11 Cara Reset Remote Mobil Tidak Berfungsi : Avanza, Mobilio & Innova

Cara Reset Remote Mobil – Remote mobil merupakan sebuah benda dengan fungsi untuk mengontrol beberapa fitur yang disematkan pada mobil, fitur umum pada remote mobil ialah seperti lock / unlock pintu mobil, mengaktifkan dan mematikan alarm.

Namun pada beberapa tipe mobil dengan harga sangat mahal atau untuk tipe mobil sport dilengkapi juga fitur untuk menyalakan dan mematikan mesin mobil pada remote tersebut, kemudian terdapat juga beberapa fitur lainnya seperti untuk membuka pintu.

Dengan adanya remote mobil pastinya para pengguna akan lebih merasa efisien pada saat akan melakukan sesuatu tanpa harus menjangkau mobil tersebut secara langsung. Ditambah lagi dengan adanya model keyless entry, memungkinan pengguna tidak perlu memasukan kunci kedalam lubang kunci.

Sehingga kunci mobil atau remote mobil tidak perlu anda keluarkan dari saku celana atau tempat penyimpanan pada saat akan menggunakan mobil. Hal tersebut pastinya akan sangat membantu anda dalam hal mengurangi resiko kunci hilang atau tertinggal disuatu tempat.

Penyebab Remote Mobil Tidak Berfungsi

Penyebab Remote Mobil Tidak Berfungsi

Meskipun menambahkan remote pada mobil akan membuat para pengguna menjadi lebih merasa efisien, namun cara tersebut ternyata juga terdapat beberapa kekurangan. Karena namanya barang elektronik pasti akan terjadi kerusakan atau bahkan tidak berfungsi.

Nah, untuk anda yang masih baru dalam hal penggunaan remote mobil, mungkin ada beberapa diantara anda yang masih belum mengetahui penyebab remote mobil tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Dan berikut ini adalah beberapa penyebab remote mobil tidak berfungsi dan beberapa cara mengatasi remote mobil tidak berfungsi.

Sering di Simpan Dalam Saku

Sering di Simpan Dalam Saku

Salah satu penyebab remote mobil tidak berfungsi sebagaimana mestinya ialah remote terlalu sering di simpan dalam saku, terutama di simpan pada saku celana. Terlebih lagi untuk anda yang suka menggunakan model celana ketat, hal tersebut memungkinkan remote mobil akan tertekan pada saat berada didalam saku.

Cara mengatasi hal tersebut sebaiknya ialah simpan remote mobil pada saku baju ataupun untuk anda yang ingin menyimpan didalam saktu celana, usahakan untuk menggunakan celana tidak ketat untuk menghindari tertekannya remote secara tidak sengaja.

Untuk lebih amannya lagi, simpan remote dalam tas pada bagian yang tidak banyak barangnya ataupun letakan remote mobil pada bagian dashboard mobil pada saat mengendarai mobil.

Remote Sering Terjatuh

Remote Sering Terjatuh

Penyebab remote mobil tidak berfungsi lainnya ialah remote sering terjatuh, karena kondisi suatu benda yang sering terjatuh tidak menutup kemungkinan hal tersebut akan membuat komponen didalamnya akan tegeser atau bahkan terlepas.

Oleh karena itu, tidak sedikit benda elektronik akan cepat rusak apabila sering terjatuh, terlebih lagi jika terjatuh dari posisi tinggi. Tidak menutup kemungkinan benda tersebut akan hancur akibat benturan dengan benda keras lain dibawah.

Terjadi Korsleting

Terjadi Korsleting

Penyebab remote mobil tidak berfungsi berikutnya karena terjadi korsleting pada remote mobil, hal tersebut bisa saja terjadi karena penyebab pertama. Dimana remote mobil sering tertekan secara tidak sengaja dan menyebabkan korsleting.

Hal lainnya yang dapat menyebabkan remote mobil terjadi korsleting ialah karena remote tersebut terkena air, karena apapun jenis benda elektronik apabila terkena air pastinya akan terjadi korsleting.

Cara mengatasi hal ini pastinya, hindari hal-hal yang bisa menyebabkan terjadinya korsleting. Seperti jauhkan remote mobil dari air atau menyimpan remote pada tempat yang mungkin bisa terkena air.

Sensor Alarm Terlalu Peka

Sensor Alarm Terlalu Peka

Penyebab yang terakhir ini bukan penyebab remote mobil tidak berfungsi, melainkan penyebab remote mobil sering bunyi sendiri. Apabila ada diantara anda yang mengalami permasalahan tersebut, maka penyebabnya adalah sensor alarm mobil terlalu peka.

Sehingga pada saat sensor mobil mendeteksi suatu gerakan atau bunyi sangat kecil pun bisa mengaktifkan alarm, seperti misalnya goncangan yang disebabkan oleh kendaraan besar pada saat anda memarkirkan mobil di pinggir jalan atau disebabkan oleh suara petir.

Cara mengatasi permasalahan tersebut sebaiknya anda mengganti jenis alarm yang digunakan, karena setiap merk alarm itu memiliki tingkat sensitifitas yang berbeda-beda. Apalagi jika tingkat sensitifitas tersebut dibandingkan dengan ALARM MOTOR HONDA BEAT atau lainnya.

Cara Reset Remote Mobil

Cara Reset Remote Mobil

Apabila anda sudah mengetahui apa saja yang menjadi penyebab remote rusak atau tidak berfungsi, kemudian anda memutuskan untuk melakukan reset pada remote mobil. Maka silahkan anda melihat terlebih dahulu cara reset remote mobil yang akan kami berikan dibawah ini.

  • Cara pertama yang perlu diperhatikan sebelum reset remote mobil ialah periksa kondisi baterai remote, pastikan baterai remote masih dalam keadaan baik.
  • Apabila kondisi pintu mobil masih dalam keadaan terkunci, silahkan buka pintu mobil secara manual terlebih dahulu supaya bunyi alarm hilang. Kemudian tutup kembali pintu mobil dengan benar untuk melanjutkan proses reset.
  • Cara berikutnya ialah pastikan semua pintu telah terutup dengan rapat dan silahkan buka pintu sebelah kanan depan (bagian pengemudi) dan biar pintu tetap terbuka untuk dapat melakukan proses reset.
  • Kemudian perika sistem alarm apakah tetap berbunyi atau indikator alarm menyala. Pada umumnya, sistem alarm bisa berbunyi serta indikator akan menyala apabila salah satu pintu tidak tertutup dengan benar atau rapat.
  • Cara selanjutnya ialah masukan kunci mobil pada lubang kunci.
  • Posisikan kunci mobil pada mode “On” lalu tekan dan tahan lock button pada remote kurang lebih selama 5 sampai 10 detik.
  • Setelah itu, lepaskan lock button dan posisikan kunci mobil pada mode “Off”.
  • Lakukan cara tersebut secara berulang-ulang sampai lampu indikator alarm mobil pada dashboard mati.
  • Apabila lampu indikator sudah benar-benar mati pada saat posisi kunci mobil di “On” kan, maka anda bisa testing remote mobil apakah sudah berfungsi kembali dengan normal.
  • Jangan lupa menutup seluruh pintu dengan posisi yang benar-benar rapat sebelum mencoba remote mobil.
  • Apabila hal tersebut terulang kembali, maka anda bisa melakukan cara reset remote mobil diatas kembali.

Harga Remote Mobil Murah

Harga Remote Mobil Murah

Jika anda sudah mencoba cara reset remote mobil diatas namun hasilnya masih kurang maksimal, ada baiknya anda tukar atau ganti remote mobil yang digunakan. Dan apabila anda tertarik untuk mengganti remote mobil anda, maka silahkan anda lihat harga remote mobil berikut ini.

MerkFiturHarga
RAL-236Lock/Unlock Door, AlarmRp 860.000,00
Power Guard X SeriesLock/Unlock Door, AlarmRp 685.000,00
M-Guard Type M1Lock/Unlock Door, AlarmRp 775.000,00
KeylaceLock/Unlock Door, Alarm, AUXRp 900.000,00
Givi VelozLock/Unlock Door, Alarm, Keyless Entry, LEDRp 4.658.000,00
KSpeed KS558Lock/Unlock Door, AlarmRp 298.000,00
RaitonLock/Unlock Door, AlarmRp 275.000,00
FujitoLock/Unlock Door, AlarmRp 275.000,00
Fortech FT666Lock/Unlock Door, Alarm, LED, Anti TheftRp 145.000,00
Sale ISmartLock/Unlock Door, Alarm, Keyless Entry, LEDRp 5.782.000,00

Untuk harga remote mobil diatas mungkin tidak akan sama persis seperti yang ada dipasaran, karena harga yang kami berikan diatas berdasarkan harga online bukan berdasarkan dari harga toko. Apabila anda mencari remote mobil secara online pasti harganya akan sama dengan harga remote mobil diatas.

Dengan ini selesai sudah informasi tentang cara reset remote mobil yang sekiranya Ujikokoh.com dapat berikan untuk anda, mudah-mudahan saja informasi tentang cara reset remote mobil yang baru kami berikan diatas dapat memberikan banyak manfaat untuk anda.

You May Also Like

About the Author: Suhendar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *