Harga Oli Gardan Mobil Manual 2022 : Waktu Ganti & Kapasitas

Advertisements

Harga Oli Gardan Mobil Manual – Kembali lagi pada kesempatan ini kami ingin membahas tentang harga oli, setelah sebelumnya kami membahas tentang Harga Oli Persneling Mobil Manual. Maka saatnya kali ini kami bahas harga oli gardan mobil manual.

Dimana kedua komponen tersebut memiliki fungsi yang hampir sama, karena kedua komponen tersebut masih merupakan satu kesatuan. Nah, untuk kalian yang sekiranya masih merasa bingung dengan hal tersebut, maka tidak ada salahnya jika melihat terlebih dahulu pembahasan yang akan kami berikan hari ini.

Karena selain memberikan informasi harga oli gardan mobil manual, kami juga turut memberikan informasi lainnya seperti fungsi oli gardan, berapa liter kapasitas oli gardan dan masih banyak lagi informasi lainnya yang bisa kalian ketahui.

Advertisements

Oleh karena itu, tidak ada salahnya bagi kalian untuk melihat terlebih dahulu informasi tentang harga oli gardan mobil manual yang akan kami berikan pada kesempatan hari ini, siapa tahu saja informasi tersebut dapat memberikan banyak manfaat untuk kalian.

Harga Oli Gardan Mobil Manual
Advertisements

Apa Fungsi Oli Gardan Pada Mobil Manual

Secara umum oli gardan memiliki fungsi yang sama yaitu untuk melumasi komponen pada kendaraan dan sesuai dengan namanya oli gardan, maka oli tersebut berfungsi untuk melumasi gardan atau gear box gardan dan pinion yang langsung bergesekan dengan bearing.

Dimana tingkat kekentalan yang disarankan untuk jenis oli gardan juga tidak berbeda jauh dengan tingkat kekentalan oli transmisi, yaitu SAE 40 atau SAE 80W-90. Karena komponen ini memang membutuhkan oli dengan tingkat kekentalan tinggi.

Berapa Liter Kapasitas Oli Gardan Mobil Manual

Adapun untuk kapasitas oli gardan sendiri bervariasi, mulai dari 2 liter sampai dengan 4 liter sesuai dengan tipe mobil yang digunakan. Sebagai contoh kapasitas oli gardan mobil Avanza biasanya membutuhkan 2,5 liter sampai dengan 3 liter.

Sedangkan untuk kapasitas oli gardan mobil Kijang hanya membutuhkan 1,5 liter sampai 1,7 liter saja. Hal tersebut dikarenakan volume gardan setiap kendaraan berbeda-beda. Adapun volume gardan itu sendiri akan berpengaruh terhadap kemampuan dari mobil itu sendiri.

Kapan Waktu Ganti Oli Gardan Mobil Manual

Sedangkan untuk waktu ganti oli gardan sendiri tidak berbeda jauh dengan waktu ganti oli transmisi, yaitu pada saat mobil sudah menempuh jarak kurang lebih 20.000 km sampai dengan 40.000 km. Namun hal tersebut juga melihat kondisi komponen itu sendiri.

Apabila komponen gardan atau transmisi sudah memiliki ciri-ciri oli gardan harus diganti. Maka meskipun belum waktunya penggantian oli, tidak ada salahnya bagi kalian untuk melakukan penggantian. Karena jika penggantian tidak dilakukan dapat merusak komponen tersebut.

Ciri Oli Gardan Mobil Manual Harus Ganti

Lantas bagaimana ciri-ciri oli gardan mobil manual harus diganti? Ciri-ciri oli gardan harus diganti ada beberapa macam, namun hal utama yang menjadi ciri-ciri oli gardan harus ganti adalah muncul suara bising. Akan tetapi masih ada beberapa hal lainnya yang bisa kalian lihat dibawah ini.

1. Muncul Suara Bising

Ciri pertama ialah muncul suara bising seperti yang sudah kami jelaskan diatas, hal tersebut dikarenakan tingkat gesekan pada gear box ataupun pinion pada bearing sudah sangat terasa. Sehingga dapat menghasilkan suara bising pada komponen tersebut.

2. Mesin Mengalami Overheat

Ciri berikutnya adalah mesin mengalami overheat atau mengalami panas berlebihan. Hal tersebut disebabkan oleh tingkat gesekan tinggi pada komponen tersebut yang tetap dipaksa untuk bekerja, sehingga menyebabkan mesin mengalami overheat.

3. Roda Mobil Sulit Dikendalikan

Ciri selanjutnya adalah mobil sulit untuk dikendalikan. Karena komponen ini terhubung dengan bearing dan roda, maka saat oli gardan sudah tidak bagus akan berpengaruh terhadap roda yang terasa sulit untuk dikendalikan meskipun pada kondisi jalan yang bagus.

4. Jalan Mobil Tidak Mulus

Ciri terakhir ialah mobil tidak mulus saat digunakan. Hal tersebut dikarenakan tingkat gesekan tinggi yang menyebabkan kondisi bearing sedikit tersendat, sehingga dapat menyebabkan mobil tidak mulus pada saat digunakan.

Harga Oli Gardan Mobil Manual

Nah, untuk kalian yang sekiranya ingin membeli oli gardan mobil manual, namun belum mengetahui berapa harga oli gardan tersebut. Maka ada baiknya jika kalian melihat terlebih dahulu informasi harga oli gardan yang akan kami berikan dibawah ini.

MerekKapasitasHarga
Unilub Gear SAE 901 literRp 65.000,00
Unilub Gear SAE 1401 literRp 60.000,00
Unilub Gear SAE 904 literRp 185.000,00
Shell Spirax S3 G80W1 literRp 85.000,00
Shell Spirax S2 G80W1 literRp 65.000,00
Shell Spirax S2 G904 literRp 250.000,00
Castrol AXLE GL5 GL-5 85W1 literRp 49.000,00
Pertamina Rored EPA SAE 901 literRp 46.000,00
Pertamina Rored EPA SAE 904 literRp 160.000,00
PTT Lubricants GL5 SAE 80W-905 literRp 356.500,00
STP Synthetic 90 GL-51 literRp 72.500,00
Prestone Synthetic SAE 80W-901 literRp 90.000,00

Untuk harga oli gardan diatas merupakan harga yang umumnya terdapat daerah Jakarta, apabila kalian membeli oli gardan di daerah lain mungkin ada sedikit selisih harga. Meskipun selisih harga tersebut mungkin tidak akan terlalu banyak.

Akhir Kata

Kami rasa cukup sekian dulu informasi tentang harga oli gardan mobil manual yang sekiranya dapat Uji Kokoh berikan pada kesempatan hari ini, mudah-mudahan saja informasi tentang harga oli diatas bisa menjadi referensi untuk kalian semuanya.

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.