Fungsi Angker Pada Motor Starter : Komponen & Harga

Advertisements

Fungsi Angker Pada Motor Starter – Motor starter adalah bagian pada kendaraan bermotor seperti sepeda motor yang berfungsi untuk menghidupkan mesin hanya dengan menekan tombol starter saja, sehingga proses menghidupkan mesin motor menjadi lebih mudah.

Motor starter sendiri terdiri banyak komponen, beberapa Komponen Motor Starter diantaranya adalah saklar starter, kumparan medan, kumparan jangkar, sikat arang, angker (armature) dan komutator. Dimana dari setiap komponen motor starter itu sendiri terbagi lagi menjadi beberapa komponen.

Dan pada kesempatan ini kami akan membahas tentang salah satu komponen yang ada pada motor starter, dimana komponen yang akan kami bahas pada kesempatan kali ini adalah angker atau yang lebih sering disebut dengan armature coil pada motor starter.

Advertisements

Barang kali saja masih ada diantara kalian yang belum mengetahui apa itu angker, fungsi dan juga komponen yang terdapat pada angker. Maka dari itu kami ingin membantu dengan memberikan pembahasan tentang fungsi angker pada motor starter secara lengkap.

Fungsi Angker Pada Motor Starter
Advertisements

Apa Itu Angker Pada Motor Starter

Angker atau disebut juga dengan armature adalah istilah yang dipakai pada bidang listrik yang dibuat untuk menjaga sebuah medan magnet. Saat ini komponen armature atau angker lebih banyak dipakai pada motor starter untuk menghasilkan daya.

Komponen Angker Pada Motor Starter

Meskipun angker atau armature merupakan salah satu kompoen pada motor starter, namun komponen ini juga terdari dari beberap komponen juga. Dimana beberapa komponen angker itu sendiri adalah poros armature, kumparan armature, inti armature dan terakhir adalah komutator.

1. Poros Armature

Poros armature atau shart armatur merupakan komponen yang berfungsi untuk memasang seluruh komponen armature lain. Dimana komponen ini akan menyalurkan tenaga putar dari lilitan kumparan armature. Sehingga komponen ini akan berputar pada saat lilitan memiliki daya putar.

2. Kumparan Armature

Kumparan angker atau armature adalah lilitan dari kawat tembaga, oleh karena itu komponen ini disebut dengan kumparan. Kumparan ini yang nantinya akan dipasangkan pada komponen poros armature. Jumlah kumparan pada komponen ini sanat banyak dan pada bagian ujung kawat tembaga tersebut terhubung dengan komutator.

3. Inti Armature

inti armature adalah komponen yang terbuat dari plat besi dengan jumlah yang banyak dan dan disusun secara rapi mengelilingi kumparan. Dimana posisi inti armature berada di tengah dan menutupi pada bagian kumparan. Sehingga pada saat berputar, inti armature akan menjaga kumparan supaya tetap stabil.

4. Komutator

Komponen terakhir adalah komutator, komponen ini juga terbuat dari plat tembaga yang disusun secara rapi mengelilingi poros. Dimana posisi komutator berada pada salah satu ujung poros yang juga terhubung dengan kumpatan seperti yang sudah kami jelaskan diatas.

Fungsi Angker Pada Motor Starter

Lantas apa fungsi dari angker pada motor starter? Fungsi armature adalah sebagai alat yang digunakan untuk merubah energi listrik menjadi energi mekanik atau gerak karena gerak putar. Apabila melihat dari cara kerjanya, aki atau baterai akan mengalirkan energi listrik pada armature atau angker.

Harga Angker Pada Motor Starter

Nah untuk kalian yang sekiranya memiliki rencana untuk mengganti angker pada motor starter, maka kalian harus mengetahui terlebih dahulu harga angker pada motor starter. Dimana harga angker atau armature coil berada dikisaran harga Rp 250.000 sampai dengan Rp 500.000.

Kisaran harga tersebut berdasarkan dari jenis motor starter yang digunakan, karena setiap kendaraan bermotor memiliki tipe motor starter yang berbeda-beda. Maka dari itu, pada saat akan membeli angker motor starter, kalian juga harus mengetahui tipe kendaraan yang digunakan agar sesuai.

Akhir Kata

Kami rasa cukup sekian dulu informasi tentang fungsi angker pada motor starter yang dapat Uji Kokoh berikan untuk kalian semuanya, semoga saja informasi tentang fungsi angker pada motor starter diatas bisa memberikan tambahan ilmu pengetahuan untuk kalian semua.

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.