengan kata lain tanpa adanya rantai, maka roda belakang tidak dapat berfungsi sebagai pengerak kendaraan. Rantai pada motor memiliki fungsi untuk meneruskan putaran mesin dari counter shaft transmisi ke roda belakang melalui gear atau roda gigi.

Nah, berbicara soal rantai sepeda motor, berikut ini ujikokoh akan sajikan cara membersihkan rantai motor. Tentunya anda semuanya pernah mengalami rantai yang kotor karena campuran oli dengan debu. Maka dari itu untuk menghilangkannya, maka cara membersihkan rantai motor perlu anda ketahui. Berikut informasi lebih lengkap dan jelasnya.

Cara Membersihkan Rantai Motor Agar Bersih Seperti Baru

Cara Membersihkan Rantai Motor Agar Bersih Seperti Baru

Membersihkan rantai motor, tak seperti membersihkan roda. Pasalnya rantai yang dilumasi dengan oli yang bercampur dengan debu tak semudah menghilangkan noda pada pakaian. Ada cara dan trik yang harus anda ketahui, agar nantinya rantai mengkilap seperti baru. Adapun cara membersihkan rantai motor, seperti berikut ini.

Proses Pembersihan Rantai Motor

Proses Pembersihan Rantai Motor

Membersihkan rantai tak sekedar menyikatnya dengan bensin atau pertalite. Harus ada langkah demi langkah yang harus diikuti, agar hasilnya maksimal. Setiap langkah harus dilakukan dengan urutan yang benar. Adapun langkah-langkah membersihkan rantai sesuai urutan yang benar yaitu sebagai berikut.

  1. Langkah Pertama Siapkan Alat dan Bahan, Membersihkan rantai membutuhkan alat dan bahan yang mudah di temukan. Selain itu, alat dan bahan yang diperlukan juga tidak terlalu banyak. Adapun alat dan bahan yang diperlukan antara lain seperti Kuas, Wadah, Bensin atau Pertalite atau Solar, Sabun dan Sikat Gigi.
  2. Aplikasikan Bensin ke Permukaan Rantai, Setelah alat dan bahan yang diperlukan telah siap, silahkan tuang bensin ke dalam wadah. Kemudian, aplikasikan bensin ke permukaan rantai menggunakan kuas. Atau untuk hasil yang lebih maksimal anda bisa merendam rantai dengan bensin. Bensin akan membantu melunakkan kotoran yang membandel, sehingga rantai mudah untuk di bersihkan.
  3. Semprot Rantai Dengan Cairan Panetran, Nah, agar lebih bersih lagi, anda bisa menggunakan cairan panetran untuk membersihkan kotoran diselah-selah rantai. Cairan panetran akan merontokkan kotoran dan juga dapat mencegah rantai berkarat.
  4. Bersihkan Rantai Dengan Sikat, Setelah menyemprotkan cairan panetran, silahkan bersihkan menggunakan sikat. Sikat secara perlahan hingga kotoran dan sisa oli menghilang. Bagian selah-selah rantai juga harus di sikat hingga bersih.
  5. Semprot Rantai Kembali Dengan Cairan Panetran, Setelah rantai di sikat hingga bersih, silahkan semprotkan kembali cairan panetran agar kotoran di rantai rontok. Setelah semua kotoran hilang, keringkan rantai menggunakan lap kering.
  6. Semprot Rantai dengan Chain Lube, Setelah rantai kering, semprot cairan Chain Lube ke rantai secara merata. Chain Lube berfungsi untuk melumasi rantai sehingga rantai tidak mudah berkarat.

Cara Merawat Rantai Motor

Cara Merawat Rantai Motor

Rantai motor menjadi salah satu bagian yang cukup penting. Tanpa adanya rantai, tentu kendaraan anda tidak bisa berjalan. Selain itu, kondisi rantai motor juga harus diperhatikan. Agar kondisi rantai tetap terjaga, maka anda harus rutin merawat dan mengecek kondisi rantai motor anda. Dengan melakukan perawatan secara rutin rantai anda akan lebih awet dan bersih. Adapun beberapa tips merawat rantai motor sebagai berikut.

  1. Perhatikan kebersihan rantai secara rutin agar terhindar dari karatan dan masalah rantai lainnya.
  2. Gunakan pelumas khusus rantai, hal ini akan membuat rantai lebih awet dan bersih.
  3. Selalu periksa kondisi rantai untuk mencegah terjadinya kerusakan.
  4. Lakukan penyetelan rantai secara rutin, usahakan rantai tidak terlalu kendur ataupun terlalu kencang karena dapat membahayakan.
  5. Pastikan menggunakan rantai motor original, hal ini dikarenakan rantai kw memiliki kualitas yang kurang bagus.

Itulah beberapa cara membersihkan rantai motor yang dapat ujikokoh.com sajikan untuk anda semuanya. Silahkan lakukan langkah demi langkah agar proses membersihkan rantai menghasilkan hasil yang maksimal. Dengan merawat dan membersihkan rantai motor, maka rantai motor anda akan lebih awet, terbebas dari karat dan terlihat bersih seperti baru. Sebagai tambahan, silahkan cek artikel tentang cara bayar pajak motor online yang sudah pernah ujikokoh bahas sebelumnya. Mungkin hanya itu saja yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: Suhendar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *