3 Cara Pasang Action Cam di Helm dan Posisi Terbaik 2021

Cara Pasang Action Cam di Helm – Action cam atau yang dalam bahasa Indonesia Kamera Aksi merupakan jenis kamera digital yang dibuat untuk merekam berbagai macam kegiatan yang memiliki sifat ekstrim, seperti misalnya kegiatan olahraga.Karena bentuk action cam yang kecil sehingga lebih praktis digunakan untuk berbagai macam kegiatan yang ekstrim.

Salah satu olahraga yang paling sering menggunakan action cam adalah olahraga balap, baik itu balap MOTOR atau mobil. Atau sekedar digunakan untuk merekam kegiatan berkendara saja, seperti misalnya digunakan untuk vloging. Bagi anda yang merupakan motovlogger, pastinya anda membutuhkan action cam untuk merekam semua kegiatan yang dilakukan.

Action cam yang paling populer ialah GoPro, dimana kemampuan merekam kamera ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Karena penjualan kamera aksi yang cukup laris dipasaran, membuat banyak produsen lain yang turut membuat jenis action cam seperti misalnya adalah Xiaomi yang mengeluarkan Xiaomi Yi dan masih banyak lagi jenis action cam lainnya.

Nah, bagi anda yang ingin menjadi seorang motorvlogger, pastinya anda membutuhkan kamera untuk merekam semua kegiatan yang dilakukan. Mulai dari pasang action cam, mempersiapkan kendaraan dan sebagainya. Agar kegiatan vlogging anda bisa berjalan dengan baik, lancar serta memiliki kualitas yang bagus.

Cara Pasang Action Cam di Helm

Cara Pasang Action Cam di Helm

Untuk yang belum mengetahui bagaimana cara pasang action cam di helm? Maka ada baiknya jika anda melihat informasi yang Ujikokoh.com akan berikan kepada anda hari ini. Karena pada kesempatan ini, kami akan membahas informasi tersebut lengkap dengan beberapa posisi action cam yang ideal di helm.

Apabila anda mengetahui bagaimana cara pasang action cam di helm beserta dengan posisi action cam yang ideal, maka anda akan memiliki hasil rekaman yang berkualitas. Untuk lebih lengkapnya, anda bisa langsung melihat informasi tersebut dibawah ini.

Perlengkapan Memasang Action Cam

Sebelum anda memasang action cam pada helm, harus ada beberapa perlengkapan yang perlu dipersiapkan. Beberapa perlengkapan tersebut diantaranya adalah.

1. Protective Case

Protective Case Action Cam di Helm

Protective case merupakan tempat pelindung kamera, dimana protective case akan melindungi kamera dari air dan juga kotoran. Karena kegiatan yang dilakukan motovlog berada dijalan, maka sangat diperlukan yang namanya protective case.

2. Mic Adapter

Mic Adapter Action Cam

Untuk memberikan kualitas suara pada video yang lebih bagus, maka diperlukan adanya mic adapter. Mic adapter berfungsi sebagai tempat untuk mencolokan microfon, sehingga kualitas suara pada video akan menjadi lebih bagus.

Apabila video yang anda buat tidak membutuhkan suara secara langsung, maka mic adapter ini tidak terlalu diperlukan.

3. Helmet Mounting Package

Helmet Mounting Package

Helmet Mounting merupakan perlengkapan yang digunakan untuk memasang action cam di helm, dimana helemt mounting terdiri dari J-Hook Mounting, Curved and Flat Mounting dan Screw. Anda bisa mencarinya dengan mudah saat ini di toko-toko online, karena sudah banyak yang menjual paket Helmet Mounting.

Tips Memasang Kamera di Helm

  1. Pertama-tama bersihkan terlebih dahulu helm, terutama pada bagian yang akan dipasang mounting cam. Hal tersebut bertujuan agar tidak ada kotoran yang mengurangi daya rekat dari perekat yang terdapat pada flat mounting.
  2. Setelah helm dibersihkan, pasang perekat curved atau flat mounting pada posisi yang anda inginkan. Pasang perekat sesuai dengan mounting yang akan anda gunakan. Apabila anda memasang pada bagian yang rata, anda bisa menggunakan perekat flat mounting. Apabila posisinya agak melengkung, maka anda bisa menggunakan perekat cruved mounting.
  3. Setelah itu tempatkan curved atau flat mounting pada perekat yang telah dipasang sebelumnya. Setelah itu tekan mounting dengan kuat agar tidak mudah terlepas.
  4. Selanjutnya tinggal memasangkan J-Hook pada mounting yang telah tertempel pada helm dan pasangkan juga action cam-nya.

Posisi Action Cam Ideal di Helm

Setelah anda mengetahui bagaimana cara pasang action cam di helm, hal selanjutnya yang perlu anda ketahui juga adalah posisi action cam yang idel di helm. Dimana posisi action cam ini yang nantinya akan menentukan point of view pada kamera. Sehingga penempatan posisi kamera di helm itu sangat penting.

Nah, beberapa posisi action cam yang ideal pada helm itu diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Posisi Action Cam di Atas Helm

Posisi Action Cam di Atas Helm

Penempatan posisi kamera pada bagian atas helm merupakan penempatan posisi yang paling umum. Dengan menempatkan kamera pada bagian helm juga kamera bisa mendapatkan point of view yang sempurna, karena posisi kemera langsung menghadap ke arah jalan.

Pemasangan action cam pada bagian atas helm juga bisa memiliki point of view face dari orang yang merekam. Namun diperlukan extension arm agar posisi kamera bisa lebih kedepan dan kamera bisa diposisikan menghadap face.

2. Posisi Action Cam di Dagu Helm

Posisi Action Cam di Dagu Helm

Penempatan posisi action cam yang satu ini hanya dapat dilakukan bagi anda yang menggunakan jenis helm full face, apabila anda menggunakan jenis half face maka tidak ada tempat untuk menempatkan kamera.

Point of view kamera dengan posisi seperti ini biasanya bertujuan supaya kamera juga dapat merekam bagian stang motor, karena memang posisinya yang lebih ke bawah. Sehingga kamera dapat merekam bagian stang dan jalan.

3. Posisi Action Cam di Samping Helm

GoPo Samping Helm

Posisi action cam di samping helm biasanya lebih banyak digunakan bagi yang ingin mendapatkan point of view yang berfokus pada jalan atau bagi anda pengendara mobil yang menggunakan helm agar mendapatkan center view.

Dan penempatan action cam di samping juga lebih mudah pemasangannya. Karena posisi samping helm biasanya memiliki permukaan rata.

Nah itu dia informasi tentang cara pasang action cam di helm yang pada kesempatan ini dapat kami berikan kepada anda, mudah-mudahan saja informasi yang baru saja kami berikan diatas dapat memberikan banyak manfaat untuk anda.

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *