3 Cara Mengatasi Ring Seher Motor Aus : Penyebab & Ciri

Advertisements

Cara Mengatasi Ring Seher Motor Aus – Kembali lagi pada kesempatan hari ini kami akan membahas tentang sepeda motor, dimana informasi yang akan kami berikan pada kesempatan hari ini untuk kalian adalah mengenai cara mengatasi ring seher atau piston motor aus.

Ring seher atau dikenal juga ring piston merupakan komponen berbentuk ring yang terletak pada bagian atas piston. Fungsi ring seher atau piston ini adalah untuk mencegah terjadinya kebocoran kompresi yang terjadi di dalam ruang pembakaran. Oleh karena itu, ring piston dikenal juga dengan ring kompresi.

Nah, untuk kalian yang sekiranya sedang mengalami permasalahan tersebut, maka tidak ada salahnya bagi kalian untuk melihat terlebih dahulu informasi yang pada kesempatan hari ini akan kami berikan. Siapa tahu saja informasi yang akan kami berikan hari ini dapat membantu permasalahan kalian.

Advertisements

Karena selain memberikan informasi mengenai cara mengatasi ring piston motor aus, kami juga turut memberikan informasi seputar ciri-ciri ring piston aus sampai dengan penyebab ring piston pada motor aus. Untuk kalian yang sudah ingin mengetahui informasi yang kami berikan secara lengkap, maka bisa langsung melihatnya dibawah ini.

Cara Mengatasi Ring Seher Motor Aus
Advertisements

Ciri-Ciri Ring Seher Motor Aus

Sebelum kami bahas lebih lanjut tentang cara mengatasi ring seher aus, alangkah baiknya jika kalian mengetahui terlebih dahulu beberapa ciri-ciri ring seher motor aus terlebih dahulu. Dengan mengetahui ciri-ciri tersebut, maka kalian bisa memutuskan jika kerusakan motor kalian merupakan karena ring seher aus.

1. Muncul Asap Putih

Ciri yang pertama ialah munculnya asap putih dari knalpot atau gas buang yang dihasilkan dari pembakaran berwarna putih. Kondisi tersebut dikarenakan oleh masuknya oli mesin ke dalam ruang kompresi atau pembakaran. Kondisi oli mesin yang ikut terbakar maka akan menghasilkan gas buang warna putih.

2. Oli Mesin Cepat Habis

Ciri yang kedua ialah oli mesin cepat habis. Hal tersebut dikarenakan oli mesin ikut masuk ke dalam ruang pembakaran dan ikut terbakar saat kompresi. Sehingga lama kelamaan oli mesin akan habis, karena ikut terbakar pada saat terjadinya kompresi tersebut.

3. Mesin Terasa Bergetar

Ciri selanjutnya ialah mesin terasa bergetar, hal tersebut terjadi karena terdapat celah pada piston dan rumah piston. Dimana celah tersebut yang nantinya akan menimbulkan benturan antara rumah piston dan piston. Sehingga akan menimbulkan sebuah getaran pada mesin.

Selain dapat menimbulkan sebuah getaran, hal lainnya yang bisa terjadi ialah suara mesin menjadi kasar. Kondisi tersebut juga terjadi karena terdapat celah pada bagian piston dan rumah piston yang diakibatkan oleh kondisi ring seher pada motor sudah aus atau tidak dalam kondisi baik lagi.

4. Performa Mesin Menurun

Ciri atau tanda-tanda ring seher aus yang terakhir adalah performa mesin menurun, meskipun kondisi ini sebenarnya bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti misalnya CDI Motor Rusak. Namun tidak menutup kemungkinan hal tersebut dikarenakan oleh ring seher aus.

Kondisi ring seher aus yang menyebabkan terjadinya ke bocoran pada ruang kompresi sudah pasti akan membuat energi yang dihasilkan tidak lagi maksimal, maka hal tersebut akan berdampak pada performa mesin itu sendiri.

Penyebab Ring Seher Motor Aus

Setelah mengetahui apa saja yang menjadi ciri-ciri atau tanda ring seher motor aus, maka hal lain yang perlu diketahui ialah penyebab ring piston aus. Karena selain usia pakai terdapat beberapa penyebab yang bisa membuat ring seher motor aus.

Beberapa penyebab ring piston motor aus itu sendiri diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Oli mesin yang digunakan tidak sesuai. Penggunaan oli mesin yang tidak sesuai bisa menyebabkan mesin overheat atau mengalami panas berlebihan yang akhirnya berdampak pada ring seher menjadi aus karena mengalami kondisi panas yang berlebihan.
  • Selain itu, kondisi mesin yang jarang ganti oli juga bisa menyebabkan ring seher motor aus. Hal tersebut juga sebenarnya tidak berbeda jauh dengan penyebab pertama, yaitu dapat menjadikan mesin overheat. Karena kondisi oli yang sudah tidak bagus tentunya tidak dapat mendinginkan mesin secara maksimal lagi.

Cara Mengatasi Ring Seher Motor Aus

Setelah mengetahui beberapa hal tentang ciri-ciri dan penyebab ring seher motor aus, maka saatnya saatnya mengetahui bagaimana cara mengatasi ring seher motor aus. Dimana beberapa hal yang dapat kalian lakukan untuk menjaga kondisi ring seher tidak cepat aus adalah sebagai berikut:

  • Usahakan untuk melakukan perawatan secara rutin, terutama perawatan pada bagian mesin. Seperti mengganti oli secara rutin.
  • Selain itu, lakukan perawatan juga pada bagian sistem pendingin mesin, baik itu sistem pendingin air atau udara. Karena kondisi sistem pendingin yang tidak baik dapat menyebabkan ring seher aus seperti yang sudah kami jelaskan diatas.
  • Hal terakhir yang dapat dilakukan ialah menggunakan rekomendasi oli yang sesuai dengan jenis motor. Karena tingkat kepanasan setiap motor berbeda-beda sehingga terdapat rekomendasi oli yang diperuntunkan pada setiap jenis motornya.

Akhir Kata

Demikian itu informasi seputar cara mengatasi ring seher motor aus yang sekiranya Uji Kokoh dapat berikan pada kesempatan sekarang ini, mudah-mudahan saja informasi yang baru kami berikan diatas dapat memberikan banyak tambahan pengetahuan seputar dunia otomotif khususnya sepeda motor.

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *