Daftar Timing Pengapian Motor : Rumus, Akibat & pengertian

Advertisements

Daftar Timing Pengapian Motor – Kembali lagi pada kesempatan hari ini kami akan memberikan sebuah tips sepeda motor, dimana untuk informasi mengenai tips sepeda motor yang akan kami berikan hari ini adalah daftar derajat pengapian motor.

Siapa tahu saja ada diantara kalian yang sedang mengalami permasalahan seputar pengapian motor dan ingin mengetahui daftar timing pengapian motor standar, maka dari itu tidak ada salahnya bagi kalian untuk melihat informasi yang akan kami berikan.

Mengetahui derajat pengapian motor yang sesuai juga bisa menjadi salah satu Cara Mengatasi Pengapian Motor Kecil. Karena dengan mengetahui daftar timing pengapian yang sesuai, maka kalian bisa mengatur kembali pengaturan pengapian agar pas.

Advertisements

Namun selain memberikan informasi mengenai daftar derajat pengapian motor, kami juga turut memberikan beberapa informasi lainnya seperti akibat timing pengapian yang tidak sesuai sampai dengan rumus derajat pengapian motor.

Daftar Timing Pengapian Motor
Advertisements

Pengertian Timing Pengapian Motor

Pengertian timing pengapian adalah waktu pada saat busi memercikan api pada ruang bakar yang nantinya akan memberikan kompresi pada piston. Timing pengapian umumnya diukur dengan satuan derajat dari posisi piston dan juga kruk as sebelum mencapai TMA (Titik Mati Atas).

Sebagai contoh timing pengapian motor adalah 30 derajat, maka hal tersebut menandakan busi akan memercikan bunga api pada saat posisi piston 30 derajat sebelum mencapai TMA pada langkah kompresi. Sedangkan komponen untuk mengatur timing pengapian pada motor adalah pulser.

Akibat Timing Pengapian Motor Tidak Sesuai

Berdasarkan pada pengertian timing pengapian diatas, maka proses ini dapat berpengaruh terhadap performa pada motor. Karena waktu pengapian akan berpengaruh terhadap langkah kompresi yang dihasilkan pada motor. Pengaturan timing pengapian yang sesuai dapat memberikan tambahan performa pada motor.

Selain dapat meningkatkan performa mesin, timing pengapian yang sesuai juga dapat lebih menghemat bahan bakar. Karena besarnya bahan bakar yang disalurkan tidak terlalu banyak namun dapat menghasilkan langkah kompresi yang tepat, karena timing pengapiannya sesuai.

Sebaliknya jika timing pengapian tidak sesuai, maka hal tersebut justru dapat membuat komponen mesin utamnya piston dan blok mesin rusak. Karena proses kompresi terlalu dipaksakan sebelum waktu yang tepat dan hal tersebut juga dapat berakibat pada konsumsi bahan bakar yang menjadi lebih boros.

Rumus Timing Pengapian Motor

Secara umum rumus timing pengapian atau derajat pengapian itu tidak ada, karena hal tersebut harus benar-benar dihitung secara teliti mulai dari ukuran piston yang digunakan, diameter blok mesin sampai dengan kompresi bahan bakar pada motor itu sendiri.

Namun untuk melakukan modifikasi timing pengapian dapat juga menggunakan derajat pengapian yang telah ada. Sebagai contoh, pengapian motor standar terjadi pada putaran rendah dengan derajat 8 sampai 15 sebelum TMA, maka kalian bisa coba tingkatkan derajat pengapian satu atau dua tingkat.

Apabila efek pengingkatan yang dihasilkan terasa kurang maksimal, maka bisa kembalikan lagi posisi derajat sebelumnya dan lakukan kembali peningkatan derajat pada tingkatan yang berbeda dari sebelumnya. Apabila masih kurang sesuai bisa kembalikan lagi ke derajat semua dan ulangi lagi langkah tersebut sampai menemukan derajat pengapian yang sesuai.

Daftar Timing Pengapian Motor

Setelah mengetahui beberapa hal tentang timing pengapian motor, maka saatnya mengetahui daftar timing pengapian motor atau daftar derajat pengapian motor. Dimana kami akan memberikan daftar timing pengapian berdasarkan dari jenis motornya, yaitu motor standar dan motor balap.

1. Derajat Pengapian Motor Standar

RPMDerajat Pengapian
1.000 – 3.000 rpm8 – 15 derajat
4.000 rpm ke atas25 – 30 derajat

2. Derajat Pengapian Motor Balap

RPMDerajat Pengapian
1.000 – 3.000 rpm20 – 30 derajat
4.000 rpm ke atas35 – 42 derajat

Akhir Kata

Demikian itu informasi mengenai daftar timing pengapian motor yang sekiranya dapat Uji Kokoh berikan pada kesempatan hari ini, mudah-mudahan saja informasi yang baru kami sampaikan diatas tadi bisa menambah pengetahuan kalian semua seputar dunia otomotif.

Sumber Gambar:

  • Kurniots.com
Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *