8 Cara Merawat Motor Jarang Dipakai dan Akibat

Advertisements

Cara Merawat Motor Jarang Dipakai – Sepeda motor merupakan salah satu alat transportasi darat yang paling banyak digunakan, hal tersebut dikarenakan desain sepeda motor jauh lebih ramping dan simpel sehingga lebih mudah untuk digunakan.

Jika dibandingkan dengan mobil, waktu tempuh sepeda motor dan mobil akan lebih banyak mobil. Hal tersebut dikarenakan kondisi jalanan yang ramai membuat laju mobil lambat sehingga waktu tempuh mobil menjadi lebih lama.

Meskipun sepeda motor menjadi salah satu alat transportasi yang paling banyak digunakan, namun tidak jarang juga seseorang jarang menggunakan motor. Hal tersebut bisa saja dikarenakan orang tersebut memiliki motor lebih dari satu ataupun hal lainnya.

Advertisements

Apabila sepeda motor sampai jarang dipakai, maka kalian perlu mengetahui bagaimana cara merawat motor yang jarang dipakai. Karena akan ada beberapa akibat yang bisa disebabkan karena motor jarang dipakai, apalagi dalam jangka waktu cukup lama.

Cara Merawat Motor Jarang Dipakai
Advertisements

Akibat Motor Jarang Dipakai

Sebelum kami bahas lebih lanjut tentang cara merawat motor jarang dipakai, alangkah baiknya jika kalian mengetahui terlebih dahulu beberapa akibat motor jarang dipakai. Akibat yang paling utama ialah aki tekor dan hal tersebut menjadi Penyebab Utama Aki Motor Tekor.

Selain dapat menyebabkan aki motor tekor, motor yang jarang dipakai juga akan susah untuk dihidupkan. Hal tersebut bisa dikarenakan aki yang tidak kuat memberikan energi listrik atau bisa dikarenakan motor starter yang melemah.

Akibat lainnya dari motor jarang dipakai ialah bunyi suara mesin menjadi kasar, hal tersebut bisa saja dikarenakan kondisi mesin yang menjadi kotor karena debu atau sarang laba-laba karena motor tersebut terlalu lama di diamkan.

Cara Merawat Motor Jarang Dipakai

Lantas bagaimana cara merawat motor jarang dipakai? Apalagi jika motor tersebut jarang dipakai dalam kurun waktu satu minggu atau bahkan 3 bulan lebih. Maka kalian perlu mempersiapkan beberapa hal berikut ini sebelum memutuskan untuk membiarkan motor tersebut jarang dipakai.

1. Memanaskan Motor

Usahakan untuk selalu memanaskan motor setiap hari kurang lebih 5 sampai 10 menit meskipun motor tersebut jarang dipakai. Hal tersebut bertujuan agar tetap ada akitivitas didalam mesin motor yang bisa menyebabkan suara mesin berisik atau aki tekor.

2. Gunakan Standar Dua

Hal berikutnya adalah posisikan motor menggunakan standar dua atau tengah. Jangan sekali-kali memposisikan motor menggunakan standar samping dengan kondisi waktu yang cukup lama, karena hal tersebut dapat berpengaruh terhadap shockabsorber, utamanya shock depan.

3. Isi BBM Secukupnya

Selanjutnya kalian bisa mengisi bahan bakar motor secukupnya saja, asal dapat digunakan untuk memanaskan motor. Mengisi bahan bakar motor secara penuh apabila jarang dipakai bisa menyebabkan penguapan bahan bakar yang menyebabkan tangki bahan bakar menjadi kotor.

4. Melepas Terminal Aki

Untuk kalian yang sekiranya memutuskan untuk tidak menggunakan motor tersebut dengan jarak waktu yang sangat lama atau tidak sempat untuk memanasi motor setiap hari, alangkah baiknya jika kalian melepas terminal aki pada motor.

Kondisi terminal aki yang tetap terpasang masih dapat menghasilkan aliran arus listrik dan hal tersebut yang dapat menyebabkan aki tekor. Apalagi jika motor tersebut tidak pernah dipanasi atau dihidupkan sama sekali dengan jangka waktu cukup lama.

5. Perhatikan Rantai / V-Belt

Hal selanjutnya ialah memperhatikan rantai atau v-belt. Untuk jenis motor sport atau bebek yang menggunakan rantai, apabila motor jarang dipakai pasti kondisi rantai akan menjadi kering. Usahakan untuk tetap melumasi rantai dengan minyak agar tidak timbul karat.

Sedangkan untuk para pengguna motor matic, perhatikan v-belt pada motor. Karena kondisi v-belt yang jarang dipakai bisa menimbulkan jamur yang mengakibatkan v-belt mudah putus. Karena v-belt sendiri terbuat dari bahan utama karet.

6. Smart Key Dalam Posisi Off

Sedangkan untuk kalian yang jenis kunci sudah menggunakan smart key, pastikan posisi tombol pada motor dalam posisi off. Karena pada saat tombol pada posisi on, maka hal tersebut dapat menguras aliran listrik yang menyebabkan aki tekor.

7. Hindari Panas Matahari

Langkah selanjutnya untuk cara merawat motor jarang dipakai adalah menyimpan motor di tempat yang teduh. pastikan motor tidak terkena panas sinar matahari secara langsung. Kondisi motor yang terkena panas sinar matahari secara langsung dalam jangka waktu yang lama bisa menyebabkan cat motor menjadi rusak.

8. Tutup Dengan Cover

Setelah menyimpan motor ditempat yang teduh, alangkah baiknya jika kalian tambahan cover motor agar motor tersebut tidak terkena debu ataupun hal lainnya yang menyebabkan motor tersebut menjadi kotor. Karena kotoran-kotoran tersebut tidak menutup kemungkinan dapat masuk ke dalam mesin atau komponen lainnya.

Cara Merawat Motor Injeksi Jarang Dipakai

Lantas bagaimana cara merawat motor injeksi yang jarang dipakai? Cara merawat motor injeksi yang jarang dipakai sebenarnya sama saja dengan cara merawat yang telah kami jelaskan diatas. Hanya saja untuk pengguna motor injeksi, pastikan kalian untuk selalu memanasi motor setiap hari.

Karena kondisi motor injeksi yang jarang dipanaskan bisa menyebabkan nozzle pada inejksi tersumbat akibat kotoran. Apabila hal tersebut sampai terjadi, maka tidak menutup kemungkinan sepeda motor tersebut akan sulit untuk dihidupkan.

Motor Jarang Dipakai Perlu Ganti Oli

Kemudian motor jarang dipakai apakah perlu ganti oli? Untuk penggantian oli sebenarnya dapat dilakukan sesuai dengan jarak tempuh pada sepeda motor. Apabila kondisi motor jarang dipakai, maka tidak terlalu masalah apabila tidak mengganti oli.

Akan tetapi perlu mengganti oli apabila motor tersebut akan kembali digunakan secara rutin. Karena kondisi motor yang jarang dipakai bisa menimbulkan banyak kotoran yang masuk, termasuk pada bagian mesin motor itu sendiri.

Sehingga ada baiknya untuk mengganti oli apabila motor tersebut akan kembali digunakan secara rutin. Untuk membuang kotoran-kotoran yang terdapat didalam mesin karena jarang dipakai dalam jangka waktu yang cukup lama.

Akhir Kata

Demikian itu informasi mengenai cara merawat motor jarang dipakai yang sekiranya Uji Kokoh dapat berikan untuk kalian-kalian semuanya pada kesempatan saat ini, semoga saja informasi tentang cara merawat motor diatas dapat memberikan banyak manfaat.

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *