5 Cara Mengatasi Mobil Terendam Banjir : Batas Aman & Biaya Perbaikan

Advertisements

Cara Mengatasi Mobil Terendam Banjir – Jika sudah memasuki musim penghujan, tidak jarang daerah di Indonesia mengalami ke banjir. Terutama di daerah Jakarta dan sekitarnya yang sudah mengalami hal tersebut selama bertahun-tahun setiap musim penghujan.

Jika pada saat banjir, maka akan banyak benda terendam. Termasuk kendaraan, baik mobil atau motor. Kondisi mobil terendam banjir bisa menjadi salah satu penyebab mobil tersebut rusak, karen komponen mesin mobil tidak seharusnya terkena air. Terutama pada bagian dalam mesin.

Kondisi ini juga yang menjadikan salah satu dari KELEMAHAN MOBIL LISTRIK. Karena jika mobil listrik sampai terendam banjir, maka sudah dapat dipastikan akan banyak komponen yang rusak dan membuat mobil tersebut tidak dapat digunakan.

Advertisements

Nah, untuk kalian yang sekiranya sering mengalami mobil terendam banjir, namun kalian belum mengetahui bagaimana cara mengatasi hal tersebut. Maka tidak ada salahnya bagi kalian untuk melihat cara mengatasi mobil terendam banjir berikut.

Cara Mengatasi Mobil Terendam Banjir
Advertisements

Batas Aman Mobil Terendam Banjir

Sebelum kami lanjutkan ke informasi cara mengatasi mobil terendam banjir, alangkah baiknya jika kalian mengetahui terlebih dahulu berapa batas aman mobil terendam banjir? Dalam hal ini sebenarnya tidak ada acuan batas aman mobil terendam banjir.

Karena tinggi dari setiap mobil itu berbeda-beda, sehingga tidak memiliki batas aman. Hal yang paling penting ialah jangan sampai air masuk ke dalam saluran udara (air intake) pada mesin. Jadi asalakan air banjir belum melebihi ketinggian dari air intake, maka mobil masih aman.

Hal Yang Harus Dilakukan Saat Mobil Terendam Banjir

Lantas, hal apa saja yang harus dilakukan apabila mobil sudah terlanjur terendam banjir? Karena jika membiarkan mobil dengan kondisi terendam banjir dapat membuat kerusakan yang sangat parah terhadap mobil.

Apabila dilakukan beberapa hal pada saat mobil terendam banjir, maka hal tersebut dapat mengurangi tingkat kerusakan pada mobil. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dilakukan saat mobil terendam banjir.

  • Dorong mobil ke tempat kering, apabila masih memungkinkan untuk memindahkan mobil ke tempat kering, silahkan pindahkan mobil ke tempat kering dengan cara di dorong bukan dengan cara menghidupkan mesinnya.
  • Melepaskan kabel aki, hal tersebut dilakukan supaya tidak ada arus listrik yang keluar. Sehingga meminimalisir terjadinya konsleting listrik.
  • Nonaktifkan rem tangan, posisi rem tangan biasanya akan aktif pada saat mobil diparkirkan. Apabila mobil sudah terendam banjir, pastikan rem tangan di nonaktifkan. Supaya pada saat posisi terendam rem tidak menempel pada piringan.

Cara Mengatasi Mobil Terendam Banjir

Setelah mengetahui beberapa hal yang perlu dilakukan pada saat mobil terendam banjir, maka saatnya kalian mengetahui bagaimana cara mengatasi mobil terendam banjir? Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi mobil terendam banjir yang bisa kalian lakukan.

1. Keringkan Mobil

Cara mengatasi yang pertama ialah silahkan keringkan mobil terlebih dahulu, kalian bisa memanfaatkan panas matahari untuk mengeringkan mobil dengan mudah atau bisa menggunakan bantuan alat lainnya untuk mengeringkan mobil dengan cepat.

Namun setelah mobil kering, jangan langsung kalian hidupkan mesin mobilnya. Pastikan kalian periksa terlebih dahulu beberapa hal lainnya seperti beberapa hal yang akan kami jelaskan berikutnya.

2. Periksa Semua Sensor

Cara mengatasi berikutnya ialah memeriksa semua sensor yang terdapat pada mobil, pastikan semua sensor masih dalam kondisi baik setelah terendam air. Dan pastikan sensor pada mobil sudah dalam kondisi kering sebelum mesin mobil dinyalakan.

3. Menguras Tangki Bahan Bakar

Hal selanjutnya yang dapat dilakukan ialah menguras tangki bahan bakar. Posisi tangki bahan bakar yang ada dibawah mobil sudah dapat dipastikan akan terendam banjir, oleh karena itu tidak menutup kemungkinan jika akan ada air masuk ke dalam tangki bahan bakar.

Oleh karena itu, sebaiknya kuras terlebih dahulu tangki bahan bakar dan bersihkan dengan baik. Setelah it baru isi kembali dengan bahan bakar baru.

4. Memeriksa Mesin

Hal selanjutnya yang perlu dilakukan ialah memeriksa kondisi mesin. Mobil yang terendam banjir tidak menutup kemungkinan akan terkena banyak kotoran, baik lumpur atau benda lain. Pastikan kondisi mesin mobil masih dalam keadaan baik dan yang paling penting ialah saluran udara tidak kemasukan air banjir.

5. Bawa ke Bengkel

Apabila kalian sudah melakukan semua cara mengatasi diatas namun mesin mobil masih belum tetap menyala, alangkah baiknya jika kalian bawa mobil tersebut ke bengkel untuk diperiksa lebih lanjut. Kondisi mesin yang tidak mau menyala akibat terendam banjir biasanya dikarenakan mesin sudah kemasukan air.

Biaya Perbaikan Mobil Terendam Banjir

Lantas berapa biaya perbaikan mobil terendam banjir? Biaya untuk perbaikan mobil terendam banjir itu bervariasi, tergantung dari kerusakan yang dialami oleh mobil. Apabila tidak banyak komponen yang rusak, biasanya biaya yang dikenakan juga tidak banyak. Akan tetapi sebaliknya, jika banyak komponen yang rusak pasti biayanya akan mahal.

Pada umumnya, mobil dengan tingkat kerusakan tidak terlalu parah akan dipatok dengan biaya sampai 5 juta rupiah. Akan tetapi, untuk mobil dengan tingkat kerusakan parah, biaya yang dikenakan bisa mencapai belasan juta. Kembali lagi tergantung pada komponen yang rusak.

Akhir Kata

Demikian itu informasi tentang cara mengatasi mobil terendam banjir yang sekiranya dapat Uji Kokoh berikan pada kesempatan hari ini, mudah-mudahan saja informasi tentang cara mengatasi diatas bisa memberikan tambahan pengetahuan untuk kalian-kalian semuanya.

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.