4 Efek Parkir Mobil Di Bawah Sinar Matahari dan Cara Merawat

Advertisements

Efek Parkir Mobil Di Bawah Sinar Matahari – Saat ini mobil menjadi salah satu kendaraan pribadi yang banyak digunakan orang, karena menggunakan mobil kita dapat melakukan perjalanan dengan lebih nyaman. Terlebih lagi juga dapat membawa banyak barang bawaan.

Diantara kalian mungkin ada yang memiliki mobil tapi belum memiliki garasi, sehingga kalian parkir mobil tanpa garasi di bawah sinar matahari. Namun perlu diketahui, ada efek parkir mobil di bawah sinar matahari yang begitu besar akan dirasakan.

Oleh karena itu, banyak orang untuk tidak melakukan parkir mobil di bawah sinar matahari. Karena hal tersebut akan memberikan efek buruk terhadap mobil, yang diantaranya dapat merusak cat mobil karena langsung terkena sinar matahari.

Advertisements

Namun selain dapat merusak car mobil, masih ada beberapa efek parkir mobil di bawah sinar matahari lainnya yang perlu kalian ketahui. Dengan mengetahui efek parkir di bawah matahari, mungkin kalian akan berpikir-pikir untuk memarkirkan mobilnya di bawah sinar matahari.

Efek Parkir Mobil Di Bawah Sinar Matahari
Advertisements

Efek Parkir Mobil Di Bawah Sinar Matahari

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, salah satu efek atau dampak parkir mobil di bawah sinar matahari ialah dapat merusak cat mobil. Namun selain dapat merusak cat mobil, masih ada beberapa dampak atau efek lainnya yang bisa didapatkan.

Beberapa efek tersebut diantaranya adalah sebagai beriku:

1. Merusak Karet Wiper

Kondisi sinar matahari yang panas juga dapat membuat karet wiper menjadi sangat kering. Kondisi karet wiper yang kering bisa menyebabkan karet menjadi pecah, sehingga daya serap wiper pada saat digunakan sudah tidak baik lagi nantinya.

2. Merusak Ban Mobil

Selain dapat merusak karet wiper, panas sinar matahari juga dapat merusak karet ban pada mobil. Karena bahan dasar utama pembuatan wiper dan ban kurang lebih sama, yaitu menggunakan karet. Maka jika ban mobil terkena sinar matahari terlalu lama dan sering juga akan cepat rusak.

3. Interior Mobil

Selain dapat merusak part eksterior mobil, sinar matahari juga dapat merusak beberapa part interior mobil. Terutama pada bagian dashboard. Selain itu, juga dapat menimbulkan aroma kurang enak pada saat pertama kali membuka mobil.

4. Merusak AC Mobil

Bagian mobil lainnya yang dapat rusak karena panas sinar matahari adalah AC. AC mobil yang terlalu sering terkena sinar matahari juga dapat rusak atau dapat menyebabkan kondisi AC menjadi kurang dingin. Oleh karena itu, disarankan untuk tidak menggunakan AC mobil terlebih dahulu apabila mobil baru parkir di bawah sinar matahari.

Cara Merawat Mobil Di Bawah Sinar Matahari

Setelah mengetahui beberapa efek parkir mobil di bawah sinar matahari, maka saatnya kalian juga mengetahui bagaimana cara merawat mobil tanpa garasi yang akan kami berikan juga secara lengkap pada kesempatan hari ini.

1. Gunakan Cover Mobil

Hal pertama yang dapat dilakukan bagi kalian yang tidak memiliki garasi, silahkan kalian gunakan cover mobil pada saat mobil di parkir dalam waktu yang lama. Karena selain dapat terhindar dari panas sinar matahari, cover mobil juga dapat melindungi dari air hujan.

2. Gunakan Kaca Film

Penggunaan kaca film yang tepat bisa menjaga bagian interior mobil terkena panas matahari secara langsung. Namun cara ini hanya dapat melindungi bagian interior mobil saja, karena pada bagian eksterior masih tetap terkena sinar matahari.

3. Buka Sedikit Kaca Jendela

Memberikan sedikit celah melalui kaca jendela mobil dapat membuat sirkulasi udara didalam interior mobil berjalan, sehingga panas didalam mobil bisa berkurang. Sehingga dapat meminimalisir sedikit kerusakan pada bagian interior akibat sinar matahari.

Akhir Kata

Jadi untuk kalian yang sekiranya terpaksa parkir mobil di bawah sinar matahari karena tidak memiliki garasi. Alangkah baiknya kalian melakukan perawatan ekstra terhadap mobil kalian dengan cara merawat mobil tanpa garasi yang baru saja kami berikan diatas.

Dengan ini berakhir sudah informasi tentang efek parkir mobil di bawah sinar matahari yang sekiranya dapat Uji Kokoh berikan untuk kalian, mudah-mudahan saja informasi tentang efek parkir mobil diatas bisa memberikan banyak manfaat untuk kalian.

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.