13 Cara Merawat Aki Mobil Agar Tidak Mudah Soak

Cara Merawat Aki Mobil – Aki pada mobil menjadi salah satu komponen yang sangat utama, karena aki pada mobil merupakan sumber listrik utama pada mobil. Sehingga tanpa adanya aki mobil akan mobil tidak dapat berfungsi secara optimal bahkan mobil tidak akan dapat menyala tanpa adanya aki, karena sistem starter yang digunakan pada mobil membutuhkan adanya daya listrik untuk menyalakan mesin mobil.

Oleh karena itu, aki pada mobil menjadi salah satu bagian terpenting pada sebuah kendaraan, terutama pada mobil. Karena sistem starter yang terdapat pada mobil hanya memiliki satu cara, yaitu dengan cara elektrik starter.

Terkecuali pada kendaraan bermotor yang memilik dua metode starter yang diantaranya ialah kick starter dan elektrik starter. Maka dari itu, aki pada mobil menjadi salah satu kompenen yang sangan penting dan bagi para pengguna kendaraan harus senantiasa menjaga aki mobil agar aki atau baterai pada mobil dapat digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Secara umum, umur aki mobil bisa mencapai 2-3 tahun, akan tetapi dengan penggunaan yang tidak terawat, maka umur aki mobil bisa jauh lebih pendek dari yang semestinya. Untuk itu, merawat aki pada mobil menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan juga oleh para pengguna mobil.

Cara Merawat Aki Mobil Agar Tidak Mudah Soak

Cara Merawat Aki Mobil

Untuk anda yang sekiranya belum mengetahui bagaimana cara merawat aki mobil yang benar agar aki mobil tidak mudah soak, maka ada baiknya jika anda mengikuti tips merawat aki mobil yang akan kami bahas untuk hari ini. Agar aki pada mobil yang anda miliki bisa memiliki umur yang jauh lebih panjang.

Memeriksa Kondisi Secara Berkala

Cara Merawat Kondisi Aki Secara Berkala

Hal pertama yang harus dilakukan agar aki mobil tidak mudah soak ialah memeriksa kondisi secara berkala, hal ini dilakukan dengan tujuan agar kita selalu mengetahui bagaimana kondisi aki. Karena bagi anda yang sekiranya hanya mengatahui CARA MENGEMUDI MOBIL saja tanpa mengetahui cara merawatnya, maka tidak menutup kemungkinan jika umur mobil yang anda miliki tidak akan lama. Adapun beberapa hal yang umumnya dilaukan dalam memeriksa aki mobil diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Periksa Posisi Air Aki

Pastikan posisi air aki selalu berada pada posisi yang sesuai, terutama untuk jenis aki basah. Apabila anda menggunakan jenis aki kering, maka hal ini tidak perlu anda lakukan. Sedangkan untuk anda yang menggunakan jenis aki bahas, maka posisi air aki harus berada pada posisi yang sesuai.

Posisi air aki harus berada diatas batas terendah dan dibawah batas teratas, apabila posisi air aki sudah berada pada posisi bawah terendah, maka sesegera mungkin anda mengisi atau menambah air aki pada bagian slot atau ruas yang sudah kurang airnya.

2. Periksa Terminal Aki Pada Mobil

Hal berikutnya yang harus dilakukan pada saat memeriksa aki mobil ialah pastikan posisi terminal pada aki mobil terpasang dengan benar dan dalam kondisi baik. Dengan penggunaan yang secara rutin tidak menutup kemungkinan apabila posisi terminal pada aki akan terlepas.

3. Membersihkan Aki

Untuk hal yang berikut ini mungkin dapat dilakukan dalam kurun waktu 3 sampai 6 bulan satu kali. Langkah untuk membersihkan aki mobil ialah dengan cara menguras air aki dan menukarnya dengan yang baru. Hal tersebut bertujuan agar listrik yang dihasilkan tetap stabil. Adapun untuk cara membersihkan aki kering, anda cukup membersihkan pada bagian terminalnya saja, pastinya tidak ada kotoran yang menghambat pada bagian terminal aki.

Memanaskan Mesin Mobil Secara Rutin

Memanaskan Mobil Secara Berkala

Proses pengisian daya yang terjadi pada aki mobil itu terjadi pada saat kondisi mesin mobil sedang dinyalakan, sehingga pada saat kondisi mesin mobil mati, maka aki mobil tidak memiliki daya yang tersimpan. Dan apabila mesin mobil tidak dinyalakan dalam kurun waktu yang cukup lama, maka baterai atau accu tidak memiliki daya simpanan sama sekali.

Oleh karena itu, memanaskan mobil secara rutin atau berkala menjadi salah satu hal yang cukup penting. Karena jika aki mobil tidak memiliki daya dalam jangka waktu yang cukup lama, maka aki akan cepat soak.

Melepas Kabel Aki Pada Saat Mobil Tidak Digunakan

Melepas Kabel AKi

Untuk anda yang sekiranya memiliki rencana untuk tidak menggunakan mobil dalam jangka waktu yang cukup lama, maka disarankan untuk melepas kabel aki pada terminal. Hal tersebut bertujuan agar tidak ada aliran listrik yang mengalir. Dengan begitu kondisi aki akan jauh lebih tahan lama.

Hindari Kebiasaan Buruk Pada Aki Mobil

Menyalakan AC Mobil

Salah satu hal yang dapat membuat aki mobil cepat soak ialah beberapa kebiasan buruk yang sering dilakukan oleh para pengguna, adapun beberapa kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh para pengguna ialah sebagai berikut:

1. Menyalakan AC Pada Saat Mesin Mati

Pada saat kita sedang menunggu seseorang didalam mobil, pada umumnya orang-orang akan menyalakan AC agar tidak merasa panas didalam mobil atau mendengarkan musik agar tidak merasa bosan. Dan untuk beberapa tipe mobil ada yang dapat menyalakan AC meskipun mesin dalam kodisi mati.

Untuk tipe mobil yang dapat menggunakan AC dengan kondisi mesin yang mati, usahakan untuk menghindari hal tersebut. Supaya aki mobil lebih tahan lama.

2. Penggunaan Aksesoris Secara Berlebihan

Kebiasaan buruk lainnya yang sering dilakukan ialah menggunakan akesoris tambahan secara berlebihan. Seperti misalnya menambah lampu, aksesoris audio tambahan, dll. Hal tersebut sudah pasti akan menambah beban dari aki itu sendiri dan hal tersebut pastinya akan membuat aki mobil akan cepat soak.

Gunakan Aki Berkualitas Tinggi

Menggunakan Aki Berkualitas

Hal terakhir yang dapat dilakukan ialah dengan cara memilih aki yang berkualitas, hal ini tentunya akan sangat berpengaruh terhadap umur dan juga kinerja dari aki mobil itu sendiri. Maka dari itu, pemilihan aki sangatlah penting terhadap umur dari aki itu sendiri.

Untuk anda yang sekiranya mengikuti cara merawat aki mobil yang baru saja Ujikokoh.com berikan diatas dengan benar-benar, maka kecil kemungkinannya aki mobil yang anda miliki akan cepat soak. Semoga saja sedikit informasi seputar tips mobil diatas dapat memberikan banyak manfaat untuk anda.

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *