Cara Memperbaiki Modul ABS NMAX Tidak Berfungsi dan Harga

Advertisements

Cara Memperbaiki Modul ABS NMAX – Teknologi pada sepeda motor saat ini sudah sangat berkembang pesat, dimana salah satu teknologi yang sering disematkan pada sepeda motor ialah teknologi ABS (Anti-lock Breaking System).

ABS adalah teknologi pengereman yang akan membuat para pengguna lebih aman saat melakukan pengereman, terutama pada posisi pengereman yang terlalu kuat dan mendadak yang dapat mengakibatkan ban motor slip.

Dimana pada teknologi ABS ini terdiri dari sejumlah komponen yang salah satunya adalah modul ABS. Modul ABS pada sepeda motor juga menjadi salah satu komponen yang dapat rusak, dan menjadikan salah satu Kekurangan Rem ABS.

Advertisements

Dan pada kesempatan ini Uji Kokoh ingin memberikan informasi tentang cara memperbaiki modul ABS NMAX. Barang kali saja ada diantara kalian yang sedang mengalami permasalahan rem ABS NMAX tidak berfungsi.

Maka dari itu tidak ada salahnya bagi kalian untuk melihat terlebih dahulu pembahasan yang akan kami berikan pada kesempatan hari ini.

Cara Memperbaiki Modul ABS NMAX
Advertisements

Apa Itu Modul ABS NMAX

Sebelum kami lanjutkan ke cara memperbaiki modul ABS, alangkah baiknya jika kalian mengetahui terlebih dahulu apa itu modul ABS. Modul ABS adalah perangkat ECU yang berfungsi untuk mengatur kapan waktu katup terbuka dan tertutup.

Selain itu, fungsi modul ABS lainnya ialah mengatur kerja pump minyak. Proses kerja modul ABS sendiri berdasarkan dari data yang dikirimkan oleh sensor, kemudian data tersebut diteruskan kembali ke komponen lainnya oleh modul ABS.

Cara Memperbaiki Modul ABS NMAX

Lantas apakah modul ABS NMAX tidak berfungsi bisa diperbaiki? Jawabannya adalah tidak, karena komponen modul ABS seperti halnya dengan CPU pada komputer, apabila terjadi kerusakan maka tidak dapat diperbaiki alias harus diganti.

Sehingga untuk kalian yang sekiranya mengalami kerusakan pada bagian modul ABS, maka harus mengganti modul ABS tersebut sesuai dengan tipe motornya, seperti misalnya motor Yamaha NMAX atau beberapa tipe motor lainnya yang sudah dilengkapi dengan ABS.

Sedangkan untuk kalian yang sekiranya tidak ingin mengalami kerusakan seperti ini lagi, maka kalian bisa mengganti modul ABS NMAX dengan tipe modul non ABS. Sehingga fitur ABS pada Yamaha NMAX menjadi tidak berfungsi.

Harga Modul ABS NMAX

Adapun untuk harga modul ABS NMAX sendiri sangat bervariasi, mulai dari 1 juta rupiah sampai dengan 4 juta rupiah. Tidak ada perbedaan pada setiap modul ABS NMAX tersebut, meskipun harga modul ABS tersebut berbeda-beda.

Namun perlu diketahui juga jika terdapat tipe modul non ABS NMAX, sehingga untuk kalian yang sekiranya ingin mengganti modul ABS NMAX harus memperhatikan tipe modul ABS tersebut. Jangan sampai tertukar dengan tipe modul non ABS.

Karena kalau sampai modul tersebut digantikan dengan tipe non ABS, maka sistem ABS pada NMAX tidak akan berfungsi sebagai mestinya. Karena modul tersebut tidak dapat mengirimkan data dari sensor ke komponen lainnya seperti tipe modul ABS.

Akhir Kata

Dengan ini selesai sudah informasi tentang cara memperbaiki modul ABS NMAX yang sekiranya dapat kami berikan, semoga saja informasi tentang cara memperbaiki diatas bisa memberikan banyak manfaat untuk kalian semua.

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.