8 Cara Cek Pajak Kendaraan Kaltim 2021 : Pajak Motor dan Mobil

Cek Pajak Kendaraan Kaltim – Pajak kendaraan adalah biaya yang dibebankan kepada setiap pemilik kendaraan bermotor baik itu Sepeda Motor atau Mobil yang menggunakan kendaraan tersebut dijalan. Sesuai dengan peraturan Undang-Undang Lalu Lintas yang telah ditetapkan mengenai syarat pengguna kendaraan bermotor.

Bagi siapa saja yang mengendarai kendaraan bermotor namun tidak membayarkan pajak kendaraan tersebut, maka kendaraan yang digunakan itu tidak sah secara hukum untuk digunakan dijalan. Karena salah satu syarat sah kendaraan dapat digunakan dijalan ialah memiliki kelengkapan surat-surat yang sah.

Oleh karena itu setiap pengguna wajib membayar pajak kendaraan setiap tahunnya, agar surat-surat kendaraan tersebut tetap masih sah. Adapun untuk cara bayar pajak kendaraan saat ini sudah dapat dilakukan dengan cara – cara yang sangat mudah, dimana pembayaran dapat dilakukan secara online.

Sebelum membayar pajak kendaraan anda juga dapat mengecek pajak kendaraan tersebut terlebih dahulu. Untuk cara cek pajak kendaraan ini juga sudah sangat mudah, saat ini pengecekan pajak dapat dilakukan melalui beberapa media termasuk media online. Sehingga pengecekan pajak dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Cara Cek Pajak Kendaraan Kaltim: Pajak Motor dan Mobil

Cara Cek Pajak Kendaraan Kaltim Pajak Motor dan Mobil

Untuk anda yang sekiranya tinggal didaerah Kaltim atau Kalimantan Timur dan kebetulan anda ingin mengecek pajak kendaraan yang anda miliki. Maka anda bisa mengikuti beberapa cara cek pajak kendaraan Kaltim yang saat ini akan kami bahas untuk anda. Sehingga untuk anda yang ingin melakukan pembayaran dapat mengetahui terlebih dahulu jumlah pajak yang harus dibayarkan.

Setelah sebelumnya kami juga membahas tentang CARA BAYAR PAJAK ONLINE JATIM. Maka saat ini kami akan membahas tentang cara cek pajak kendaraan Kaltim bersama dengan beberapa cara bayar yang dapat anda lakukan. Untuk informasi lengkapnya, anda bisa langsung menyimak pembahasannya sebagai berikut.

Cara Cek Pajak Kendaraan Kalimantan Timur

Cara cek pajak kendaraan untuk daerah Kalimantan Timur ini sendiri tidak cukup banyak pilihan seperti beberapa daerah lainnya. Dimana untuk cara cek pajak kendaraan Kaltim hanya tersedia dua cara, yaitu melalui website resmi Bapenda Kaltim dan melalui Aplikasi Mobile yang dapat anda unduh di Playstore.

Sedangkan untuk cara cek pajak melalui SMS sendiri tidak tersedia, meskipun di beberapa daerah seperti misalnya Jateng, Jatim dan DKI Jakarta terdapat pilihan untuk cara cek pajak melalui SMS.

Cek Pajak Kalimantan Timur via Kantor Samsat

Cek Pajak Kalimantan Timur via Kantor Samsat

Cara cek pajak pertama yang dapat dilakukan ialah dengan cara mengunjungi kantor Samsat sesuai dengan daerah tempat anda membeli kendaraan tersebut. Cara tersebut merupakan cara yang paling tradisional dan sudah dilakukan dari dulu.

Namun cara tersebut merupakan cara paling mudah untuk memeriksa jumlah pajak kendaraan bagi anda yang ingin mengetahui berapa besar biaya pajak kendaraan yang harus anda bayarkan.

Cek Pajak Kalimantan Timur via Website

Cara Memeriksa Pajak Kalimantan Timur via Website

Cara yang kedua ialah melalui website resmi Bapenda Kaltim, caranya cukup dengan mengunjungi situs http://simpator.kaltimprov.go.id/cari.php

Pada situs tersebut anda akan diminta untuk memasukan Nomor Polisi Kendaraan sesuai dengan kendaraan yang ingin anda cek pajaknya. Setelah diisikan, maka detail dari kendaraan tersebut akan muncul bersama dengan detail pembayaran pajak yang harus dibayarkan untuk kendaraan tersebut.

Cek Pajak Kalimantan Timur via Aplikasi

Cara Memeriksa Pajak Kalimantan Timur via Aplikasi

Cara selanjutnya yang dapat anda gunakan ialah menggunakan sebuah aplikasi mobile yang bermana “Cek Pajak Kendaraan Kalimantan Timur” anda bisa mengunduh aplikasi tersebut di playstore. Setelah anda mengunduh aplikasi tersebut, maka anda akan dapat memeriksa atau cek pajak kendaraan Kaltim.

Meskipun aplikasi Cek Pajak Kendaraan Kaltim ini bukan merupakan aplikasi resmi yang dibuat oleh Pemprov Kaltim, namun aplikasi tersebut dirasa cukup membantu warga Kaltim yang ingin memeriksa pajak kendaraan milik mereka.

Cara Bayar Pajak Kendaraan Kalimantan Timur

Pada saat anda sudah mengetahui berapa besarnya biaya pajak yang harus dibayarkan untuk kendaraan yang anda miliki, maka langkah selanjutnya ialah membayar pajak kendaraan tersebut. Untuk cara bayar kendaraan Kaltim ini dapat dilakukan dengan beberapa cara dan cara bayar pajak yang dilakukan juga sama seperti cara bayar yang dilakukan di daerah-daerah lainnya.

Dimana cara bayar pajak dapat dilakukan dengan beberapa cara yang diantaranya adalah sebagai berikut.

Cara Bayar Pajak Kaltim Melalui Kantor Samsat

Cara Bayar Pajak Kaltim Melalui Kantor Samsat

Cara paling mudah ialah dengan cara mendatangi kantor Samsat sesuai dengan daerah tempat anda membeli kendaraan, selain dapat melakukan pengecekan pajak, dikantor Samsat juga bisa langsung melakukan pembayaran dan disitu juga kita akan langsung mendapatkan STNK baru jika memang anda melakukan perpanjangan STNK.

Cara Bayar Pajak Kaltim Melalui Bank / ATM

Bayar Pajak Kaltim Melalui Bank ATM

Cara bayar pajak berikutnya dapat dilakukan melalui transfer, cara bayar yang satu ini dapat dilakukan melalui Bank atau ATM sesuai dengan pilihan yang anda inginkan. Perlu diingat setelah melakukan pembayaran jangan membuang Struk atau Bukti Pembayaran setelah anda melakukan pembayaran.

Bukti pembayaran tersebut nantinya akan digunakan sebagai syarat pengambilan STNK di kantor Samsat nantinya. Sehingga anda harus menyimpan bukti pembayaran tersebut dengan hati-hati.

Cara Bayar Pajak Kaltim Melalui Minimart

Bayar Pajak Kaltim Melalui Minimart

Cara bayar yang terakhir dapat dilakukan melalui minimarket seperti misalnya Indomaret. Untuk cara bayarnya cukup dengan mendatangi gerai Indomaret terdekat, kemudian tunjukan STNK asli bersama dengan KTP asli sesuai dengan nama yang terdaftar pada STNK. Dan anda juga akan dimintai Nomor Handphone.

Tidak lama setelah anda melakukan proses pembayaran, maka anda akan menerima SMS yang berisikan bahwa pajak kendaraan bermotor yang anda miliki telah dibayarkan. Jangan lupa juga untuk menyimpan SMS tersebut bersama dengan bukti pembayaran untuk mengambil STNK di kantor Samsat.

Itu dia pembahasan mengenai Cara Cek Pajak Kendaraan Kaltim yang saat ini Ujikokoh.com dapat berikan kepada anda-anda sekalian, kami berharap pembahasan yang baru saja diberikan bisa memberikan banyak – banyak manfaat untuk anda.

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *