10 Cara Merawat Mesin Motor Agar Tetap Halus : Bebek, Matic & Sport

Cara Merawat Mesin Motor – Mesin merupakan komponen utama pada kendaraan bermotor, karena kendaraan bermotor tidak akan dapat berfungsi sebagaimana mestinya jika mesin kendaraan bermotor tersebut tidak bekerja dengan baik.

Oleh karena itu, merawat mesin motor itu sangatlah penting. Dengan cara merawat yang benar, maka kondisi mesin akan tetap terjaga dan memiliki umur pakai lebih lama. Selain itu, suara mesin motor juga akan lebih terdengar halus saat digunakan.

Jika anda masih belum mengetahui bagaimana cara merawat mesin motor yang benar agar mesin motor tetap halus suaranya dan memiliki umur pakai lebih lama. Maka tidak ada salahnya bagi anda untuk melihat dahulu informasi cara merawat mesin motor dari kami ini.

Adapun informasi tentang cara merawat mesin motor yang akan kami berikan hari ini terbagi menjadi tiga bagian bedasarkan dari jenis mesin motor. Karena ada beberapa tipe mesin motor yang diantaranya adalah mesin motor bebek, matic dan sport.

Cara Merawat Mesin Motor

Cara Merawat Mesin Motor

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, jika kami akan memberikan informasi cara merawat mesin berdasarkan dari tipe mesin tersebut. Dimana terdapat tiga tipe mesin yang saat ini ada dipasaran, yaitu mesin motor matic, bebek dan sport.

Apabila anda ingin mengetahui secara lengkap, bagaimana cara merawat mesin tersebut. Maka anda bisa langsung melihat informasi selengkapnya dibawah ini.

1. Cara Merawat Mesin Motor Bebek

Cara Merawat Mesin Motor Bebek

Untuk tipe mesin pertama yang akan kami bahas cara merawatnya adalah mesin bebek. Dimana tipe mesin motor bebek menggunakan sistem transmisi manual kopling semi otomatis, karena tidak dilengkapi dengan tuas kopling seperti layaknya motor sport.

1. Memanasi Mesin Setiap Pagi

Cara merawat pertama yang dapat dilakukan untuk tipe mesin ini adalah memanasi mesin secara rutin setiap pagi hari, hal tersebut bertujuan agar mesin tetap mudah untuk dinyalakan dan membantu sirkulasi oli mesin tetap berjalan sebagaimana mestinya.

2. Mengganti Oli Secara Rutin

Cara merawat berikutnya ialah dengan melakukan penggantian oli secara rutin sesuai dengan kilometer yang telah disarankan. Hal ini dilakukan dengan tujuan supaya mesin motor tidak mengalami over heat karena tingkat kekentalan oli dapat berkurang sehingga tidak dapat menjaga suhu mesin.

3. Periksa Kondisi Busi

Hal selanjutnya yang dapat dilakukan untuk merawat mesin motor bebek adalah memeriksa kondisi busi motor. Dimana komponen ini juga menjadi salah satu bagian penting dalam motor, karena tanpa adanya komponen ini, mesin motor juga tidak akan dapat menyala.

4. Memeriksa Kondisi Aki

Hal terakhir yang dapat dilakukan untuk merawat mesin motor bebek adalah memeriksa kondisi air aki. Pastikan air aki tetap berada pada posisi dibawah batas atas dan diatas batas bawah, sehingga aki motor dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

2. Cara Merawat Mesin Motor Matic

Cara Merawat Mesin Motor Matic

Untuk tipe mesin motor selanjutnya yang akan kami bahas cara merawatnya adalah tipe mesin motor matic. Motor matic merupakan tipe motor dengan transmisi otomatis dan tipe motor ini juga biasanya dirancang dengan model kerangka skuter.

Adapun untuk cara merawat motor ini juga tidak berbeda jauh dengan cara merawat motor bebek diatas, untuk lebih lengkapnya anda bisa melihatnya dibawah ini.

1. Mengganti Oli Mesin

Cara merawat pertama ialah melakukan penggantian oli mesin secara berkala. Pastikan penggantian oli mesin dilakukan sesuai kilometer yang telah ditentukan, karena kalau sampai oli mesin motor matic habis bisa berakibat sangat parah jika dibandingkan dengan motor bebek.

2. Periksa V-Belt dan Roller

Cara merawat mesin matic selanjutnya adalah memeriksa v-belt dan roller. Dimana kedua komponen tersebut sangat vital pada tipe motor matic. Jika kondisi v-belt sudah tidak bagus, maka dapat berpengaruh terhadap performa mesin yang akan jauh lebih bekerja dengan keras.

3. Periksa Kondisi Aki dan Busi

Cara terakhir yang dapat dilakukan ialah memeriksa kondisi aki dan busi motor, pastikan kondisi aki dan busi masih tetap bagus. Apabila terjadi kerusakan, maka sesegera mungkin dilakukan perbaikan supaya hal tersebut tidak berpengaruh terhadap mesin motor.

3. Cara Merawat Mesin Motor Sport

Cara Merawat Mesin Motor Sport

Tipe motor terakhir yang akan kami bahas cara merawatnya adalah tipe mesin motor sport. Untuk tipe mesin satu ini memang diperlukan perawatan ekstra, karena kinerja motor sport biasanya jauh lebih keras dibandingkan dengan kedua tipe mesin motor diatas.

Adapun untuk cara merawat mesin motor sport bisa langsung anda lihat secara lengkap dibawah ini.

1. Panasi Mesin Secara Rutin

Hal pertama yang dapat dilakukan ialah dengan cara memanasi mesin motor secara rutin setiap pagi. Hal tersebut memiliki tujuan yang sama dengan tipe motor bebek, supaya mesin motor tetap mudah dinyalakan pada saat akan digunakan.

2. Mengganti Oli Mesin

Hal berikutnya yang dapat dilakukan ialah dengan cara mengganti oli secara berkala, terutama pada saat motor akan digunakan untuk berkendara dengan jarak cukup jauh atau setelah selesai berkendara.

3. Gunakan BBM Beroktan Tinggi

Karena kapasitas mesin motor sport kebanyakan diatas 150 cc dan kapasitas tersebut sudah termasuk kapasitas besar, maka dari itu disarankan untuk menggunakan bahan bakar dengan kadar oktan tinggi. Agar kinerja mesin motor lebih maksimal.

Cara Membersihkan Blok Mesin

Cara Membersihkan Blok Mesin

Hal lainnya yang dapat dilakukan untuk merawat mesin motor ialah dengan CARA MEMBERSIHKAN BLOK MESIN. Dengan membersihkan blok mesin secara rutin, maka hal tersebut akan menghilangkan kotoran pada mesin yang dapat berpotensi menggangu kinerja mesin.

Apabila kondisi blok mesin motor sudah sangat terlihat kotor, alangkah baiknya jika sesegera mungkin anda bersihkan blok mesin. Karena tidak menutup kemungkinan kotoran pada blok mesin dapat masuk ke dalam mesin jika terdapat ke bocoran pada seal mesin.

Akhir Kata

Demikian itu informasi tentang cara merawat mesin motor dari Ujikokoh, kami harap informasi yang baru saja kami berikan diatas bisa memberikan banyak manfaat untuk anda sekalian semuanya. Terutama untuk anda yang belum mengetahui bagaimana cara merawat mesin motor.

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *