Ganjil Genap Puncak Hari Ini 2023 : Jam & Titik

Advertisements

Ganjil Genap Puncak Hari Ini – Pada kesempatan hari ini kami ingin memberikan informasi mengenai ganjil genap puncak, dimana hal ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi kalian. Terutama untuk kalian yang tinggal di Ibu Kota, karena memang peraturan ini sudah mulai berlaku sejak tahun 2016.

Kemudian perarturan tersebut kembali diperluas pada tahun 2019, dengan total ruas jalan mencapai 25 titik dan 16 ruas jalan merupakan titik baru. Akan tetapi peraturan ini hanya berlaku untuk kendaraan roda empat atau mobil, sedangkan untuk sepeda motor hanya berlaku untuk beberapa wilayah.

Namun untuk kalian yang sekiranya masih baru dan belum mengtahui tentang ganjil genap puncak, maka tidak ada salahnya bagi kalian untuk melihat terlebih dahulu informasi yang pada kesempatan hari ini akan kami berikan secara lengkap bersamaan dengan beberapa informasi lainnya.

Advertisements

Sehingga kalian tidak hanya mengetahui tentang gajil genap saja, melainkan mengetahui beberapa informasi lainnya yang masih berhubungan dengan hal tersebut. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa langsung melihat informasi selengkapnya yang akan kami berikan dibawah ini.

Ganjil Genap Puncak Hari Ini
Sumber: tribunnews.com
Advertisements

Apa Itu Ganjil Genap Puncak

Ganjil genap puncak adalah metode penjatahan yang diberlakukan untuk membatasi akses seumber daya. Metode ini dapat digunakan untuk membatasi kendaraan bermotor yang akan melalui jalan tertentu, memarkirkan kendaraan sampai dengan membeli bahan bakar.

Hal tersebut memiliki tujuan untuk mengurangi populasi kendaraan berdasarkan dari plat nomor yang digunakan pada kendaraan tersebut. Dimana kendaraan tersebut hanya diperbolehkan melalui jalan tertentu sesuai dengan tanggal ganjil atau genap yang disesuaikan nomor belakang plat kendaraan ganjil atau genap.

Sedangkan untuk ganjil genap puncak adalah peraturan yang membatasi kendaraan bermotor untuk wilayah puncak, khususnya untuk jalan-jalan yang menuju ke wilayah puncak. Karena populasi orang yang menuju ke wilayah tersebut memang tergolong sangat banyak, terlebih lagi pada saat hari libur.

Adapun peraturan tersebut berdasarkan Permenhub Nomor 84 Tahun 2021. Hal tersebut diberlakukan karena peningkatan jumlah kendaraan yang menuju puncak seperti yang telah kami jelaskan diatas, sehingga untuk mengantisipasi hal tersebut, diberlakukan peraturan pembatasan kendaraan.

Jam Ganjil Genap Puncak Hari Ini

Adapun untuk jam ganjil genap sendiri akan diberlakukan biasanya dimulai dari hari Jumat pada jam 14.00 WIB sampai dengan hari Minggu pada jam 00.00 WIB. Hal tersebut berdasarkan keterangan KBO Satlantas Polres Bogor. Namun jam tersebut berlaku untuk hari biasa pada saat weekend.

Kebijakan ganjil genap di Bogor juga dapat berlaku pada saat hari libur, seperti misalnya libur tahun baru, hari raya Idul Fitri, Idul Adha ataupun Natal. Sedangkan pada saat hari libur, biasanya akan berlaku peraturan ganjil genap mulai dari H-2 sampai dengan H+1 hari libur tersebut.

Titik Ganjil Genap Puncak Hari Ini

Sedangkan untuk titik ganjil genap sendiri terbagi menjadi beberapa bagian, umumnya hal tersebut akan berlaku untuk di jalan tertentu dan beberapa jalan yang memang sangat padat pengendara. Sehingga kemungkinan untuk penambahan titik ganjil genap sangat besar kemungkinannya.

Sedangkan untuk titik yang umumnya berlaku peraturan ganjil genap di Bogor sendiri diantarnaya adalah:

  • Arah Simpang Gadong Jalan Raya Puncak sampai dengan Simpang Empat Tugu Lampu Gentur, Kabupaten Cianjur.
  • Arah Simpang Empat Tugu Lampu Gentuk, Kabupaten Cianjur sampaid engan Simpang Gadong Jalan Raya Puncak.

Sehingga untuk kalian yang sekiranya memiliki niatan untuk pergi ke puncak, alangkah baiknya kalian mengetahui titik-titik jalan yang terkena peraturan tersebut dan mengetahui jam dimulainya peraturan tersebut. Supaya perjalanan kalian menuju ke arah puncak dapat berjalan dengan lancar.

Akhir Kata

Demikian itu informasi mengenai ganjil genap puncak hari ini yang sekiranya dapat Uji Kokoh berikan, mudah-mudahan saja informasi yang baru kami berikan diatas tadi dapat memberikan tambahan informasi bagi kalian semua. Terutama untuk kalian yang belum mengetahui hal tersebut.

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *