4 Cara Mengatasi Motor Injeksi Kehabisan Bensin dan Efek Pada Motor

Advertisements

Cara Mengatasi Motor Injeksi Kehabisan Bensin – Injeksi merupakan salah satu sistem suplai bahan bakar yang saat ini banyak digunakan pada motor atau mobil keluaran terbaru. Sistem suplai bahan bakar ini awalnya hanya digunakan pada mesin dengan jenis bensin solar, namun saat ini dapat digunakan pada jenis bensin gasoline.

Penggunaan sistem bahan bakar injeksi memiliki tujuan agar konsumsi bahan bakar atau bensin menjadi lebih irit. Namun jika dibandingkan dengan sistem bahan bakar karburtor, sistem bahan bakar injeksi jauh lebih rumit dan perawatan sistem bahan bakar tersebut lebih sulit.

Ditambah lagi, sistem bahan bakar injeksi juga tidak boleh kehabisan bensin atau bahan bakar. Karena jika hal tersebut sampai terjadi akan cukup sulit untuk menghidupkan mesin motor tersebut. Oleh karena itu, banyak orang bertanaya apakah motor injeksi tidak boleh kehabisan bensin.

Advertisements

Nah, untuk kalian yang sekiranya sedang mengalami permasalahan motor injeksi susah hidup karena kehabisan bensin, maka tidak ada salahnya bagi kalian untuk melihat terlebih dahulu informasi cara menghidupkan motor injeksi karena kehabisan bensin yang akan kami berikan hari ini.

Cara Mengatasi Motor Injeksi Kehabisan Bensin
Advertisements

Efek Motor Injeksi Kehabisan Bensin

Diantara kalian pasti ada yang bertanya apa efek atau dampak motor injeksi kehabisan bensin? Adapun efek utama yang didapatkan apabila motor injeksi kehabisan bensin adalah terjadi kerusakan pada fuel pump atau pompa bahan bakar dan dapat mengakibatkan motor susah hidup.

Fuel pump sendiri berfungsi sebagai pemasok bahan bakar dari tangki ke sistem suplai bahan bakar, apabila komponen tersebut tidak bekerja atau rusak maka sistem suplai bahan bakar tidak dapat memberikan suplai bahan bakar sebagaimana mestinya ke mesin.

Selain digunakan sebagai sumber energi pembakaran, bahan bakar pada motor injeksi juga berfungsi sebagai pendingin fuel pump. Karena kondisi fuel pump sendiri harus tetap dingin dan bahan bakar yang lewat itu dapat berfungsi juga sebagai pendingin fuel pump.

Maka dari itu, apabila motor injeksi kehabisan bensin memiliki akibat cukup buruk pada fuel pump. Apabila kondisi tersebut terjadi hanya satu atau dua kali mungkin belum memberikan efek yang begitu besar, akan tetapi jika terjadi berkali-kali maka dapat merusak komponen tersebut.

Cara Mengatasi Motor Injeksi Kehabisan Bensin

Lantas bagaimana cara mengatasi motor injeksi kehabisan bensin? Cara mengatasi atau menghidupkan motor inejksi yang kehabisan bahan bakar sebenarnya cukup mudah, hanya saja perlu proses yang cukup lama. Sehingga kalian perlu banyak bersabar apabila ingin mengidupkan motor injeksi yang kehabisan bahan bakar.

1. Mengisi Bensin

Hal pertama yang dapat dilakukan ialah mengisi kembali bahan bakar atau bensin. Usahakan untuk menggunakan jenis bahan bakar yang sesuai untuk motor injeksi, agar proses pembakaran bisa lebih sempurna dan menjaga komponen-komponen yang ada dalam mesin motor itu sendiri.

2. Diamkan Terlebih Dahulu

Setelah mengisi bahan bakar pada motor, diamkan motor terlebih dahulu untuk beberapa saat. Kurang lebih antara 10 sampai 15 menit, hal tersebut bertujuan agar tidak terjadi kerusakan secara fatal karena kondisi bahan bakar pada motor yang sebelumnya telah habis.

3. Posisikan Kunci On

Cara selanjutnya ialah memposisikan kunci pada posisi ON dan biarkan sampai suara pada fuel pump berhenti atau fuel pump sudah benar-benar aktif. Setelah itu posisikan kembali kunci pada posisi OFF. Lakukan cara tersebut kurang lebih sebanyak 5 sampai 10 kali, namun jangan menghidupkan mesin terlebih dahulu.

Hal tersebut bertujuan agar bahan bakar mengisi seluruh bagian fuel pump terlebih dahulu. Karena jika kondisi setelah kehabisan bensin maka pada bagian fuel pump juga akan kosong dan setelah motor diisi bahan bakar, fuel pump juga belum terisi bahan bakar secara sempurna.

Apabila kondisi fuel pump masih belum terisi bahan bakar dan mesin motor langsung dinyalakan, maka hal tersebut akan merusak fuel pump. Maka dari itu perlu dipancing dengan cara memposisikan kunci kontak ke posisi ON dan OFF terlebih dahulu sebelum menghidupkan mesin.

4. Nyalakan Mesin

Setelah kalian melakukan langkah diatas dan merasa fuel pump sudah terisi dengan bahan bakar secara sempurna, maka langkah selanjutnya tinggal menyalakan mesin menggunakan kick starter. Jangan menggunakan electric starter terlebih dahulu.

Namun untuk kalian yang sekiranya kesulitan dalam menggunakan kick starter, maka bisa langsung menggunakan elektrik starter. Namun cukup dengan menekan elektrik starter saja tanpa harus menarik tuas gas.

Jenis Bensin / Bahan Bakar Motor Injeksi

Kemudian jenis bahan bakar apa yang sekiranya cocok digunakan untuk motor injeksi? Motor dengan sistem suplai bahan bakar injeksi sebenarnya disarankan untuk menggunakan bahan bakar dengan oktan tinggi seperti Pertamax, namun motor jenis tersebut masih dapat juga menggunakan bahan bakar Pertalite.

Akhir Kata

Demikian itu informasi mengenai cara mengatasi motor injeksi kehabisan bensin yang sekiranya dapat Uji Kokoh berikan untuk kalian hari ini, semoga saja informasi seputar sepeda motor yang baru saja kami berikan diatas tadi dapat menambah pengetahuan kalian semua.

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *