12 Jenis Kain Lap Untuk Cuci Mobil dan Motor Terbaik 2021

Jenis Kain Lap – Meskipun benda ini kelihatannya sepele, namun kain lap memiliki peranan yang sangat penting dalam hal membersihkan benda. Karena terdapat banyak jenis kain lap yang difungsikan untuk membersihkan berbagai macam benda sesuai dengan bahan matrial benda tersebut.

Penggunaan jenis kain yang sesuai dengan kegunaannya akan membuat benda yang dibersihkan lebih maksimal bersihnya dan pastinya kualitas dari benda tersebut juga tetap terjaga. Ditambah dengan kain yang digunakan untuk membersihkan benda tersebut juga pastinya lebih awet atau tahan lama.

Apabila anda membersihkan sebuah benda kasar kemudian menggunakan jenis kain yang halus, maka kain tersebut akan mudah rusak. Lantas benda yang dibersihkan juga pastinya tidak dapat bersih secara maksimal. Maka dari itu, pemilihan kain lap yang sesuai dengan benda yang dibersihkan itu sangat penting.

Seperti contohnya anda akan MEMBERSIHKAN BLOK MESIN pada kendaraan, maka anda harus mengetahui jenis kain apa saja yang sepatutnya cocok digunakan untuk membersihkan besi. Karena bahan utama blok mesin adalah besi, sehingga kain lap yang digunakan untuk membersihkan juga harus pas untuk bahan material besi.

Jenis Kain Lap Untuk Cuci Mobil dan Motor

Jenis Kain Lap Untuk Cuci Mobil dan Motor

Pada kesempatan yang bahagian ini, kami ingin sedikit membahas tentang jenis kain lap yang dapat digunakan untuk mencuci mobil dan motor. Diantara anda sekalian pastinya ada yang banyak mencuci motor atau mobilnya sendiri. Maka dari itu tidak ada salahnya apabila anda mengetahui jenis kain yang cocok untuk mencuci mobil dan motor.

Jika anda ingin mengetahui apa saja jenis-jenis kain lap yang sekiranya cocok digunakan untuk membersihakn mobil dan motor, maka anda bisa langsung menyimak pembahasan tentang jenis-jenis kain lap yang akan kami bahas dibawah ini.

Kain 3M Scotch Brite

Kain 3M Scotch Brite

Kain 3M Scotch Brite merupakan merk kain yang terbuat dari bahan campuran microfiber yang memiliki daya serap tinggi, kain lap yang satu ini dapat digunakan untuk membersihkan berbagai macam noda kotor yang terdapat pada jok mobil atau dashboard mobil yang diakibatkan oleh noda yang membandel seperti cairan yang tumpah.

Keunggulan kain 3M Scotch Brite ini dapat digunakan tanpa menggunakan cairan pembersih, sehingga kain lap yang satu ini bisa dikatakan sangat praktis dan ekonomis.

Kain Microfiber David Palmer

Kain Microfiber David Palmer

Kain berikutnya juga masih terbuat dari bahan campuran microfiber dengan bahan yang terasa lembut dikulit dan memiliki daya serap yang cukup tinggi. Sehingga sangat cocok digunakan untuk membersihkan noda cair atau mengeringkan kendaran setelah selesai dicuci.

Selain dapat digunakan untuk mencuci kendaraan, kain lap yang satu ini juga dapat digunakan untuk berbagai macam hal sesuai dengan kebutuhan. Seperti misalnya untuk membersihkan wastafel atau benda-benda dengan bahan keramik.

Kain Microfiber Nagata

Kain Microfiber Nagata

Kain lap Nagata merupakan salah satu brand kain lap yang terbuat dari bahan microfiber murni dengan harga yang cukup terjangkau, dengan bahan kain yang lembut dan juga memiliki daya resap yang tinggi. Sehingga sangat cocok digunakan untuk mencuci mobil atau motor. Terutama untuk membersihkan bagian body dan kaca.

Kain Lap Kanebo

Kain Lap Kanebo

Kain lap kanebo merupakan kain lap yang terbuat dari bahan kain synthetic atau sintetis, dimana kain ini memiliki daya resap air yang sangat tinggi dan kain ini memang diperuntunkan digunakan untuk mencuci kendaraan seperti mobil dan motor. Terutama untuk bagian dengan permukaan yang halus seperti body, kaca atau velg.

Seperti dengan jenis kain yang lainnya, kain ini juga dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan lainnya sesuai dengan kebutuhan anda. Dan perlu diingat, jangan sekali-kali anda menjemur kain jenis ini dibawah terik matahari secara langsung, karena bahan kain tersebut akan langsung mengeras.

Lap Waffle Chamois

Lap Waffle Chamois

Jenis kain berikutnya merupakan kain dengan tekstur Waffle Chamois yang memiliki tekstur sangat lembut dan dapat cepat meresap air. Kain yang satu ini memang digunakan untuk mencuci mobil, terutama untuk jenis mobil-mobil mewah yang memiliki kualitas cat premium.

Kain Lap Katun

Kain Lap Katun

Kain lap bahan katun merupakan jenis kain lap yang umum digunakan, dimana tekstur dari kain ini tidak terlalu lembut dan kemampuan meresapnya juga masih kurang baik. Namun jenis kain lap ini masih cocok digunakan untuk mencuci mobil dan motor, akan tetapi digunakan pada saat proses pembersihan bukan saat proses pengeringan.

Kain Polyester dan Nylon

Kain Polyester dan Nylon

Jenis kain lap yang selanjutnya adalah jenis kain lap yang terbuat dari campuran bahan polyester dan nylon, ciri-ciri kain bahan tersebut biasanya memiliki pori-pori yang cukup besar. Sehingga dapat menarik kotoran dengan partikel-partikel kecil dan juga mampu menyerap cairan cukup kuat.

Kain jenis ini juga sangat minim meninggalkan bekas goresan pada mobil mobil atau motor, karena memang bahan lembut yang digunakan. Perawatan jenis kain ini juga tergolong sangat mudah, anda cukup mencucinya dengan air biasa saja. Akan tetapi hindarkan penggunaan bahan pelembut, pemutih dan air panas yang dapat merusak tekstur kain.

Kain Lap Elektrostatik

Kain Lap Elektrostatik

Untuk jenis kain yang terakhir adalah jenis kain elektrostatik, dengan kemampuan elektrostatiknya, kain ini mampu menarik partikel-partikel kotoran dengan lebih mudah agar menempel pada kain. Sehingga proses pembersihan dapat dilakukan dengan lebih maksimal dan cepat.

Jenis kain ini sangat cocok digunakan untuk membersihkan bahan-bahan dengan permukaan yang tidak terlalu halus, seperti misalnya permukaan kayu. Sehingga untuk anda yang ingin mengaplikasikan kain ini untuk membersihkan mobil, maka kain ini sangat cocok digunakan untuk membersihkan bagian dashboard.

Untuk penggunaan yang lebih optimal, gunakan kain ini dalam keadaan yang kering. Supaya daya magnet pada kain lebih kuat. Dan untuk membersihkan kotoran-kotoran yang menempel pada kain, tinggal mencuci kain tersebut secara biasa dengan menggunakan air.

Itu dia sedikit pembahasan tentang jenis-jenis kain lap yang cocok digunakan untuk mencuci mobil dan motor dari Ujikokoh.com pada kesempatan ini, semoga saja informasi yang baru kami sampaikan bisa menambah pengetahuan anda seputar jenis-jensi kain.

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *