12 Cara Mengkilapkan Motor Agar Awet dan Terlihat Baru

Cara Mengkilapkan Motor – Memiliki sepeda motor yang selalu mengkilap tentunya menjadi impian setiap orang yang memiliki sepeda motor. Hal ini terbilang mustahil, mengingat sepeda motor merupakan ciptaan manusia yang pasti akan rusak dan usang. Namun setidaknya kita berusaha merawat dan menjaga motor kita tetap mengkilap.

Dengan adanya cara mengkilapkan motor setidaknya motor kita dapat mengkilap dalam jangka waktu yang lama. Kondisi motor yang mengkilap tentunya akan membuat motor yang kita miliki menjadi lebih keren dan terawat. Selain itu, motor yang kinclong juga akan memberikan kenyamanan dalam berkendara kemana saja.

Dengan begitu apakah anda tertarik untuk memiliki motor yang mengkilap agar terlihat keren ? jika iya, maka anda harus melakukan perawatan yang rutin. Kebanyakan orang menggunakan salon motor untuk mengkilapkan sepeda motornya. Hal tersebut terbilang wajar, namun menggunakan salon motor membutuhkan biaya yang cukup mahal.

Berbicara tentang mengkilapkan motor, pada kesempatan kali ini ujikokoh akan sajikan informasi tentang cara mengkilapkan motor. Jadi bagi yang belum mengetahui caranya, maka inilah saat yang paling tepat untuk mengetahuinya. Untuk informasi lebih lengkapnya silahkan simak ulasan mendalam yang akan ujikokoh sajikan berikut ini.

Cara Mengkilapkan Motor Agar Terlihat Keren Dengan Mudah

Cara Mengkilapkan Motor Agar Terlihat Keren Dengan Mudah

Ada banyak cara mengkilapkan motor yang bisa anda lakukan dengan mudah dan terbukti ampuh. Banyaknya cara membuat anda akan dengan begitu gampang membuat dan menjaga bodi motor anda tetap terjaga. Sehingga motor anda akan mengkilap seperti baru dan terlihat keren. Adapun caranya sebagai berikut.

1. Jauhkan Dari Sinar Matahari Langsung

Jauhkan Dari Sinar Matahari Langsung

Untuk cara yang pertama silahkan jauhkan motor dari sinar matahari langsung. Hal ini terjadi ketika anda memarkirkan motor. Ada baiknya anda memarkirkan motor ditempat yang teduh. Apabila motor anda terpapar sinar matahari langsung yang mengandung sinar ultraviolet, maka lapisan cat motor anda akan rusak.

2. Hindari Penggunaan Detergen

Hindari Penggunaan Detergen

Banyak orang yang menganggap mencuci motor menggunakan detergen akan mengkilapkan motor. Hal ini justru akan membuat motor menjadi kusam. JIka ingin mengkilapkan motor disarankan mencuci menggunakan sampho motor. Maka dari itu sebaiknya hindari penggunaan detergen dalam mencuci motor.

3. Menggunakan Kompon dan Poles

Menggunakan Kompon dan Poles

Cara berikutnya, silahkan gunakan kompon dan poles. Kompon berguna untuk menghilangkan goresan halus, yang bentuknya seperti gel. Sedangkan poles berbentuk cairan yang akan mengkilapkan bodi motor anda. Kedua bahan ini bisa anda dapatkan dengan harga yang murah. Silahkan gunakan kain untuk menggosoknya dengan cara memutar.

4. Menggunakan Beeswax

Menggunakan Beeswax

Beberapa produk perawatan bodi motor yang digunakan untuk mengkilapkan mengandung beeswax. Sehingga beeswax ini mampu membuat bodi motor anda mengkilap. Dengan menggunakan beeswax motor akan menjadi lebih lembut, tidak mengelupaskan cat dan menjaga warna asli dari kendaraan tetap cerah.

5. Mencuci Setelah Terkena Air Hujan

Mencuci Setelah Terkena Air Hujan

Banyak orang yang menganggap remeh air hujan bagi motor. Air hujan akan memberikan dampak yang dapat menimbulkan karat pada bodi motor. Sehingga hal ini akan merusak lapisan cat pada sepeda motor. Maka dari itu segeralah mencuci motor apabila terkena air hujan agar bodi motor tetap mengkilap sehingga terlihat lebih keren.

6. Rutin Mencuci Sepeda Motor

Rutin Mencuci Sepeda Motor

Nah, perawatan yang paling penting yaitu mencuci motor. Pastikan anda mencuci motor anda secara rutin. Jangan sampai terlalu jarang mencuci motor anda, hal ini akan menimbulkan kotoran dan debu yang menumpuk akan menimbulkan pengelupasan cat bodi motor. Selain itu, apabila jarang mencucinya, motor anda juga akan terlihat kusam.

7. Keringkan Motor Setelah Dicuci

Keringkan Motor Setelah Dicuci

Setelah mencuci motor pastikan anda mengeringkan motor hingga benar-benar kering. Jangan sampai ada air yang mengendap, karena hal tersebut akan mengakibatkan karat dan membuat warna menjadi pudar. Perlu diingat saat mengeringkan motor di bawah sinar matahari pastikan tidak menjemurnya terlalu lama.

8. Menggunakan Minyak Goreng

Menggunakan Minyak Goreng

Minyak goreng ternyata bisa membuat bodi motor anda mengkilap. Caranya yaitu, setelah mencuci motor dengan bersih dan sudah dalam keadaan kering, silahkan gosokkan menggunakan kain ke seluruh bodi motor anda, maka bodi motor akan mengkilap. Pastikan menggunakan minyak goreng yang baru buka minyak bekas dipakai untuk menggoreng.

9. Tutup Bodi Motor Dengan Skotlet

Tutup Bodi Motor Dengan Skotlet

Banyak orang memilih cara yang satu ini, pasalnya dengan menggunakan skotlet bodi motor anda akan terlindungi dari goresan dan sinar matahari langsung. Selain itu, skotlet juga akan membuat bodi motor anda mengkilap. Jadi cara ini bisa anda coba di motor anda.

10. Gunakan Minyak Kayu Putih

Gunakan Minyak Kayu Putih

Selain minyak goreng ternyata minyak kayu putih juga dapat mengkilapkan motor. Hal ini karena minyak kayu putih mampu membersihkan noda yang membandel pada bodi motor anda. Cara menggunakan minyak kayu putih sangatlah mudah, anda tinggal menggosoknya ke bagian bodi motor yang kusam.

11. Detailing Motor

Detailing Motor

Untuk cara yang satu ini dapat anda lakukan apabila anda memiliki cukup biaya. Workshop detailing akan membersihkan seluruh bagian motor anda hingga bersih dan mengkilap. Sehingga motor anda akan terlihat keren saat digunakan.

12. Cat Ulang Bodi Motor

Cat Ulang Bodi Motor

Nah untuk cara yang terakhir, dapat anda lakukan apabila bodi motor anda dalam keadaan yang benar-benar parah. Apabila hal ini dialami anda maka anda perlu mengecat ulang bodi motor anda. Tentunya cara ini akan membuat motor anda mengkilap dan seperti baru dibeli.

Itulah beberapa cara mengkilapkan motor yang dapat ujikokoh.com sajikan untuk anda semuanya. Cara-cara di atas sangatlah mudah sehingga anda dapat melakukannya kapan saja. Jika kondisi motor anda mengkilap dan terawat maka motor anda akan terlihat lebih keren. Kondisi motor yang bersih dan layak juga menjadi syarat bayar pajak motor. Jadi pastikan anda merawat sepeda motor anda dengan rutin. Mungkin hanya itu saja yang dapat ujikokoh sajikan, semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: Suhendar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *