2 Cara Menghidupkan Mobil Aki Tekor : Mobil Matic & Manual

Cara Menghidupkan Mobil Aki Tekor – Aki atau baterai merupakan komponen yang berfungsi untuk menghidupakan atau menjalankan berbagai macam komponen elektronik atau yang membutuhkan energi listrik. Komponen elektronik utama yang membutuhkan ialah motor starter.

Apabila kondisi aki tekor, maka motor starter tidak dapat berfungsi secara normal. Hal tersebut pastikan dapat berpengaruh ke cara menghidupkan mobil yang menjadi sulit. Penyebab aki tekor pada mobil sendiri ada banyak, seperti misalnya penggunaan aksesoris terlalu banyak, dll.

Namun kalian tidak perlu merasa khawatir apabila aki mobil kalian tekor. Karena meskipun kondisi aki tekor, masih ada cara menghidupkan mobil tanpa aki. Akan tetapi cara tersebut tidak dapat digunakan setiap hari, karena dapat merusak komponen mobil lainnya.

Untuk kalian yang sekiranya saat ini sedang mengalami masalah dalam hal menghidupkan mesin mobil dikarenakan aki mobil tersebut tekor. Maka tidak ada salahnya apabila kalian melihat terlebih dahulu informasi cara menghidupkan mobil aki tekor berikut ini.

Cara Menghidupkan Mobil Aki Tekor

Penyebab Aki Mobil Cepat Tekor

Penyebab aki mobil cepat tekor sendiri itu ada banyak sekali, namun untuk kalian yang sudah memahami CIRI-CIRI AKI SOAK, maka tidak akan terjadi kondisi seperti ini. Karena pada saat kalian mengetahui aki sudah terasa akan habis atau tekor, maka kalian bisa langsung mengatasinya.

Namun untuk kalian yang belum mengetahui, maka tidak ada salahnya jika melihat terlebih dahulu beberapa penyebab aki mobil cepat tekor berikut ini.

1. Masa Pakai Aki Habis

Sama seperti komponen lainnya, aki pada mobil juga memiliki masa pakai atau umur. Apabila masa pakai sudah habis, maka aki akan tekor dan cara mengatasi hal tersebut ialah dengan mengisi ulang daya ataupun mengganti aki mobil dengan yang baru.

2. Alternator Rusak

Alternator merupakan komponen dengan fungsi untuk mensuplai aliran listrik ke aki, apabila alternator sampai rusak maka aki tidak dapat mengisi listrik. Akibatnya, aki pada mobil akan tekor dan tidak dapat digunakan. Apabila penyebab aki tekor adalah hal tersebut, maka silahkan perbaiki alternator atau menggantinya.

3. Mobil Lama Tidak Digunakan

Kondisi mobil yang jarang digunakan menyebabkan aki atau baterai tidak mendapatkan suplai listrik, karena proses pengisian listrik pada aki terjadi pada saat mobil digunakan. Oleh karena itu, untuk kalian yang jarang menggunakan mobil, sebisa mungkin untuk secara rutin memanaskan mesin mobil.

4. Aksesoris Mobil Berlebihan

Penggunaan aksesorsi mobil yang berlebihan tentunya akan menambah beban listrik yang dibutuhkan. Hal tersebut juga bisa menjadi salah satu penyebab aki cepat tekor. Oleh karena itu, kalian harus lebih bijak dalam menggunakan aksesoris mobil, pastikan menggunakan aksesoris yang fungsional saja.

5. Salah Cara Pemakaian

Penyebab terakhir aki cepat tekor ialah salah dalam cara pemakaian, seperti misalnya adalah AC dalam kondisi menyala pada saat baru akan menghidupkan mobil, menyalakan player pada saat kondisi mobil sedang mati dan masih ada beberapa hal lainnya lagi.

Cara Menghidupkan Mobil Aki Tekor

Lantas bagaimana cara menghidupkan mobil aki tekor? cara menghidupkan mesin mobil tanpa aki ini sebenarnya tidak berbeda jauh dengan cara menghidupkan mesin motor. Dan cara untuk menghidupkan mesin mobil ini tergantung dari jenis mobilnya, yaitu mobil manual atau matic.

Jadi sebelum kalian mengikuti cara menghidupkan mesin mobil yang akan kami berikan pada kesempatan hari ini, pastikan kalian pilih cara yang sesuai dengan tipe mobil yang dimiliki. Supaya hasil yang didapatkan bisa sesuai dengan yang diharapkan.

Cara Menghidupkan Mobil Matic Aki Tekor

Cara menghidupkan mobil matic aki tekor ialah dengan cara jumper aki. Dimana beberapa hal yang dibutuhkan ialah aki normal dan kabel jumper. Cara selanjutnya tinggal menghubungkan kabel jumper sesuai dengan kutub pada aki dengan aki normal yang telah disiapkan.

Sebelum menghidupkan mesin mobil, pastikan semua komponen elektronik seperti AC, audio player atau komponen lainnya dalam kondisi mati. Setelah itu silahkan starter mobil seperti biasa sampai mesin mobil hidup, kemudian lepaskan kabel jumper dengan perlahan-lahan.

Setelah itu biarkan mesin mobil tetap menyala kurang lebih selama 15 menit supaya aki mobil yang tekor dapat terisi kembali dan usahakan untuk menjaga rpm mobil pada posisi angka 1000 rpm kurang lebih dalam waktu 3 sampai 4 menit.

Cara Menghidupkan Mobil Manual Aki Tekor

Sedankan untuk kalian yang memiliki mobil manual, kalian bisa menggunakan cara jumper aki sama seperti yang dilakukan untuk menghidupkan mobil matic. Akan tetapi ada cara lain juga yang dapat dilakukan pada tipe mobil manual, yaitu dengan cara menghidupkan paksa.

Cara menghidupkan paksa mobil manual ialah dengan cara memposisikan transmisi pada gigi 3 atau 4, setelah itu injak pedal kopling. Setelah itu silahkan dorong mobil dengan jarak kurang lebih 10 sampai 15 meter untuk mengisi putaran mesin.

Setelah jarak yang dibutuhkan dirasa sudah cukup, silahkan lepas kopling mobil sembari menekan pedal gas. Apabila mesin mobil berhasil hidup, silahkan tekan kembali pedal kopling dan posisikan pada gigi rendah atau bisa menetralkan sembari menunggu aki tekor kembali terisi selama beberapa menit.

Harga Aki Mobil Terbaru

Apabila kondisi aki mobil kalian sudah terlanjur rusak dan tidak dapat diperbaiki, maka langsung saja kalian ganti aki mobil dengan yang baru. Adapun untuk referensi harga aki mobil sendiri bisa langsung kalian lihat secara lengkap dibawah ini.

Tipe AkiHarga
Aki Basah GS Premium Ns40Rp 630.000,00
Aki Kering GS Astra Ns40Rp 700.000,00
Aki Basah GS Astra Ns70Rp 985.000,00
Aki Hybrid GS Astra Ns60LsRp 780.000,00
Aki Mobil Furukawa Ns60Rp 623.000,00
Aki Mobil Yuasa Ns60LsRp 609.000,00
Aki RCAbatt Ns40ZIRp 495.000,00
Aki Mobil Osaka Ns60LRp 499.000,00
Aki Bosch MF 80D23LRp 1.310.000,00
Aki Amaron 55B24LSRp 950.000,00

Akhir Kata

Kami rasa cukup sekian dulu informasi tentang cara menghidupkan mobil aki tekor dari Uji Kokoh, semoga saja informasi tentang cara menghidupkan mesin mobil tanpa aki yang baru saja kami berikan diatas bisa memberikan tambahan ilmu pengetahuan untuk kalian semua.

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *