Cara Mengatasi Ninja R Ngempos dan Penyebab

Advertisements

Cara Mengatasi Ninja R Ngempos – Kawasaki Ninja R merupakan jenis motor sport produksi Kawasaki dengan kapasitas mesin 150 cc, motor ini menjadi salah satu pilihan banyak anak muda karena tampilan motor yang sudah sangat sporty dan juga performa mesin yang handal.

Namun seiring dengan berjalanannya waktu, motor Ninja R juga dapat mengalami ngempos atau tidak memiliki tenaga. Hal tersebut tentunya bisa disebabkan oleh beberapa faktor, namun faktor paling utama ialah karena usia komponen setiap motor pasti ada batasannya.

Untuk kalian yang sekiranya sedang mengalmi motor Ninja R ngempos, maka tidak ada salahnya bagi kalian untuk melihat terlebih dahulu informasi yang pada kesempatan hari ini akan kami berikan mengenai cara mengatasi Kawasaki Ninja R ngempos dan penyebabnya.

Advertisements

Barang kali saja setelah melihat informasi yang kami berikan pada kesempatan hari ini, masalah yang sedang kalian alami bisa teratasi. Apabila kalian sudah ingin mengetahui informasi yang pada kesempatan hari ini akan kami berikan secara lengkap, maka bisa langsung melihat informasinya dibawah ini.

Cara Mengatasi Ninja R Ngempos
Advertisements

Penyebab Ninja R Ngempos

Sebelum kami lanjutkan ke cara mengatasi Ninja R ngempos, alangkah baiknya jika mengetahui terlebih dahulu apa saja yang menjadi penyebab permasalahan tersebut. Dengan mengetahui penyabab masalah tersebut, maka akan dapat ditemukan cara mengatasi yang tepat.

1. Karburator Kotor

Penyebab pertama bisa dikarenakan karburator kotor, kondisi karburator yang kotor dapat membuat bahan bakar yang digunakan menjadi kurang bagus. Sehingga hasilnya proses pembakaran juga menjadi tidak sempurna dan berakibat ke performa yang ngempos.

Selain itu, settingan karburator yang tidak sesuai juga dapat berpengaruh terhadap performa motor menjadi ngempos. Maka dari itu, hal pertama yang bisa kalian periksa untuk kondisi motor ini adalah periksa karburator Ninja R terlebih dahulu.

2. Mesin Overheat

Penyebab selanjutnya adalah karena mesin overheat atau terlalu panas, hal ini bisa dikarenakan mesin sudah terlalu lama digunakan ataupun karena sistem pendinginan tidak berfungsi dengan baik. Sehingga mesin Ninja R mengalami overheat.

Selain itu, kondisi mesin Ninja R overheat dapat dikarenakan oleh kondisi oli yang sudah tidak baik. Apabila kondisi oli sudah tidak baik maka oli tersebut tidak dapat bekerja mendinginkan mesin secara maksimal, sehingga terjadi overheat pada mesin.

3. Ring Piston Aus

Hal selanjutnya yang dapat menyebabkan Kawasaki Ninja R ngempos adalah ring piston atau ring seher aus. Kondisi ring piston yang aus membuat proses kompresi menjadi tidak maksimal dan terjadi kebocoran oli mesin, sehingga dapat membuat mesin ngempos.

4. Piston Aus

Hal selanjutnya adalah piston aus, kondisi ini tidak berbeda jauh dengan kondisi ring piston yang aus. Karena kondisi tersebut membuat performa mesin menjadi tidak maksimal lagi, sehingga motor akan terasa ngempos atau tidak bertenaga pada saat digunakan.

5. CDI Lemah

Hal terakhir yang bisa menjadi penyebab Kawasaki Ninja R ngempos adalah kondisi CDI sudah mulai lemah, karena fungsi CDI adalah untuk mengatur besar kecilnya percikan api yang dihasilkan untuk pembakaran pada mesin.

Sedangkan CDI sendiri memiliki masa pakai atau usia, sehingga pada saat masa pakai sudah habis dapat mempengaruhi performa pada mesin. Termasuk kondisi mesin menjadi ngempos pada saat digunakan, terutama pada saat rpm tinggi.

Cara Mengatasi Ninja R Ngempos

Lantas bagaimana cara mengatasi Ninja R ngempos? Untuk cara mengatasi permasalahan tersebut, alangkah baiknya periksa penyebab permasalahan tersebut mulai dari awal seperti yang sudah kami jelaskan diatas sebelumnya.

Maka hal pertama yang bisa dilakukan ialah membersihkan karburator terlebih dahulu, setelah itu silahkan setting karburator Ninja R semaksimal mungkin. Apabila cara mengatasi ini masih belum berhasil, berarti lanjutkan ke penyebab kedua, yaitu karena kondisi mesin overheat.

Untuk penyebab ini, maka kalian bisa periksa sistem pendingin pada Ninja R apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak. Selain itu, kalian juga bisa coba mengganti oli mesin yang digunakan. Setelah itu silahkan coba kembali motornya, apakah masih ngempos atau tidak.

Apabila cara mengatasi tersebut masih belum juga dapat mengatasi permasalahan, maka silahkan lanjutkan ke penyabab selanjutnya dan coba atasi sesuai penyebabnya begitu seterusnya sampai ke penyebab terakhir permasalahan tersebut.

Settingan Ninja R Agar Tidak Ngempos

Setelah berhasil mengatasi permasalahan motor Ninja R ngempos, kemudian kalian ingin meningkatkan performa mesin dari motor Kawasaki tersebut. Maka kalian bisa melakukan beberapa cara, salah satu diantaranya adalah melakukan Porting Polish pada mesin Ninja R.

Porting polish adalah metode menghaluskan bagian masuk dan keluar bahan bakar pada mesin. Maksud dari membersihkan bagian tersebut ialah untuk mempercepat proses penyaluran bahan bakar serta udara, sehingga proses pembakaran dapat berjalan lebih cepat dan akan meningkatkan performa mesin.

Akhir Kata

Demikian itu informasi mengenai cara mengatasi Ninja R ngempos yang sekiranya dapat Uji Kokoh berikan untuk kalian semua, mudah-mudahan saja informasi yang baru saja kami berikan diatas tadi dapat memberikan banyak manfaat dan menambah pengetahuan kalian seputar dunia otomotif.

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *