10 Ciri-Ciri Busi Motor Harus Diganti : Harga & Waktu Ganti

Advertisements

Ciri-Ciri Busi Motor Harus Diganti – Busi merupakan salah satu komponen yang terpasang pada bagian mesin pembakaran dengan bagian ujung berupa elektrode yang dapat menghasilkan sebuah percikan api. Dimana percikan tersebut yang berfungsi untuk membakar bahan bakar sehingga menghasilkan tenaga dorong.

Jadi bisa dikatakan fungsi busi sangat penting pada kendaraan, karena jika komponen ini sampai rusak, maka kendaraan tidak akan dapat jalan. Karena usia pakai busi yang tergolong sangat lama, tidak jarang orang-orang melupakan komponen tersebut.

Oleh karena itu, pada kesempatan ini kami ingin memberikan informasi tentang ciri-ciri busi motor harus diganti. Karena akan ada efek yang dirasakan apabila busi motor harus diganti, seperti salah satunya adalah Penyebab Motor Brebet.

Advertisements

Selain dapat menyebabkan motor brebet, masih ada hal lainnya lagi yang menjadi ciri-ciri busi motor harus diganti. Untuk kalian yang sekiranya ingin mengetahui hal lainnya seputar ciri-ciri busi motor harus diganti, maka bisa langsung melihat informasi lengkapnya dibawah ini.

Ciri Ciri Busi Motor Harus Diganti
Advertisements

Ciri-Ciri Busi Motor Harus Diganti

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, dimana salah satu ciri-ciri busi motor lemah ialah mesin motor brebet. Dimana kondisi ini menjadikan mesin motor tidak stabil, akan tetapi masih ada beberapa hal lainnya lagi yang menjadi ciri-ciri busi motor lemah.

Dimana ciri-ciri tersebut berdasarkan dari kondisi motor dan juga ciri fisik dari busi itu sendiri, dimana dua ciri ini bisa menjadi patokan untuk kalian mengganti busi.

1. Ciri Pada Motor Busi Harus Diganti

Ciri busi motor yang sudah lemah bisa dilihat dari kondisi motor yang digunakan, karena akan ada beberapa hal yang dirasakan apabila busi motor sudah harus diganti. Beberapa ciri tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Mesin motor akan susah untuk dihidupkan, dimana kondisi seperti ini biasanya busi sudah mati total atau memiliki percikan yang lemah.
  • Akselerasi motor menurun atau brebet, dikarenakan percikan api yang dihasilkan oleh busi sudah tidak maksimal. Sehingga energi tekanan yang didapatkan piston kurang maksimal.
  • Boros bahan bakar menjadi ciri terakhir, hal tersebut dikarenakan jumlah suplai bahan bakar tidak dibakar secara maksimal. Hal ini juga yang bisa menjadi penyebab akselerasi motor menurun atau brebet.

2. Ciri Fisik Busi Motor Harus Diganti

Lantas seperti apa ciri fisik busi motor yang sudah harus diganti? Dimana ciri fisik ini dapat diketahui dengan sangat jelas, karena kondisi busi yang masih baru akan sangat berbeda dengan kondisi busi yang sudah lama dipakai atau bahkan sudah lemah.

  • Warna bagian elektroda atau ujung busi akan berubah menjadi coklat, dimana kondisi ini menandakan masa pakai busi sudah akan habis.
  • Warna bagian ujung busi berubah menjadi kemerah-merahan, dimana kondisi ini menandakan busi sudah harus diganti.
  • Warna bagian ujung busi gosong, apabila sudah sampai dengan kondisi ini, maka busi sudah tidak dapat dipakai lagi.

Berapa Lama Busi Motor Harus Diganti

Lantas berapa lama busi motor harus diganti? Masa pakai busi sendiri tergantung dari jenis busi yang digunakan, apabila menggunakan jenis busi standar, maka masa pakai busi motor tersebut bisa mencapai 8.000 km sampai dengan 20.000 km.

Sedangkan untuk jenis busi pabrikan seperti misalnya NGK disarankan untuk mengganti busi setiap 2 kali penggantian oli mesin motor, kurang lebih ialah 6.000 km. Karena waktu penggantian oli motor biasanya mencapai 3.000 km.

Efek Tidak Ganti Busi Motor

Adapun untuk efek yang dirasakan apabila tidak ganti busi motor adalah motor susah dihidupkan atau bahkan tidak dapat hidup, akselerasi berkurang atau brebet dan bahan bakar boros seperti yang sudah kami jelaskan diatas.

Jadi kami sarankan kepada kalian apabila sudah merasakan hal tersebut, alangkah baiknya jika kalian langsung mengganti busi motor yang digunakan. Usahakan juga untuk menggunakan jenis busi yang sesuai dengan tipe motor, agar hasil pembakaran menjadi lebih maksimal.

Harga Busi Motor Terbaru

Untuk kalian yang sekiranya ingin mengganti busi motor namun belum mengetahui harga busi motor tersebut? Maka perkiraan harga busi motor sendiri berada dikisaran harga Rp 10.000 untuk jenis busi standar dan Rp 200.000 untuk jenis busi premium.

Akhir Kata

Kami rasa cukup sekian dulu informasi tentang ciri-ciri busi motor harus diganti dari Uji Kokoh, semoga saja informasi yang baru kami berikan diatas bisa memberikan tambahan pengetahuan untuk kalian semua, utamanya untuk kalian yang belum mengetahui.

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.