4 Cara Cek Pajak Kendaraan Jawa Barat 2021 via SMS dan Online

Cara Cek Pajak Kendaraan Jawa Barat – Setiap kendaraan yang digunakan dijalan sudah pasti harus membayar pajak, apabila kendaraan yang anda gunakan tidak dibayarkan pajaknya. Berarti surat-surat kelengkapan kendaraan yang anda miliki itu tidaklah sah. Sehingga kendaraan tersebut tidak layak untuk digunakan dijalan.

Dengan berkembangnya zaman dan teknologi, saat ini segala hal sudah dapat dilakukan secara digital dengan memanfaatkan internet dan beberapa fasilitas teknologi lainnya. Sehingga kita dapat melakukan segala macam pekerjaan dengan lebih mudah dan cepat, terutama bagi anda-anda yang memiliki tingkat kesibukan yang tinggi.

Seperti salah satu hal yang dapat dilakukan secara online atau memanfaatkan teknologi yang saat ini ada ialah mengecek pajak kendaraan bermotor. Saat ini kita dapat melakukan cek kendaraan bermotor dengan lebih mudah melalui beberapa platform seperti aplikasi mobile, situs, atau memlalui SMS.

Sehingga untuk anda yang ingin mengetahui besarnya pajak kendaraan milik anda atau milik orang lain tanpa harus pergi ke kantor Samsat, anda dapat melakukan cek pajak kendaraan melalui beberapa perangkat yang telah kami sebutkan diatas tadi. Sehingga anda dapat mengetahui informasi pajak kendaraan dengan lebih mudah dan cepat.

Cara Cek Pajak Kendaraan Jawa Barat Terbaru

Cara Cek Pajak Kendaraan Jawa Barat Terbaru

Pada kesempatan ini kami ingin memberikan pembahasan tentang cara cek pajak kendaraan Jawa Barat, setelah sebelumnya kami juga membahas CARA CEK PAJAK JATENG. Karena untuk cek pajak kendaraan secara online, setiap daerah itu memilki tempat atau platform yang berbeda-beda.

Sehingga untuk anda yang ingin melakukan cek pajak mobil atau motor secara online, anda harus memperhatikan tempat anda mengecek pajak motor tersebut. Apabila anda ingin melakukan cek pajak kendaraan Jawa Barat tetapi anda memeriksanya di tempat atau platform yang digunakan untuk memeriksa pajak Jawa Tengah, maka data kendaraan tersebut tidak akan muncul.

Oleh karena itu, anda harus lebih teliti pada saat ini mengecek pajak kendaraan yang anda miliki. Bagi anda yang bertempat tinggal di daerah Jabar (Jawa Barat), maka anda dapat melakukan cek pajak mobil atau motor melalui cara-cara berikut ini.

Cek Pajak Jabar via SMS

Cek Pajak Jabar via SMS

Cara cek pajak kendaraan Jabar yang pertama dapat dilakukan melalui SMS, cara ini merupakan salah satu cara yang paling mudah. Karena penggunaan internet tidak dibutuhkan jika ingin mengecek pajak kendaraan dengan cara ini. Akan tetapi yang dibutuhkan adalah Pulsa untuk mengirimkan SMS.

Adapun cara cek pajak mobil atau motor via SMS untuk daerah Jabar adalah dengan cara mengetik “INFO(Spasi)D/Nomor Polisi/Kode Seri Plat Kendaraan(Spasi)Warna Plat Kendaraan” kemudian kirimkan SMS ke 0811 211 9211. Contoh Format SMS (INFO D/5982/MQ Hitam).

Apabila data yang anda masukan benar, maka anda akan mendapatkan balasan berupa informasi seputar kendaraan mulai dari tahun keluaran kendaraan, masa berlaku SNTK dan jumlah pajak yang harus dibayarkan.

Cek Pajak Jabar via Online

Selain cara cek pajak kendaraan Jawa Barat via SMS, cara cek pajak mobil dan motor untuk daerah Jabar juga dapat dilakukan secara online. Untuk cara cek pajak Jabar Online ini terdapat dua cara, yaitu melalui situs resmi Bapenda Jabar dan melalui aplikasi mobil “SAMBARA”.

Melalui Website Resmi

Cek Pajak Mobil Motor Melalui Website Resmi

Bagi anda yang ingin melakukan pengecekan pajak kendaraan bermotor baik itu mobil atau motor, khususnya didaerah Jabar (Jawa Barat) melalui situs resmi Pemprov Jabar. Maka anda dapat langsung mengunjungi situsnya di https://bapenda.jabarprov.go.id/infopkb/

Didalam situs Bapenda Jabar tersebut anda akan diminta untuk memasukan Nomor Polisi Kendaraan Bermotor sesuai dengan kendaraan yang ingin anda cek pajaknya. Setelah kolom Nomor Polisi diiskan, kolom selanjutnya yang dipilih adalah Warna TNKB atau warna plat nomor kendaraan.

Setelah itu semua data-data seputar kendaraan tersebut akan muncul bersama dengan jumlah pajak kendaraan bermotor tersebut.

Melalui Aplikasi SAMBARA

Cek Pajak Mobil Jabar Melalui Aplikasi SAMBARA

Selain melalui website resmi Pemprov Jabar, cara cek pajak kendaraan Jawa Barat yang selanjutnya dapat dilakukan melalui aplikasi mobil berupa “SAMBARA”. Dimana anda dapat mengunduh aplikasi ini melalui Playstore.

Setelah anda mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut di mobile phone anda, kemudian buka aplikasi tersebut. Didalam aplikasi SAMBARA ini terdapat banyak menu yang dapat anda manfaatkan sesuai dengan kebutuhan anda, mulai dari Info PKB, Lokasi Pelayanan Samsat, Jadwal Samling dan Samdong, dll.

Jika anda ingin cek pajak mobil atau motor, maka anda bisa memilih menu Info PKB, kemudian anda akan diarahkan kebagian dimana anda harus mengisikan nomor polisi kendaraan yang akan di cek.

Selanjutnya akan muncul informasi seputar kendaraan yang berisikan merk kendaraan, Model kendaraan, tahun kendaraan dan warna TNKB bersama dengan informasi pajak kendaraan secara detail.

Demikian itu informasi mengenai Cara Cek Pajak Kendaraan Jawa Barat yang sekiranya saat ini Ujikokoh.com dapat berikan kepada anda, semoga saja anda-anda semuanya dapat terbantu dengan adanya informasi yang baru saja kami hadirkan hari ini.

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *