7 Cara Mengemudi Mobil Manual di Tanjakan 2021

Cara Mengemudi Mobil Manual di Tanjakan – Apakah kalian merupakan pengguna mobil manual? Jika demikian, kami rasa informasi berikut sangat bermanfaat.

Melalui artikel ini kami akan menjelaskan tata cara mengemudi mobil manual di jalanan menanjak dan menurun. Sebab, saat ini masih cukup banyak masyarakat yang belum tahu cara mengemudi di medan tersebut.

Untuk berkendara di tanjakan tentu hal utama yang paling penting adalah peforma mobil. Meskipun demikian, kami mempunyai cara agar mobil manual bertenaga lemah sekalipun tetap bisa melewati tanjakan curam.

Kemudian saat menemui jalanan menurun, kami sarankan untuk memperhatikan kampas rem mobil. Jika sudah aus, berarti kalian wajib MENGGANTI KAMPAS REM MOBIL.

Cara Mengemudi Mobil Manual di Tanjakan dan Turunan

Cara Mengemudi Mobil Manual di Tanjakan dan Turunan

Sampai disini pasti kalian sudah penasaran seperti apa trik berkendara di jalanan menanjak dan menurun menggunakan mobil manual. Baiklah, untuk menjawab rasa penasaran kalian, silahkan simak ulasan dibawah ini.

Cara Mengemudi Mobil Manual di Tanjakan

Saat ini masih banyak pengguna mobil manual yang kurang paham mensiasati berkendara di jalanan menanjak. Nah, sesuai janji kami diatas, berikut adalah cara mengendarai mobil manual di tanjakan :

1. Gunakan Gigi Rendah

Gunakan Gigi Rendah

Pertama, pastikan kalian menggunakan gigi rendah (1 atau dua) saat menemui tanjakan curam. Cara ini jauh lebih efektif daripada memainkan kopling setengah agar kuat melewat jalanan menanjak.

2. Gunakan Rem Tangan Sebagai Pengganti Kopling

Gunakan Rem Tangan Sebagai Pengganti Kopling

Kemudian kalian juga bisa menggunakan rem tangan ketika harus berhenti di tengah-tengah tanjakan. Cara ini bertujuan agar mobil tidak turun ketika berhenti. Lalu saat mobil mulai berjalan, silahkan lepas rem tangan secara perlahan sambil melepaskan pedal kopling.

3. Gunakan Rem Kaki & Kopling Saat Menemui Tanjakan Landai

Gunakan Rem Kaki Kopling Saat Menemui Tanjakan Landai

Saat menemui tanjakan landai, kami sarankan kalian untuk menggunakan rem kaki dan kopling. Sebab di tanjakan landai kalian akan lebih mudah mengendarai dibandikan pada jalanan menanjak yang curam.

4. Selalu Jaga Jarak

Selalu Jaga Jarak

Jaga jarak dengan mobil di depan dan di belakang kalian juga sangat penting. Hal ini akan menghindari resiko tabrakan jika salah satu mobil ada yang tidak kuat melewati tanjakan.

Cara Mengendarai Mobil Manual di Turunan

Selain mengendarai mobil manual di jalanan menanjak, kami juga memiliki cara mengemudi mobil manual di turunan. Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak point-point berikut ini :

1. Gunakan Engine Brake

Gunakan Engine Brake

Saat mengemudi mobil manual di turunan adalah penggunaan Engine Brake. Cara ini mewajibkan kalian untuk mengurangi transmisi secara perlahanan sampa gigi 1 atau 2. Kemudian gunakan Engine Brake untuk mengurangi kinerja rem dalam mengurangi kecepatan mobil manual di jalanan menurun.

2. Injak Pedal Rem Secara Perlahan

Injak Pedal Rem Secara Perlahan

Kemudian kalian juga tidak boleh menginjak pedal rem secara terus menerus. Lakukan pengereman secara perlahana dan berkala. Cara ini bertujuan agar rem tidak blong karena kehabisan angin.

3. Hindari Menginjak Pedal Kopling

Hindari Menginjak Pedal Kopling

Terakhir, jangan sekali-kali menginjak pedal kopling saat menemui turunan yang curam. Sebab cara ini bisa mengakibatkan mobil manual melesat dengan sangat kencang dikarenakan transmisi terkunci.

FAQ

Apakah Mobil Manual Memiliki Cara Khusus Saat Melewati Tanjakan?

Ada. Silahkan ikuti cara dan tips yang kami sajikan diatas.

Apa yang Harus Dilakukan Saat Mengemudi Mobil Manual di Turunan?

Gunkan Engine Brake dan hindari mengijak pedal kopling yang bisa mengakibatkan mobil melesat cepat.

Itulah berberapa cara untuk mengemudi mobil manual di jalanan menanjak dan menurun yang bisa Ujikokoh.com sajikan. Sampai disini, apakah kalian sudah paham mengenai tata cara diatas? Jika demikian, sekarang kalian bisa mengemudi mobil manual dengan lebih baik , khususnya saat melaui tanjakan dan turunan.

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *