20 Harga Aki Motor Yang Bagus : Cara Memilih & Jenis Aki

Advertisements

Harga Aki Motor Yang Bagus – Aki atau baterai motor merupakan sumber listrik pada sepeda motor. Komponen pada sepeda motor yang membutuhkan daya listrik akan mengambil daya tersebut dari baterai atau aki yang terdapat pada motor.

Beberapa komponen motor yang membutuhkan aki atau baterai diantaranya adalah motor starter dan lampu. Kemudian untuk beberapa tipe motor terbaru yang sudah dilengkapi dengan socket usb, maka bagian tersebut juga akan membutuhkan daya listrik dari accu.

Pemilihan aki yang bagus itu sangat penting, karena ketahanan aki motor itu sendiri berbeda-beda setiap merknya. Jadi untuk anda yang ingin memiliki aki motor bagus, maka harus bisa memilih merk aki yang sesuai untuk jenis motor yang digunakan.

Advertisements

Apabila saat ini anda sedang membutuhkan referensi aki motor yang bagus, maka tidak ada salahnya jika anda lihat pembahasan harga aki motor yang akan kami berikan pada kesempatan hari ini. Siapa tahu saja, salah satu merk aki motor yang kami berikan hari ini ada yang sesuai.

Jenis Aki Motor Yang Bagus

Sebelum kami lanjutkan ke informasi harga aki motor yang bagus, alangkah baiknya jika anda melihat terlebih dahulu beberapa jenis aki motor. Dengan mengetahui apa saja jenis accu motor yang ada, maka anda dapat menentukan tipe accu motor yang sesuai dengan motor yang digunakan.

1. Aki Kering

Aki Motor Kering Yang Bagus
Advertisements

Aki kering atau dikenal juga dengan Aki MF (Maintenance Free) merupakan jenis aki yang bagus, karena aki ini memiliki masa penggunaan cukup lama. Ditambah lagi aki jenis ini tidak perlu maintenance atau perawatan, seperti pengecekan kondisi air aki.

Namun sayangnya jenis aki ini hanya memiliki satu kali masa pakai. Setelah daya aki drop atau berkurang, maka aki tersebut harus diganti. Meskipun demikian, masih banyak orang yang menggunakan aki kering pada kendaraan mereka.

2. Aki Basah

Aki Motor Basah Yang Bagus

Aki basah merupakan jenis aki yang bagus selanjutnya, dimana aki motor ini dilengkapi kandungan elektrolit, yaitu asam sulfat. Sebenarnya aki basah tidak berbeda jauh dengan aki kering, hanya saja bagian air aki pada jenis aki basah dapat dibuka dan tutup sesuai kebutuhan.

Dan hal tersebut juga yang menjadikan salah satu PERBEDAAN AKI KERING DAN BASAH. Oleh karena itu, aki basah lebih banyak membutuhkan perawatan, seperti pengecekan air aki, pembersihan sel-sel pada aki dan pengisian ulang daya.

3. Aki Hybrid

Jenis Aki Motor Hybird

Aki hybird merupakan jenis aki yang bagus selanjutnya, dimana jenis aki ini merupakan gabungan antara aki kering dan basah. Aki hybrid juga digadang-gadang memiliki tingkat penguapan elektrolit lebih rendah, sehingga masa pakai aki menjadi lebih lama.

Sayangnya jenis aki ini cukup sulit untuk dicari, sehingga tidak banyak orang yang menggunakan jenis aki hybrid.

4. Aki Gel

Jenis Aki Gel

Aki gel sebenarnya tidak berbeda jauh dengan aki basah, hanya saja cairan elektrolit yang digunakan pada jenis aki ini menggunakan bahan gel. Penggunaan jenis cairan elektrolit ini juga dapat mengurangi korosi pada body aki, sehingga masa pakai aki menjadi lebih lama.

5. Aki Kalsium

Jenis Aki Kalsium

Jenis aki yang bagus terakhir adalah aki kalsium, dimana jenis aki ini menggunakan bahan material kalsium pada bagian kutub akinya. Sehingga hal tersebut dapat mengurangi tingkat penguapan cairan elektrolit pada aki, sehingga masa pakai dan daya tahan aki motor lebih bagus.

Cara Memilih Aki Motor Yang Bagus

Setelah mengetahui jenis aki apa saja yang bagus, maka saatnya mengetahui bagaimana cara memilih aki motor yang bagus. Karena ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan aki motor. Berikut ini adalah beberapa cara memilih aki motor yang bagus.

1. Memilih Aki Sesuai Kebutuhan

Bagi anda yang sekiranya kurang begitu memperhatikan kondisi kendaraan atau jarang merawat kendaraan, alangkah baiknya menggunakan jenis aki kering. Karena jenis aki ini tidak membutuhkan perawatan yang begitu banyak. Namun harga aki kering biasanya lebih mahal dari aki basah.

Sedangkan untuk anda yang sekiranya cukup rajin dalam melakukan perawatan kendaraan, maka anda dapat memilih jenis aki basah saja. Karena umur aki basah juga tidak terlalu berbeda jauh dengan umur aki kering apabila selama masa penggunaan aki selalu dirawat.

2. Perhatikan Kapasitas Aki

Meskipun voltage yang dihasilkan setiap aki motor sama saja, namun terdapat perbedaan kapasitas elektrolit aki pada setiap merknya. Oleh karena itu, pilihlah kapasitas aki sesuai dengan motor yang digunakan. Jika penggunaan daya listrik pada aki banyak, maka gunakan aki dengan kapasitas yang besar juga.

3. Sesuaikan Dengan Kemampuan Finansial

Menggunakan aki dengan kualitas yang bagus tentunya berimbas pada harga aki yang mahal juga. Maka dalam memilih aki motor harus disesuai dengan kemampuan finansial masing-masing. Jangan sampai anda memaksakan untuk menggunakan aki bagus namun tidak sesuai dengan kemampuan finansial anda.

Harga Aki Motor Yang Bagus

Apabila anda sudah mengetahui beberapa hal tentang aki motor yang perlu diketahui, maka saatnya kembali ke pokok pembahasan yaitu harga aki motor yang bagus. Dimana kami akan memberikan harga aki motor berdasarkan dengan jenis accunya, yaitu harga aki kering dan aki bahasa.

Harga Aki Kering Motor

Tipe AkiHarga
Motobatt MTZ5SRp 149.000,00
GS Superior GTZ5SRp 125.000,00
Aspira GM5Z-3BRp 144.500,00
GS E GTZ5SRp 120.000,00
GS Gen Smart GTZ7SRp 220.000,00
Dry Plus+ GTZ5-SRp 94.000,00
Yuasa YTZ4VRp 180.000,00
Voim VTZ5SRp 99.000,00

Harga Aki Basah Motor

Tipe AkiHarga
GS GMSZ-3BRp 120.000,00
Yuasa YB5L-BRp 135.000,00
Yuasa YB7-ARp 287.000,00
Yuasa YB2.5L-CRp 115.500,00
Yuasa N10-3BRp 255.000,00
Zeus GM5Z-3BRp 110.000,00
Coper Volt 12V 7AHRp 125.000,00
Yamamoto GM5Z-3BRp 155.000,00

Akhir Kata

Kami rasa cukup sekian dukup sekian dulu informasi tentang harga aki motor yang bagus dari Ujikokoh.com untuk hari ini, kami harap informasi tentang harga aki motor yang bagus diatas bisa memberikan tambahan pengetahuan anda seputar sepeda motor.

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.