10 Jenis Ban Motor dan Fungsi : Ban Bebek, Matic & Sport

Jenis Ban Motor – Para pengguna sepeda motor saat ini sudah banyak sekali, terlebih lagi saat ini juga sudah banyak sekali jenis sepeda motor. Mulai dari motor bebek, matic sampai dengan jenis motor sport. Hal tersebut menjadikan produsen otomotif juga memproduki komponen motor sesuai dengan jenisnya.

Salah satu komponen motor yang diproduksi berdasarkan jenisnya ialah ban motor. Dimana terdapat beberapa jenis ban motor yang disesuai dengan jenis motor itu sendiri. Sehingga fungsi utama ban motor akan didapatkan oleh para penggunanya.

Adapun beberapa produsen ban sepeda motor yang namanya sudah tidak asing lagi diantaranya adalah IRC, Blackstone, sampai dengan produsen BAN MOTOR MICHELIN. Merk ban motor tersebut juga menyediakan banyak jenis ban.

Nah, untuk anda yang sekiranya saat ini sedang mencari jenis ban yang sesuai dengan tipe motor yang dimiliki, maka tidak ada salahnya apabila anda melihat terlebih dahulu informasi yang akan kami berikan untuk hari ini. Supaya anda dapat mengetahui jenis ban yang sesuai.

Fungsi Ban Luar Motor

Fungsi Ban Luar Motor

Namun sebelum kami lanjutkan ke informasi utama yang akan kami berikan hari ini, kami juga akan turut memberikan informasi tentang fungsi ban luar motor. Karena jenis ban yang akan kami bahas hari ini adalah jenis ban luar, sehingga anda perlu juga mengetahui fungsi ban tersebut.

1. Memberikan Kenyamanan

Fungsi utama ban luar ialah memberikan kenyamanan pada saat berkendara. Apabila tidak adanya ban luar, tingkat kenyamanan berkendara sudah pasti akan berkurang. Hal tersebut dikarenakan ban luar mampu meredam geteran yang ditimbulkan pada saat motor digunakan.

Oleh karena itu, memeriksa tekanan udara pada ban sangat perlu dilakukan. Terutama pada saat motor sudah lama tidak digunakan atau saat akan melakukan perjalanan jauh. Karena kurangnya tekanan udara pada ban akan memberikan rasa berkendara yang kurang nyaman.

2. Meningkatkan Traksi Roda

Fungsi lainnya untuk membentuk traksi roda dengan jalan. Hal ini yang menyebabkan ban motor dirancang dengan adanya bead. Dimana lapisan bead dapat mencengkram ban pada velg, sehingga ban motor akan tetap pada posisi semula pada saat roda sedang berputar dengan cepat.

Roda dan jalan juga harus mempunyai titik gesek maksimal supaya tidak tergelincir atau slip pada saat digunakan, hal tersebutlah yang membuat ban dalam kondisi gundul atau halus harus secepat mungkin diganti.

3. Memperbesar Gaya Gesek

Pada saat motor melajut, disanalah terjadinya gaya gesek diantara roda dengan aspal. Oleh karena itu, ban motor sangat pengaruh besar untuk menjaga gaya gesek diantara kedua hal tersebut supaya kendaraan tetap stabil dan seimbang pada saat digunakan.

Alur yang diberikan pada ban motor bertujuan untuk menyesuaikan kondisi jalan dan memberikan gaya gesek yang lebih besar pada saat kendaraan digunakan. Hal tersebut lah yang membuat motor tidak tergelnicir atau slip pada saat dikendarai.

Jenis Ban Motor Luar

Setelah anda mengetahui apa fungsi ban luar motor. Maka saatnya kembali kepada pokok pembahasan pada hari ini yaitu jenis ban motor. Dimana ada banyak jenis ban yang disesuai dengan jenis kendaraannya, supaya fungsi ban menjadi lebih maksimal.

Untuk anda yang ingin mengetahui apa saja jenis ban yang ada sesuai dengan jenis kendaraannya, maka anda bisa langsung melihat informasi selengkapnya dibawah ini.

1. Jenis Ban Motor Wet Sport (Basah)

1. Jenis Ban Motor Wet Sport Basah

Jenis ban sport basah dirancang khusus untuk jalanan yang basah atau licin. Dimana ban motor ini dirancang dengan teknologi yang dapat membuat kondisi ban tetap kering. Ban motor yang satu ini juga tidak cocok digunakan untuk sepeda motor yang digunakan sehari-hari.

Karena ban ini lebih cocok digunakan untuk kendaraan balap yang masa pakainya tidak lama. Apabila motor yang digunakan sehari-hari menggunakan tipe ban ini, maka para pengguna akan terlalu sering mengganti ban karena ban cepat gundul.

2. Jenis Ban Motor Dry Sport (Kering)

2. Jenis Ban Motor Dry Sport Kering

Sesuai dengan nama ban tersebut, ban ini memang dirancang untuk balapan. Dimana alur ban motor ini tidak begitu banyak, karena memang kebanyakan kondisi lintasan balap yang memang sudah bagus. Berbeda dengan jalanan umum yang terkadang ada lubang dan sebagainya.

Selain itu, minimnya alur pada ban balap difungsikan untuk memberikan kecepatan lebih pada kendaraan, sehingga motor dapat melaju lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan ban motor yang banyak memiliki alur. Meskipun memiliki sedikit alur, ban motor ini masih mampu terhindar dari slip.

3. Jenis Ban Motor Sport Touring

3. Ban Sport Touring

Jenis ban selanjutnya adalah ban sport touring. Ban sport touring lebih direkomendasikan untuk jenis motor sport yang digunakan dengan jarak tempuh cukup jauh layaknya touring. Jenis ban ini biasanya memiliki masa pakai lama atau awet.

Namun jenis ban ini tetap dapat memberikan kecepatan karena desain ban tersebut memang cocok digunakan untuk jenis motor sport yang memiliki kecepatan tinggi.

4. Jenis Ban Motor Touring

4. Jenis Ban Motor Touring

Ban motor touring menjadi jenis ban selanjutnya yang akan kami berikan, dimana ban motor ini lebih cocok digunakan untuk jenis motor touring seperti layaknya harley atau motor besar. Dimana jenis motor ini bukan saja memiliki kecepatan tinggi namun memiliki bobot lebih dibanding jenis motor sport.

Jadi untuk anda yang memiliki jenis motor besar. Alangkah baiknya anda menggunakan jenis ban yang sesuai untuk motor tersebut. Supaya performa motor bisa lebih maksimal pada saat digunakan.

5. Jenis Ban Motor Cruiser

5. Ban Cruiser

Jenis ban selanjutnya adalah ban curiser, dimana jenis ban ini memiliki desain khas. Akan tetapi pola alur pada ban motor ini tidak dibuat rumit. Selain itu, ban motor ini juga memiliki masa pakai cukup lama dibandingkan jenis ban sport.

Oleh karena itu tidak sedikit orang yang mencari jenis ban ini, karena ban ini memang cocok digunakan untuk jenis kendaraan sehari-hari. Sehingga akan lebih menghemat biaya perawatan motor itu sendiri.

6. Jenis Ban Motor Matic

6. Ban Motor Matic

Jenis ban berikutnya adalah ban skuter, dimana jenis ban ini memiliki diameter ban sanagt kecil dibandingkan dengan jenis ban lainnya. Terutama jika dibandingkan dengan jenis ban offroad yang memiliki diamter lebih besar.

Sesuai dengan namanya, ban motor matic ini memang hanya cocok digunakan untuk tipe sepeda motor skuter. Sehingga jenis ban ini tidak akan cocok digunakan untuk kendaraan lain selain skuter.

7. Jenis Ban Motor Offroad

7. Ban Offroad

Jenis ban yang terakhir adalah ban offroad, dimana ban ini dirancang khusus untuk jenis kendaraan offroad. Dimana jenis kendaraan offroad lebih sering melintasi medan yang terjal seperti tanah, bebatuan dan sebagainya yang membutuhkan ketahanan ban ekstra.

Oleh karena itu, jenis ban offroad dibuat dengan bentuk alur berbeda dari jenis ban lainnya. Alur ban offroad dibuat lebih tebal dengan bentuk kotak supaya daya cengkram terhadap lintasan yang tidak rata atau menentu lebih kuat.

Akhir Kata

Setelah anda mengetahui apa saja jenis ban yang ada, maka anda sudah mengetahui tipe ban mana yang sekiranya cocok digunakan untuk kendaraan anda. Pastikan juga anda tidak salah memilih tipe ban untuk motor anda, karena hal tersebut dapat berakibat pada kurang maksimalnya performa ban tersebut.

Dengan ini selesai sudah informasi tentang tipe ban motor yang dapat Ujikokoh.com berikan pada kesempatan hari ini, semoga saja informasi yang baru kami sampaikan diatas dapat memberikan banyak manfaat untuk anda semuanya.

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *